Teknik Industri Universitas Surabaya

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Berita Kompetisi Poster Statistik Nasional: Survei Pemanfaatan Sepeda sebagai Alat Transportasi oleh Mahasiswa TI-DMP Ubaya Mendapat Juara II

Kompetisi Poster Statistik Nasional: Survei Pemanfaatan Sepeda sebagai Alat Transportasi oleh Mahasiswa TI-DMP Ubaya Mendapat Juara II

E-mail Print PDF

Industrial Statistics Poster Competition (ISPC) adalah kompetisi poster statistik mahasiswa tingkat nasional yang diadakan oleh Program Studi Teknik Industri, Universitas Kristen Petra, Surabaya. Lomba ini ditujukan untuk menggali potensi mahasiswa berpikir kritis dan kreatif. ISPC diadakan pertama kali pada tahun 2006, dan pada tahun 2014 ini ISPC kembali mengajak mahasiswa untuk terlibat sebagai peserta dan mengasah kepekaan menganalisis permasalahan yang sedang terjadi di masyarakat sekitar. Kompetisi ini diselenggarakan pada tanggal 28 Maret 2014 – 14 April 2014. Peserta akan memilih suatu topik yang menarik dan mendesain kuesioner yang sesuai untuk mengumpulkan data primer. Data yang dikumpulkan akan diolah secara statistik dan informasi ditampilkan dalam bentuk poster yang menarik dan informatif. Poster ISPC yang dibuat peserta akan dilengkapi dengan makalah yang akan menjelaskan secara detail tentang topik, data, pengolahan data dan analisis hasil serta kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian tersebut. Poster dan makalah akan dinilai oleh dewan juri untuk menentukan pemenangnya. Dalam kesempatan kali ini Universitas Surabaya ikut berpartisipasi dengan mengutus 2 tim di bawah bimbingan Pak Rahman dan Pak Arbi. Dua tim tersebut adalah UBAYA1 dan UBAYA2.


Tim UBAYA1
merupakan kolaborasi jurusan Teknik Industri (TI) dengan Desain Manajemen Produk (DMP) yang beranggotakan Diwanda Ageng (TI), Cindy Beatrice (TI) dan Nerissa (DMP); tim ini mengambil topik yang berhubungan dengan gerakan green. Sementara tim UBAYA2 yang beranggotakan Rahel Giofany Gunawan (TI), Jerry Loardi Loa (TI) dan Arif Rachman Halid (TI) mengambil tema AEC 2015 dari perspektif mahasiswa. Predikat juara diberikan dalam dua kategori yaitu berdasarkan penilaian dewan juri dan berdasarkan hasil voting pengunjung website ISPC. Dalam ISPC 2014 ini, tim UBAYA1 berhasil meraih Juara II dari penilaian dewan juri. Sementara tim Ubaya2 hanya puas dengan menduduki predikat poster favorit ke-6. Kesemuanya menjadi pengalaman berharga dan motivasi bagi mahasiswa dan Jurusan untuk selalu berprestasi dan berkontribusi bagi masyarakat. Juara ataupun tidak juara, hasil survei yang telah dilakukan mahasiswa telah memberikan informasi yang positif bagi masyarakat. Seperti survei tim UBAYA1 yang berjudul “Pemanfaatan Sepeda sebagai Alat Transportasi oleh Mahasiswa di Surabaya dalam Upaya Mengurangi Dampak dari Pemanasan Global” diharapkan dapat mengajak serta mahasiswa dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Penelitian ini bertujuan: (1) u
ntuk mengetahui tingkat kesadaran mahasiswa terhadap kontribusi dalam isu lingkungan melalui pemanfaatan sepeda dan (2) untuk mengetahui pemanfaatan sepeda sebagai sarana mobilitas sehari-hari mahasiswa. Sementara  survei tim UBAYA2 yang berjudul Kesadaran dan Kesiapan Mahasiswa dalam Menghadapi Pasar Bebas Asean 2015 diharapkan dapat membuka wawasan bahwa terbukanya pasar perekonomian antar negara akan membuka peluang persaingan antar negara baik dalam bentuk produk, jasa, ataupun tenaga kerja. Ketenagakerjaan ini menyangkut bagaimana kompetensi yang dimiliki masing-masing pekerja yang sesuai dengan masing-masing penyedia kerja, sehingga survey research yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kesadaran mahasiswa terhadap dampak pasar bebas ASEAN 2015 dan upaya persiapan mahasiswa dalam menghadapi pasar bebas ASEAN 2015. (DA, RDW)

Last Updated ( Wednesday, 11 June 2014 10:53 )