Teknik Industri Universitas Surabaya

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Berita KSM TI Ubaya Goes to Bandung

KSM TI Ubaya Goes to Bandung

E-mail Print PDF
Pada tanggal 6-10 Juli 2015, Kelompok Studi Mahasiswa Teknik Industri Universitas Surabaya mengadakan studi ekskursi dengan tujuan kota Bandung, Jawa Barat. Pendaftaran studi ekskursi ini terbuka untuk seluruh mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya. Acara ini diikuti oleh 57 orang mahasiswa Teknik Industri yang berasal dari angkatan 2013 dan 2014, serta seorang dosen Teknik Industri yaitu Bapak Jerry Agus, S.T., MT.
Di hari pertama keberangkatan seluruh peserta telah bersiap untuk perjalanan menuju ke Bandung. Perjalanan menuju ke Bandung dimulai dengan kunjungan terlebih dahulu ke pabrik PT. Yakult Indonesia Persada yang terletak di Ngoro Industrial Park, Mojokerto. Sewaktu di pabrik minuman ini, pertama-tama peserta dijelaskan mengenai sejarah Yakult. Kemudian peserta diajak berkeliling untuk melihat proses produksi Yakult. Adapun proses yang ditempuh untuk memproduksi Yakult adalah dari pembibitan bakteri Lactobacillus casei Shirota strain yang dikirim langsung dari Jepang, pencampuran dengan susu bubuk skim dan sukrosa, pengemasan, hingga penyimpanan (storage) sebelum dilakukan inspeksi pada saat quality control. Setelah melaksanakan kunjungan ke PT. Yakult Indonesia Persada, rombongan melanjutkan perjalanan ke Bandung. Perjalanan ditempuh selama kurang lebih 20 jam hingga tiba di Bandung.
Pagi hari tanggal 7 Juli 2015, rombongan telah tiba di Bandung. Kunjungan industri selanjutnya dilakukan di PT. Coca Cola Amatil Indonesia. Pada kunjungan ini, pertama-tama peserta studi ekskursi diberikan penjelasan interaktif mengenai sejarah Coca Cola beserta proses produksinya. Selanjutnya, peserta diajak untuk berkeliling melihat proses produksi dari beberapa produk PT. Coca Cola Amatil Indonesia, dan juga diberikan penjelasan yang jelas tentang kondisi di setiap lini produksi. Sebelum diakhirinya company visit di PT. Coca Cola Amatil Indonesia, seluruh peserta beserta dosen dan perwakilan dari pihak perusahaan berfoto bersama di depan Giant Cans, beberapa kaleng raksasa yang terletak di halaman perusahaan PT. Coca Cola Amatil Indonesia ini. Perjalanan dilanjutkan dengan kunjungan ke Cibaduyut, yaitu suatu daerah di Jawa Barat yang terkenal dengan kerajinan kulitnya. Di Cibaduyut, para peserta dapat berbelanja kerajinan seperti tas, sepatu, pakaian, serta makanan khas Jawa Barat. Selanjutnya, rombongan menuju ke hotel yang terletak di daerah Cihampelas untuk beristirahat dan melanjutkan kegiatan di hari berikutnya.

Pada hari ketiga, kunjungan selanjutnya adalah ke Caladi 59 (C-59), sebuah perusahaan produsen pakaian yang telah dikenal di dalam maupun luar Indonesia. Pada kunjungan ini, dijelaskan mengenai proses produksi pakaian dari proses desain, pencetakan, penjahitan, pengemasan, hingga quality control. Kemudian, sang pemilik, Bapak Marius Widyarto – atau biasa dipanggil Mas Wiwied, sharing pengalaman beliau mengenai perintisan perusahaan C-59 ini, disertai dengan tanya jawab dengan peserta studi ekskursi. Rombongan kemudian diberi kesempatan untuk berbelanja di outlet C-59 ini dan mendapat potongan khusus untuk rombongan ini saat berbelanja. Setelah berkunjung ke C-59, rombongan melanjutkan perjalanan untuk membeli oleh-oleh di Prima Rasa, Kartika Sari, serta berbelanja di Pasar Baru.

Pada hari keempat, rombongan telah melakukan check-out dari hotel dan bersiap melakukan perjalanan kembali ke Surabaya. Sebelum kembali ke Surabaya, rombongan berkunjung ke Trans Studio Bandung (TSB) terlebih dahulu. TSB merupakan suatu indoor theme park yang di dalamnya terdapat berbagai macam wahana, antara lain seperti Yamaha Racing Coaster, Vertigo, Giant Swing, dan Negeri Raksasa. Pada awal kedatangan di TSB, diberikan sesi edukasi interaktif dari Department of Engineering Trans Studio Bandung. Jadi selama di TSB ini, rombongan tidak hanya berkunjung untuk bermain-main saja, melainkan juga ada sekilas sesi edukasi tersebut. Selanjutnya, peserta dapat bermain-main di TSB hingga sore. Seusainya kunjungan ke TSB, rombongan melanjutkan perjalanan untuk kembali ke Surabaya. Perjalanan kembali ke Surabaya ditempuh selama kurang lebih 20 jam, dan seluruh peserta telah tiba di Surabaya saat siang hari tanggal 10 Juli 2015 pada pukul 13.00. (Ed. Iv)
Last Updated ( Monday, 27 July 2015 15:07 )