Teknik Industri Universitas Surabaya

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Berita Industrial Games XXIV 2015, Creating Value through Quality

Industrial Games XXIV 2015, Creating Value through Quality

E-mail Print PDF

Industrial Games (IG) adalah kegiatan tahunan berupa lomba yang diadakan oleh jurusan Teknik Industri (TI) UBAYA dalam rangka memberikan wawasan tentang keilmuan Teknik Industri kepada siswa/i SMA/SMK sederajat. Di tahun ke 24-nya ini, IG dengan tagline "Creating value through quality – plan better, build better" mengangkat topik utama “Kesadaran UKM Indonesia terhadap standar kualitas untuk menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)”. Pilihan tagline dan topik utama ini didasarkan pada salah satu pengembangan keilmuan di laboratorium Quality & Performance Manajemen yang ada di Jurusan TI, yaitu terkait konsep pemenuhan standar kualitas dan proses perencanaan itu sangat penting untuk bisa membuat produk yang layak bersaing terutama pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

IG XXIV dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 19 dan 20 September 2015 di Grand City Mall. Sebelumnya IG XXIV juga mengadakan penyisihan secara online pada tanggal 31 Agustus 2015. Tahun ini IG mencetak rekor dengan berhasil mengajak hampir 450 orang peserta untuk berpartisipasi. Babak dalam IG XXIV ini ada 4, yaitu penyisihan online, penyisihan rally game dan game besar, semifinal, dan final. Pada babak rally game peserta diperkenalkan dengan keragaman beberapa negara ASEAN yang dirangkai menjadi 24 pos yang tersebar di area sekitar Grand City, sedangkan pada babak game besar peserta diajak berlomba memecahkan masalah transportasi dan mencapai kotak finish. Di semifinal, 40 tim peserta yang lolos dari babak penyisihan rally game dan game besar, bertarung lagi dalam simulasi pembuatan perusahaan. Peserta diajak memahami konsep pentingnya Voice of Customer dalam pembuatan produk sampai tahap menjual ke buyer yang diwujudkan sebagai orang-orang dari berbagai negara ASEAN. Setelah babak semifinal, 10 tim dengan perolehan poin tertinggi mengikuti babak final  yang dibagi dalam 3 tahap. Tahap 1 berupa simulasi pemasaran produk dengan sebelumnya produk yang dibuat harus melewati tahap inspeksi kualitas yang sudah ditentukan.
Tahap 2 berupa pembuatan prototype 3 dimensi dari karton dan kain. Barang yang dibuat yaitu koper ukuran kabin skala 1:2. Semua tim berhasil membuat prototype ini dengan baik dan unik tiap timnya. Selanjutnya pada tahap 3, hasil prototype tersebut dipresentasikan dengan bahasa Inggris di hadapan para juri yang ahli pada bidangnya. Setelah melewati ketiga tahapan dalam final tersebut, diperoleh juara 1 yaitu tim 69 dari SMAK St. Louis 1 Surabaya, juara 2 yaitu tim 46 juga dari SMAK St. Louis 1 Surabaya, dan juara 3 yaitu tim 3 dari SMA Kr. Petra 2 Surabaya.

Acara ini mendapatkan dukungan dari pihak sponsor seperti Badan Standarisasi Nasional (BSN), Grand City Mall & Convex, PT Sinar Mas Jaya, Mie Burung Dara, Premiere, Event Surabaya, air minum dalam kemasan Aquase, Wok, dan Garuda HT. Semoga dengan acara ini keilmuan Teknik Industri semakin dikenal di kalangan siswa SMA sederajat dan juga khalayak umum, dan TI Ubaya senantiasa aktif berkontribusi dalam ranah pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. (ed. Ika, Yen).
Last Updated ( Friday, 16 October 2015 09:13 )