Teknik Industri Universitas Surabaya

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Berita Kuliah Tamu tentang Sistem Manajemen Produksi di Jepang

Kuliah Tamu tentang Sistem Manajemen Produksi di Jepang

E-mail Print PDF
Sebagai upaya untuk memperkaya wawasan terkait materi perkuliahan tentang sistem manajemen produksi, pada tanggal 3 Oktober 2014, TI Ubaya mengundang seorang praktisi yang banyak berpengalaman di bidang tersebut. Beliau adalah Bpk. Faizuddin Firdaus, pendiri Human Productivity Institute, telah bekerja selama belasan tahun di perusahaan PMA Jepang, yakni di Yamaha Corp sebagai senior manager dan di Suntory Group sebagai factory manager. Berbekal beberapa bulan training di Negara Jepang, Pak Faiz telah berhasil menerapkan sistem manajemen produksi jepang di perusahaan tempatnya bekerja, dan memperlihatkan hasil improvement yang signifikan. Beliau juga seorang Certified Neuro Linguistic Programming, sebuah metode untuk menggali potensi dan produktifikas tersembunyi dari seseorang.

Sebuah kesempatan yang sangat baik, ketika Pak Faiz berkenan melakukan sharing pengalaman beliau selama bekerja di perusahaan PMA Jepang. Konsep sistem manajemen produksi jepang yang selama ini sudah banyak dipelajari oleh mahasiswa TI Ubaya selama perkuliahan, menjadi jauh lebih jelas, membumi dan mengena ketika penerapan praktis diperlihatkan oleh beliau. Pak Faiz menceritakan pengalaman beliau menerapkan manajemen 5S, Genba System, Kanban, Kaizen, Just-in-Time sampai pada Lean System.

Pada awalnya, peserta kuliah tamu terlihat cukup familiar dengan berbagai sistem manajemen jepang yang disampaikan oleh Pak Faiz. Namun, ketika digali lebih lanjut bagaimana langkah demi langkah praktis melakukan set-up sistem manajemen jepang tersebut di suatu pabrik, hal inilah yang ternyata membuat peserta kuliah tamu menjadi tampak lebih antusias dan banyak pertanyaan. Ternyata, praktik sistem manajemen jepang di lantai produksi memang jauh lebih kompleks dan banyak tantangan dibanding teori di perkuliahan, dan ujungnya mengerucut pada satu harapan yakni produktifitas tinggi. Pada akhir kuliah tamu, Pak Faiz bahkan sempat mempraktekkan sedikit bahasa Neuro Linguistic Programming untuk menjawab pertanyaan peserta tantang bagaimana memberdayakan karyawan di perusahaan agar mereka bekerja lebih produktif.

Kuliah tamu ini tidak berakhir sampai saat ini, namun ke depan, kerjasama antara Ubaya dan Human Productivity Institute yang dipimpin Pak Faiz akan lebih internsif lagi.  Terutama dalam bentuk dosen tamu, pelatihan, dan coaching untuk meningkatkan produktifitas seorang karyawan/pekerja. (AH)

 
Last Updated ( Tuesday, 11 November 2014 13:40 )