Teknik Industri Universitas Surabaya

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Berita Techno Gathering 2: Berbagi Tips Pengalaman Pengerjaan TA

Techno Gathering 2: Berbagi Tips Pengalaman Pengerjaan TA

E-mail Print PDF

Techno Gathering kali ini (Jumat, 11 April 2014, bertempat di Lab. DKE, TI Ubaya) menghadirkan dua alumni TI Ubaya yaitu Evita Tania (dengan predikat summa cumlaude, IPK = 3.934) dan Steven Sanjaya Joeswanto (dengan predikat cumlaude, IPK = 3.722). Selain menjadi lulusan terbaik dari Jurusan TI Ubaya, Evita Tania adalah juga lulusan dengan predikat mahasiswa teladan.  Terkait dengan tema Techno Gathering 2 yaitu tentang berbagi pengalaman pemilihan topik Tugas Akhir (TA) dan pengerjaannya, pertama-tama kedua pembicara menjelaskan tahapan yang mereka lakukan dalam menyusun TA.

Menurut Steven (panggilan akrab Steven Sanjaya Joeswanto), tahapan pertama yang ia lakukan adalah menentukan topik yang dia suka, kemudian ia membuat proposal, menentukan calon dosen pembimbing sesuai bidang dan mempelajari topik tersebut lebih dalam lagi. Kemudian pada waktu sidang proposal pastikan data yang akan dibutuhkan itu tersedia. Sedangkan menurut Evita, ia mendapat ide dari tugas mata kuliah Kewirausahaan dan Inovasi untuk dijadikan topik TA. Evita mengambil topik TA yang berhubungan dengan Technopreunership karena ia ingin memberikan solusi pada masalah praktis yang lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari. Menurutnya, TA yang dibuat diharapkan memberikan manfaat praktis yang sesuai dengan kondisi saat ini. Tentunya, kita harus menyukai topik TA kita terlebih dahulu.

Pengerjaan TA tidaklah terlepas dari kendala/hambatan dan stress.  Menurut Steven, kendala yang sering dihadapinya dalam menyusun TA adalah kesulitan untuk mendapatkan buku referensi yang up to date. Namun, dia secara intensif melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing. Sama seperti Steven, kendala yang dihadapi Evita adalah sulitnya mencari referensi karena topik TA yang diambil masih tergolong baru dan jarang. Ia berbagi tip praktis untuk mempercepat proses pengerjaan TA-nya yaitu dengan cara membuat target yang memaksa diri dalam 1 hari harus menyelesaikan 1 sub judul. Dengan demikian, jika target dibuat lebih cepat dari deadline maka dimungkinkan masih ada kelonggaran waktu (extra time) jikalau kita molor, imbuhnya.

Sebagai informasi, judul TA Steven: "Perencanaan Strategi Bisnis Pada Perusahaan Ekspedisi Dwi Bali Jaya", sedangkan judul TA Evita: "Perencanaan Green Business Sebagai Upaya Mengurangi Dampak Penggunaan Kemasan Pada Industri Makanan dan Minuman di Surabaya." Kiranya dari acara Techno Gathering 2 ini diharapkan mahasiswa TI Ubaya mendapatkan manfaat praktis dari pengalaman yang telah dibagikan oleh para alumni TI Ubaya itu sendiri. Acara ini digagas oleh konsentrasi Technopreneurship dari Lab. Engineering Management, namun tentunya sangat terbuka bagi semua komunitas TI Ubaya. Sampai jumpa di acara Techno Gathering berikutnya dengan topik yang menarik lainnya! Vivat Academia! (Ed(s): MH, WD).

Last Updated ( Monday, 12 May 2014 11:04 )