Teknik Industri Universitas Surabaya

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Berita Web-Conference Perkuliahan Dalam Mengedukasi Masyarakat Akan Standar

Web-Conference Perkuliahan Dalam Mengedukasi Masyarakat Akan Standar

E-mail Print PDF

Dalam jalinan kerjasama dengan pemerintah sebagai wujud pengabdian masyarakat, Jurusan Teknik Industri Universitas Surabaya kembali bekerjasama dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) di dalam memasyarakatkan pendidikan terkait standar dengan menyelenggarakan Webconference Perkuliahan Standardisasi. Webconference perkuliahan tersebut diadakan pada hari Selasa, 28 April 2015 di kelas regular mata kuliah Pengendalian Kualitas Statistik, yang diisi dengan pembahasan ISO/TR 10017:2003 tentang Guidance on statistical techniques for ISO 9001:2008 yang menjelaskan berbagai metode statistik untuk mendukung pelaksanaan Sistem Manajemen Mutu berbasis ISO 9001:2008. Dalam pembahasannya, juga dijelaskan penggunaan Military Standard untuk keperluan rancangan sampling yang biasanya diperlukan pada saat aktivitas pengujian/inspeksi dan penggunaan peta kendali untuk pengendalian proses.

Webconference Perkuliahan Standardisasi ini merupakan program dari BSN yang telah dimulai bulan April 2015 yang melibatkan berbagai universitas yang memiliki MoU dengan BSN. Selain Universitas Surabaya (Surabaya), webconference juga diadakan di Universitas Diponegoro (Semarang), Universitas Sriwijaya (Palembang), Institut Teknologi Bandung (Bandung), Universitas Muhammadiyah Surakarta (Solo), Universitas Gajah Mada (Yogyakarta), Universitas Brawijaya (Malang) dan Institut Pertanian Bogor (Bogor) dengan topik yang berbeda-beda. Pelaksanaan webconference diawali dengan undangan berupa informasi waktu pelaksanaan, tema dan tata cara partisipasi dari Pusat Pendidikan dan Pemasyarakatan Standardisasi BSN, kemudian pihak BSN mendatangi universitas masing-masing untuk proses pelaksanaan webconference (webconference direkam di universitas tempat penyelenggara). BSN menyediakan teknologi webconference, universitas penyelenggara menyediakan ruang kelas yang memiliki koneksi internet yang stabil. Materi webconference kemudian diunduh di website BSN, yang kemudian dapat diakses secara luas oleh masyarakat yang membutuhkan.

Webconference perkuliahan Pengendalian Kualitas Statistik dengan 34 mahasiswa, disaksikan oleh sekitar 20 orang peserta yang online yang menggunakan aplikasi webex. Webconference diakhiri dengan teleconference dari Deputi Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi BSN, Ibu Dewi Odjar, yang pada saat itu sedang rapat di PT Gapura Angkasa Bandara Internasional Juanda. Pelaksanaan webconference yang berlangsung dengan lancar tentunya tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak dari Universitas Surabaya, yaitu Direktorat Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang telah berupaya menyediakan dan menjaga kestabilan koneksi internet, Pak Arbi Hadiyat selaku dosen pemateri, Kepala Lab dan Staf Laboran Quality & Performance Management (QPM) sebagai perwakilan penyelenggara. Terima kasih atas partisipasinya (Ed.YS).

Untuk keberlanjutan dan akses yang lebih meluas, materi webconference ini dapat diakses di: http://www.bsn.go.id/main/berita/berita_det/6145/Pertemuan-WG-IEC-TC-34----Lamps-and-related-equipment---#.VW6Nj1I081A
Last Updated ( Friday, 05 June 2015 09:53 )