Teknik Industri Universitas Surabaya

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Berita Kuliah Tamu Collaboration In Supply Chain

Kuliah Tamu Collaboration In Supply Chain

E-mail Print PDF

Jurusan Teknik Industri Universitas Surabaya pada tanggal 16 Mei 2014 mengundang dua orang pembicara untuk menyampaikan materinya pada Kuliah Tamu Alumni. Ferry Setiawan, S.T. yang dulu menempuh pendidikan di Teknik Industri sejak tahun 2007 memberikan penjelasan tentang proses yang terjadi pada perusahaan manufaktur tempatnya bekerja, yaitu perusahaan multinasional dengan orientasi ekspor, APRIL Group atau Asia pacific Resources International. Sedangkan Kristina Horisman, S.T. Yang merupakan alumni 2008 menyampaikan penjelasan tentang proses distribusi pada PT. Borwita Citra Prima, yang melayani distribusi consumer good di daerah Indonesia Timur.

APRIL Group seperti yang disampaikan oleh Ferry memiliki dua divisi utama, yaitu pembuatan bubur kertas atau pulp, dan produksi kertas. Salah satu produknya yang beredar di Indonesia adalah kertas dengan merk Paper One. Ferry yang berada di departemen Sales Admin dan Pulp SCM ini menjelaskan perusahaan yang berlokasi di Riau ini memiliki beberapa anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang untuk mendukung kelancaran proses produksinya. Mulai dari penelitian guna menemukan bibit tanaman unggulan, karena perusahaan berusaha menjamin keseimbangan lingkungan.

Cara yang dilakukan adalah dengan menanam, merawat dan melakukan penebangan bergilir sesuai dengan area yang siap panen. Setelah dikirimkan ke pabrik yang dimilkinya, misalnya Kerinci Mill, APRIL Group juga memiliki perusahaan transportasi yang akan mengirimkan produknya ke negara-negara tujuan. Sehingga perusahaan ini memiliki aliran rantai pasok yang lengkap, dari hulu ke hilir.

Sementara Kristina yang saat ini bekerja di bagian Customer Team Logistic menjelaskan PT. Borwita fokus kepada bisnis utamanya untuk mendistribusikan barang, dengan memiliki beragam fasilitas seperti gudang, moda transportasi dan jumlah sumber daya manusia yang memadai, untuk dapat menjangkau area yang lebih luas. Perusahaan distributor ini memiliki hak khusus untuk membeli dan menjual barang dari prinsipal, istilah yang diberikan untuk perusahaan manufaktur. Konsumen yang dilayani mulai dari hypermarket hingga toko-toko kecil maupun tradisional, sehingga dengan cakupan yang cukup beragam ini diperlukan pengaturan yang baik demi lancarnya aliran pasokan.

Di akhir sesi, Ferry dan Kristina memberikan tips-tips bagi mahasiswa peserta kuliah tamu, agar memanfaatkan waktu yang ada untuk belajar, memiliki tujuan hidup, dan menjalin networking. Kegiatan di kampus akan memperkaya pengalaman dan keahlian mereka saat berinteraksi dengan orang lain, belajar mengatur waktu dan memberikan kontribusi nyata bagi lingkungan. (IH)

Last Updated ( Monday, 26 May 2014 16:03 )