Teknik Industri Universitas Surabaya

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Berita Kunjungan Industri: Yakult & Sosro

Kunjungan Industri: Yakult & Sosro

E-mail Print PDF

Sesuai dengan tagline Ubaya, “Learning Beyond The Class Room”, jurusan Teknik Industri kembali mengajak mahasiswanya untuk mengunjungi PT. Sinar Sosro dan Yakult pada 10 September 2015 lalu. Kesempatan tersebut diperuntukan bagi mahasiswa yang sedang mengambil Mata Kuliah Manajemen Kualitas dan Tata Letak Fasilitas yang secara keseluruhan berjumlah 47 orang.

Kunjungan pertama dijadwalkan dijadwalkan pada pukul 09.00 di PT. Sinar Sosro. Untuk tujuan kuliah lapangan rombongan diarahkan ke pabrik PT. Sinar Sosro yang beralamatkan di Mojosari-Mojokerto. Penerimaan yang baik membuat suasana kuliah lapangan semakin kondusif. Sebelum mahasiswa dikumpulkan di dalam gedung serbaguna, mahasiswa dipersilakan untuk menuju ke galeri. Disana dapat ditemui perjalanan bisnis perusahaan, lokasi pabrik dan distribusi serta pajangan semua varian produk. Saat itu PT. Sinar Sosro juga memberikan welcome drink berupa jenis produknya kepad mahasiswa yang dapat dinikmati sembari melihat-lihat isi galeri. Kegiatan selanjutnya dilakukan di gedung serba guna. Di tempat tersebut perwakilan PT. Sinar Sosro mengenalkan profil perusahaan dn produknya. Selain itu juga dijelaskan terkait proses bisnis perushaan. Guna memperjelas ketersngan yang telah diberikan, rombongan diajak untuk melihat proses prouksi, logistik dan pengolahan limbah perusahaan secara langsung. Selama kegiatan mahasiswa terlihat antusias dan mengajukan banyak pertanyaan. Kegiatan diakhiri dengan makan siang yang telah disediakan perusahaan di kantin.   

Perjalanan dilanjutkan ke PT. Yakult sebagai tujuan kunjungan industry yang kedua. Tidak jauh berbeda dari PT. Sinar Sosro, PT. Yakult berlokasi di kawasan industry Ngoro-Mojokerto. Sesampainya disana, penerimaan dilakukan dengan baik, teratur dan tertata rapi. Rombingan dikumpulkan di ruang serbaguna dan diberi produk Yakult yang dapat dinikmati saat sesi berlangsung. Di ruang tersebut profil perusahaan di paparkan. Selain itu juga dijelaskan mengenai pentingnya bakteri baik dalam pencernaan tubuh manusia. Pemaparan tersebut berlangsung selama kurang lebih 45 menit. Setelahnya rombombongan dibagi menjadi dua kelompok untuk diajak melihat proses secara bergiliran. Kunjungan industri dilakukan melalui koridor panjang yang berada di atas proses produksi. Proses produksi Yakult diawali dari pembibitan bakteri Lactobacilus Casei Shirota. Selanjutnya hasil pembibitan diambil untuk difermentasikan dengan bahan yakult lainnya seperti susu dan gula. Selain proses pembuatan yakult, proses lain yang dapat dilihat adalah proses pembuatan botol yakult, pengisian, inspeksi kualitas, pengemasan dan penyimpanan. Proses pengamatan berakhir  di galeri PT. Yakult, di dalam galeri tersebut terdapat timeline PT. Yakult dari awal berdiri hingga proyeksi beberapa tahun kedepan. Sepanjang timeline yang telah dilalui hingga tahun saat ini, terpasang berbagai capaian perusahaan. Dari kunjungan ke PT. Yakult, wawasan baru juga diperoleh mahasiswa, bahwasannya kemasan kosong yakult dapat digunakan sebagai pengurai limbah secara biologis karena dapat mendukung hidup bakteri pengurai tertentu, selain itu juga bentuk botol yakult yang unik juga mendukung proses pengolahan limbah. (RD)
Last Updated ( Friday, 16 October 2015 09:13 )