Teknik Industri Universitas Surabaya

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Berita Pameran, Bisnis Simulasi dan Workshop KP1 TIUbaya dengan Topik Alat Peraga Matematika

Pameran, Bisnis Simulasi dan Workshop KP1 TIUbaya dengan Topik Alat Peraga Matematika

E-mail Print PDF
Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat bermanfaat namun dirasa sulit bagi murid Sekolah Dasar. Berdasarkan fenomena yang terjadi tersebut, Jurusan Teknik Industri Universitas Surabaya melalui kegiatan Kerja Praktik 1 ingin membantu metode pembelajaran di Sekolah Dasar agar dapat menyampaikan materi Matematika dengan mudah dan menyenangkan. Pada Kerja Praktik 1 mahasiswa melakukan perancangan produk, praktikum, sekaligus memasarkannya, tanpa mengabaikan masalah pengaturan produksi dan aliran keuangan. Selama satu semester penuh mahasiswa akan melakukan rangkaian kegiatan tersebut sekaligus sebagai penerapan berbagai mata kuliah yang telah mereka dapat selama enam semester ini.

Pengumpulan data didapatkan dengan mengunjungi dan mewawancara guru-guru pengajar Matematika di Sekolah Dasar, untuk mendapatkan informasi kesulitan yang mereka hadapi saat menyampaikan materi Matematika ke anak didik. Kemudian dari informasi tersebut, produk yang telah ada dan ide tiap kelompok, maka terciptalah alat peraga baru yang akan mereka wujudkan saat praktikum.

Praktikum Kerja Praktik 1 dilakukan di Teaching Industry, sebuat mini plant khusus perkayuan yang dimiliki oleh Teknik Industri Universitas Surabaya. Di sana praktikan akan berlatih mempersiapkan dan membuat produk mereka sendiri, dengan dukungan mesin yang cukup lengkap serta bahan baku yang telah disediakan oleh Jurusan.

Hasil praktikum tersebut kemudian dipamerkan di Pameran Kerja Praktik 1 yang dilakukan di Perpustakaan Universitas Surabaya, tanggal 6 November 2015. Setiap kelompok yang berwujud perusahaan harus dapat menarik perhatian pengunjung dan menjualnya. Selain pengunjung dari internal Universitas Surabaya, terdapat juga undangan yaitu para guru Sekolah Dasar di Surabaya.

Bersamaan dengan acara Pameran, dilakukan juga Workshop “Belajar Matematika dengan Alat Peraga”, didukung oleh Dinas Pendidikan Dasar Surabaya. Workshop ini menghadirkan pembicara Dr. Lena, pakar psikologi pembelajaran dari Fakultas Psikologi Universitas Surabaya, serta Dr. Hazrul Iswadi, pakar matematika dari Jurusan Teknik Industri, Universitas Surabaya. Dalam workshop ini Dr. Lena menjelaskan soal pentingnya alat peraga dalam proses belajar mengajar agar anak didik lebih aktif dalam memahami materi, sedangkan Dr. Hazrul menjelaskan tentang konsep matematika dan bagaimana mewujudkannya dalam alat peraga. Acara workshop ini dihadiri oleh sekitar 50 guru sekolah dasar swasta ataupun negeri di wilayah Surabaya sebagai peserta utama. Dalam pelaksanaannya, secara garis besar materi workshop akan dibagi dalam dua pembahasan. Pembahasan pertama akan mengulas metode pembelajaran kekinian dan efektif membantu mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami materi. Selain itu pembahasan pertama juga memaparkan efek psikologis dari metode pembelajaran tertentu pada peserta didik ataupun guru. Sedangkan pembahasan kedua akan diulas tentang cabang ilmu matematika realistik sekaligus memaparkan manfaat dari alat peraga dalam memahami materi matematika.

Setelah rangkaian Pameran dan Workshop, keesokan harinya tanggal 7 November 2015 dilakukan Business and Industrial Simulation atau BIS. Pada kegiatan kali ini mahasiswa dan dosen melakukan simulasi untuk menggambarkan situasi yang mungkin akan mereka hadapi saat menjalankan bisnis di dunia nyata. Mereka juga harus dapat merancang dan melaksanakan strategi agar perusahaannya mendapatkan untung dan bisa berkompetisi di dunia bisnis. Untuk mendokumentasikan kegiatan-kegiatan ini, mahasiswa menyusun laporan dari proses perancangan produk hingga perhitungan produksi dan keuangan, kemudian melalui proses tes kerja praktik 1 untuk mengetahui tingkat pemahaman setiap mahasiswa terhadap seluruh kegiatan yang telah dijalaninya. (ih,rd)

Last Updated ( Tuesday, 12 January 2016 08:28 )