Teknik Industri Universitas Surabaya

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Berita Industrial Games XXIII - TI UBAYA

Industrial Games XXIII - TI UBAYA

E-mail Print PDF

Tentang Industrial Game
Industrial Games (IG) adalah lomba berskala nasional yang diadakan oleh Jurusan Teknik Industri Ubaya (TI Ubaya) untuk siswa SMA dan sederajat untuk mengenal lebih dalam dunia industri dan dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada menggunakan disiplin ilmu teknik industri.
Tema
Pada IG 2014 ini tema yang diangkat adalah Success in Business, Creativity through Technology. Kali ini tema yang dipilih merupakan pengenalan salah satu konsentrasi di TI Ubaya, yaitu Technopreneurship, dalam arti bagaimana penerapan teknologi dalam entrepreneurship. Acara yang dilakukan meliputi rangkaian games tentang aplikasi pengetahuan TI lewat game adventure quest, rally, dan simulasi yang fun dan exciting.

Penyisihan, rally, semifinal & final
Acara dimulai dengan tahap penyisihan IG XXIII secara online yang telah diadakan tanggal 16 Agustus diikuti oleh Rally, Semi Final & Final Lomba Industrial Games XXIII diadakan tanggal 29-30 Agustus 2014 di Lenmarc Mall, Surabaya. Penyisihan IG Online berupa penyajian pertanyaan dalam  bentuk pilihan ganda sejumlah 40 butir soal. Pada acara Rally, diberikan sebuah permainan dengan kisah bahwa setiap team adalah fresh-graduate yang sedang memulai berkarir (Rookie). Mereka bekerja di suatu perusahaan untuk mencari modal dan menambah pengalaman, yang kelak mereka gunakan sebagai bekal untuk memulai usaha sendiri. Setiap team akan bermain rally games di pos-pos yang tersebar venue acara. 50 tim yang lolos ke babak semi final adalah 50 tim dengan jumlah poin tertinggi.


Tema yang diangkat dalam semi final ini adalah “Set Up Your Company”. Setelah mengerjakan berbagai pekerjaan guna memperoleh modal usaha, kini para peserta telah memiliki modal yang cukup untuk membuka usahanya sendiri dan menjadi entrepreneur baru di negara IG dalam babak semi-final ini, peserta akan di hadapkan pada suatu tantangan untuk menyusun diagram alir suatu pabrik furnitur agar proses produksi pabrik dalam usahanya berjalan dengan lancar. Selanjutnya, dipilih 10 tim yang masuk babak final. Pada acara final ini, peserta akan melewati 3 tahap, yang penilaian dari semua tahap akan diakumulasi, dan siapakah yang paling tinggi akan menjadi pemenang Industrial Games XXIII pada tahun ini. Tahap I – Game Simulasi, setiap tim akan menjalankan simulasi sebagai pemilik suatu perusahaan di suaru negara. Tahap II – Pembuatan Produk. Pada Tahap II ini peserta sendiri akan membuat suatu prototype produk, laporan, dan PPT slides untuk presentasi. Pada saat membuat produk, peserta akan membuat suatu produk dimana barang yang akan peserta buat harus sesuai tema “green and techno furniture”. Prototype yang peserta buat akan harus berasal dari bahan yang telah tim IG sediakan, dan dilarang menggunakan barang selain yang sudah disediakan. Tahap III – Presentasi Produk. Pada tahap ini, peserta akan mempresentasikan prototype produk yang telah peserta buat dengan menggunakan media powerpoint yang telah peserta buat pada tahap II Pada tahap ini, peserta bebas mengutarakan keunggulan produk, serta inovasi dari produk yang peserta miliki.
Keunikan
Keunikan IG 2014 ini terletak pada tema “Technopreneurship – Success in Business, Creativity through Technology”, yang menekankan pada konsep penerapan teknologi (bisa berupa metode, peralatan, ataupun teknik-teknik tertentu) pada kreasi produk untuk menunjang jiwa entrepreneurship dan kesuksesan bisnis melalui games. Selain itu, dengan mengakomodasi tantangan masa kini tentang isu ramah lingkungan, IG 2014 ini juga berusaha untuk menanamkan kesadaran ramah lingkungan di kalangan generasi muda. Realisasinya adalah pada saat babak final, peserta diberikan tantangan untuk membuat prototipe produk dengan tema “green and techno furniture”. Tentunya, unsur teknologi dan semangat entrepreneurship haruslah tercermin dalam setiap kreasi mereka. Kompetisi IG 2014 ini dimenangkan oleh tim dari SMAKr Petra 2 Surabaya (Juara 1 & Best Product Design), SMK Telkom Malang (Juara 2) dan SMAK St. Louis 1 Surabaya (Juara 3). Selain mendapatkan penghargaan berupa piala dan uang tunai, tim pemenang Juara 1 juga mendapatkan beasiswa untuk masuk ke Jurusan Teknik Industri Ubaya. Semoga dengan acara ini keilmuan Teknik Industri semakin dikenal di kalangan siswa SMA sederajat dan juga khalayak umum, dan TI Ubaya senantiasa aktif berkontribusi dalam ranah pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Vivat academia! (Ed. MH, http://industrialgamesubaya.com/)

 

Last Updated ( Monday, 08 September 2014 12:24 )