Teknik Industri Universitas Surabaya

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Berita Studi Ekskursi ke 6 Pabrik di Jatim

Studi Ekskursi ke 6 Pabrik di Jatim

E-mail Print PDF
Mata kuliah Pengantar Teknik Industri yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru melengkapi proses pengajaran di kelas dengan kuliah lapangan. Mahasiswa - mahasiswa baru ini dibagi dalam beberapa kelompok dan mengunjungi 6 pabrik, yaitu PT. Cheers, PT. Sosro, PT. Yamaha Music Product Indonesia, PT. Suprama, PT. Coca-Cola Amatil, dan PT. Yakult Persada Indonesia.

PT. Suprama merupakan produsen Mi Burung Dara, Mi Nikmat, Mi Kenduri dan mi lainnya yang hanya muncul di pasar luar negeri. Bekerja terus menerus selama 3 shift, perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1972 di Sidoarjo. Kini pabrik yang ditempati di daerah Suko memiliki area yang luas tempat semua mi diproduksi. Setelah sesi tanya jawab dan mencicipi mi hasil produksi PT. Suprama, selanjutnya kami diajak berkeliling melihat proses pembuatan mi kering. Sebenarnya selain mi kering ada juga mi instan yang juga kering namun bukan hasil pengeringan melainkan dari penggorengan.

Produk Yakult berupa minuman probiotik yang banyak dikonsumsi masyarakat diproduksi oleh PT. Yakult Persada Indonesia di Ngoro Mojokerto, yang merupakan pabrik kedua setelah yang pertama di Sukabumi. Proses produksinya modern dan memiliki standar yang sama dengan produk Yakult lainnya yang diproduksi di 33 negara. Meskipun baru berdiri tahun 2014 untuk Pabrik Ngoro, jumlah produksi yang dihasilkan adalah 1,8 juta per hari dan akan terus ditingkatkan, karena pasar Indonesia Timur belum tergarap.

Kunjungan Kelompok 3 dimulai dengan perjalanan kurang lebih 1.5 jam menuju kawasan Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER). Tujuannya adalah PT. Yamaha Musical Product Indonesia, anak usaha dari Yamaha Corporation Japan, yang memproduksi alat musik tiup merek Yamaha. Produk yang dihasilkan oleh pabrik dengan kurang lebih 1600 karyawan ini adalah recorder, clarinet, flute, dan saxophone. Sekitar 97% hasil produksi pabrik ini dijual untuk kebutuhan ekspor, karena itu kualitas produk benar-benar menjadi salah satu kekuatan yang diunggulkan.
Rombongan ekskursi sangat antusias memperhatikan proses produksi pada pabrik ini, hal ini terlihat pada sesi tanya jawab setelah tour pabrik. Beberapa hal yang dapat dikaitkan dengan kuliah yang akan mereka tempuh yaitu ergonomi pada workstation design, penggunaan statistik dalam pengendalian kualitas, maupun penerapan model inventory management dengan Kanban System. Dengan studi ekskursi ini, mahasiswa tentunya akan lebih mudah memahami aplikasi nyata dari kuliah-kuliah yang akan mereka tempuh. Dan sebagai penutup, sebagai rasa terima kasih, pimpinan rombongan ekskursi menyerahkan cindera mata kepada perwakilan perusahaan.

Perjalanan kemudian dilanjutkan menuju ke daerah Pandaan, menuju PT. Coca Cola Amatil Indonesia – Surabaya Plant yang berjarak kurang lebih 20 km dari PIER. Setibanya di tujuan, rombongan ekskursi disambut oleh Ibu Rieza selaku Corporate Affairs dan diberikan penjelasan mengenai sejarah perusahaan, proses produksi, dan distribusi serta program-program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilaksanakan oleh perusahaan. Kemudian dilanjutkan dengan tour pabrik dimana layout permesinan dalam 6 line produksi yang ada disusun berdasarkan product layout, kondisi ini berbeda dibandingkan dengan perusahaan yang dikunjungi sebelumnya. Pabrik ini mampu memproduksi berbagai jenis produk Coca-Cola Company baik yang tergolong sebagai Carbonated Soft Drink (CSD), Teh Frestea, dan Minute Maid Pulpy. Sebelum acara ditutup, rombongan kembali diajak ke ruang training dan diperbolehkan merasakan kesegaran produk Coca-Cola sebagai pelepas dahaga sambil dilanjutkan dengan acara tanya jawab. Acara kemudian ditutup dengan pemberian cindera mata dan foto bersama.

PT. Atlantika Biruraya menghasilkan air minum dalam kemasan yang diberi nama Cheers dan terletak di Jl Raya Surabaya-Malang Km 52,2. Pandaan. Setelah rombongan sampai di perusahaan, maka rombongan diterima di ruang pertemuan dan diberi penjelasan oleh Tim Marketing. Mereka menginformasikan bahwa produk terbaru, yaitu Cheers Alkaline Powered merupakan pelopor produk air minum dengan kandungan alkaline dan memiliki pH yang seimbang untuk membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh. Saat ini produk sudah dipasarkan di seluruh Indonesia dan untuk pasar Kalimantan produk diberi merek yang berbeda, Vema. Selain dikemas dalam botol, Cheers juga tersedia dalam kemasan gelas dan kemasan galon. Selesai presentasi, rombongan diajak untuk berkeliling pabrik untuk melihat proses produksi dari dekat, baik yang untuk kemasan gelas, kemasan botol, sampai kemasan galon. Proses produksi berlangsung secara otomatis, walaupun masih membutuhkan bantuan manual, terutama pada proses pengemasan. Sesi selanjutnya adalah tanya jawab yang diadakan di ruang pertemuan. Sesi ini menarik karena Tim Marketing juga menyiapkan beberapa hadiah cantik untuk peserta yang bertanya. Tak lupa rombongan juga diberi produk Cheers, selain penghilang dahaga juga untuk merasakan Cheers secara langsung. 

Perjalanan dilanjutkan ke PT. Sinar Sosro yang terletak di Mojosari, Mojokerto. Rombongan diajak mengunjungi Galeri Sosro, di mana dipajang penjelasan tentang sejarah Teh Botol Sosro, pabrik yang ada di Indonesia, jenis-jenis produk yang dihasilkan, sampai beberapa penghargaan yang pernah diterima oleh PT. Sinar Sosro. Tidak lupa juga di awal rombongan diajak untuk mencicipi Teh Botol Sosro dan Fruit Tea. Acara dilanjutkan dengan presentasi di ruang auditorium mengenai sejarah, produk dan ciri khas Teh Botol Sosro. Kemudian diteruskan dengan melihat langsung proses produksi sampai mengunjungi gudang bahan baku. Setelah lelah memutari pabrik, telah tersedia makanan dan minuman untuk rombongan. Tidak lupa rombongan juga ditawari paket produk yang dijual dengan harga khusus. Di akhir acara tak lupa saling bertukar cindera mata dan foto bersama. (Eds. IMR)

Last Updated ( Sunday, 22 November 2015 15:30 )