Teknik Industri Universitas Surabaya

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Berita Teknik Industri Juara Umum 5R 2013

Teknik Industri Juara Umum 5R 2013

E-mail Print PDF

Lomba 5R yang secara rutin diadakan oleh Universitas Surabaya (Ubaya) telah memberikan hasil yang menggembirakan bagi laboratorium yang dikelola oleh Jurusan Teknik Industri. Laboratorium Desain Kerja dan Ergonomi (Lab. DKE) yang dikelola oleh Laboratorium Engineering Management (EM) mendapat hadiah pertama untuk 2 tahun berturut-turut untuk kategori Laboratorium dengan Ruang Besar, sedangkan Teaching Industry yang berada di bawah pengelolaan Laboratorium Systems Engineering (SE) memdapat juara kedua. Sementara Laoratorium Komputasi yang dikelola oleh Laboratorium Quality and Performance Management (QPM) mendapat juara pertama untuk kategori Laboratorium Komputer. Gelar Juara Umum untuk tahun ini akhirnya jatuh ke Jurusan Teknik Industri, setelah 3 tahun berturut-turut gelar tersebut dianugrahkan pada PIOLK. Penghargaan ini tentu memacu segenap civitas akademika Teknik Industri Ubaya untuk terus menerapkan 5R dalam operasional sehari-hari.

5R yang terdiri dari Rawat, Resik, Rapi, Ringkas dan Rajin tidak sekedar membersihkan dan merapikan laboratorium saat akan ada penilaian, namun sudah menjadi kebiasaan yang berlangsung secara terus menerus. Karena itu ada ataupun tidak ada penilaian, 5R harus tetap dilaksanakan.  Secara umum, pengelolaan ruang kerja yang baik dengan penerapan 5R akan menjadikan ruangan enak dilihat dan mempermudah pencarian barang atau alat. Sejatinya, praktik ini akan meningkatkan moral karyawan, kebanggaan atas pekerjaan mereka, rasa kepemilikan, serta tanggungjawab mereka dalam bekerja.


Prestasi ini tentunya memberikan dampak yang positif bagi kalayak. Manfaat yang dirasakan oleh laboran dengan penerapan 5R adalah laboratorium lebih mudah untuk dikendalikan, dan semua data tersimpan dengan rapi sehingga begitu diperlukan, dapat digunakan dengan segera. Bagi dosen, 5R menjamin kegiatan praktikum bisa berjalan dengan baik, demikian juga dengan kegiatan penelitian dan perkuliahan. Manfaat yang dirasakan mahasiswa adalah selain praktikum berjalan lancar, segala administrasi yang berkaitan dengan laboratorium dapat terlaksana dengan lebih cepat dan terukur kinerjanya. Semoga penghargaan ini dapat menjadi pengingat bagi Teknik Industri untuk terus menerapkan 5R sebagai pendukung kegiatan akademik serta pembentukan image yang baik bagi stakeholder bahwa Ubaya senantiasa menciptakan suasana rapi, bersih dan indah di setiap fasilitas yang dimilikinya. (eds. IH, MH)

Last Updated ( Wednesday, 27 March 2013 09:25 )