Teknik Industri Universitas Surabaya

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Berita Ubaya International Scholarship ke QUT, Australia selama 1 semester!

Ubaya International Scholarship ke QUT, Australia selama 1 semester!

E-mail Print PDF

"Ubaya memang universitas paling top di Surabaya! Ubaya International Scholarship merupakan alasan mengapa saya dengan mantap mengatakan hal tersebut", kata Lius Ismantha Soekamto (6113072), mahasiswa TI Ubaya penerima beasiswa Ubaya International Scholarship 1 semester di QUT. Ubaya banyak sekali menawarkan beasiswa-beasiswa kepada mahasiswanya, tak terkecuali beasiswa untuk belajar ke luar negeri. Berkat kerjasama Ubaya dengan Queensland University of Technology (QUT) di Australia, Lius berhasil mendapatkan kesempatan untuk mengasah diri menjalani semester keenam perkuliahannya di Brisbane, Australia.

Program Ubaya International Scholarship ke Queensland University of Technology (QUT)

QUT adalah salah satu dari dari 2 universitas terbaik di Brisbane dan juga termasuk dalam jajaran 10 universitas terbaik se-Australia. "Belajar di universitas bergengsi seperti ini tentu saja merupakan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan bagi saya", ungkap Lius. Membayangkan uang sekolahnya saja sudah merinding, belum lagi biaya hidup plus tiket pesawat yang tentu saja tidak murah. Namun semua kengerian itu hilang sudah berkat Ubaya. Program Ubaya International Scholarship menawarkan mahasiswa untuk menempuh pendidikan di QUT secara gratis dan lebih mantapnya lagi, tiket pesawat dan biaya hidup selama perkuliahan disana ditanggung. Kabar baiknya, allowance atau tunjangan biaya hidup yang diberikan program tersebut jauh lebih dari cukup. Berdasarkan pengalaman, saya bisa menikmati keindahan Brisbane, Gold Coast, Sydney, dan Melbourne dari dana allowance tersebut.

Selain itu, uang saku yang lebih tersebut masih bisa membiayai perkuliahan di Ubaya selama 2 semester ke depan. Bisa dibayangkan berapa banyak fasilitas yang diberikan oleh Ubaya dan QUT. Hal yang paling berharga sebenarnya adalah pengetahuan dan pengalaman. Bagi Lius, pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh semenjak menginjakkan kaki di Brisbane, Australia hingga kembali ke tanah air Indonesia telah mengubah dirinya menjadi pribadi yang lebih bernilai.

Kehidupan Mahasiswa di Brisbane, Australia

Sebagai mahasiswa, proses perkuliahan tentunya menjadi topik utama yang menjadi perhatian. Fasilitas belajar dan keringkasan sistem yang disediakan QUT sangat menunjang kegiatan belajar mahasiswanya. Perbedaan yang paling kelihatan contohnya di QUT, mahasiswa bisa mengakses rekaman kuliah setelah kelas selesai. Hal ini tentu saja sangat berguna bilamana mahasiswa ingin mengulang kembali pelajarannya. Hal lain yang menjadi perhatian ialah budaya mahasiswa disana yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar. Mahasiswa tidak segan untuk bertanya, berdiskusi, atau bahkan menyanggah pendapat dosen pengajar. Pendidikan yang diberikan QUT benar-benar berpatokan pada ilmu terapan. Menurut Lius, hal ini yang telah dirasakan sendiri berbeda jauh dengan pengalaman selama belajar di Ubaya. Ilmu pelajaran di Indonesia dirasa masih sering terpaku pada ulasan teori. Kehidupan baru di Australia yang jauh dari sanak saudara dan berbeda 180 derajat budayanya juga menjadi pelajaran penting. Singkat cerita, Lius merasa bahwa dia makin bisa memahami perbedaan budaya secara mendalam, bukan hanya sekedar ucapan mulut. "Sangat banyak pengalaman dan pelajaran yang telah saya peroleh yang tidak bisa diungkapkan dalam kata-kata maupun tulisan. Kesempatan untuk menempuh ilmu di negeri kanguru mungkin merupakan hadiah terbaik yang pernah saya dapatkan dari Ubaya. Terima kasih Ubaya. Maju terus Universitas Surabaya", ungkap Lius dengan sangat semangat. (Ed. Lius, MH)

Last Updated ( Tuesday, 23 September 2014 17:24 )