Teknik Industri Universitas Surabaya

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Berita Kuliah Tamu : Praktik Sistem Manajemem Mutu ISO 9001 di Perusahaan Manufaktur

Kuliah Tamu : Praktik Sistem Manajemem Mutu ISO 9001 di Perusahaan Manufaktur

E-mail Print PDF

Lebih dari 10 tahun ini, perusahaan-perusahaan manufaktur dan jasa telah banyak menerapkan ISO 9001 untuk standardisasi sistem manajemen mutu mereka. Bahkan ISO 9001 merupakan salah satu standar yang harus dimilki oleh perusahaan yang berorientasi ekspor ke beberapa negara.

Ketika lulusan TI Ubaya memasuki dunia kerja khususnya bidang industri manufaktur, salah satu nilai tambah yang dimiliki oleh para lulusan tersebut adalah bekal pengetahuan yang mumpuni tentang standar ISO 9001. Melalu kuliah Standardisasi & Sistem Manajemen Mutu, mahasiswa TI Ubaya mendapatkan wawasan banik secara teori maupun praktis tentang ISO 9001.

Dalam usaha memperkaya wawasan tentang ISO 901 khususnya untuk peserta matakulia Standardisasi & Sistem Manajemen Mutu, pada tanggal 3 April 2016 Jurusan TI Ubaya mengadakan kuliah tamu dengan mengundang praktisi dari perusahaan penerap ISO 9001. Bapak Dody Cahyono dari divisi Quality Assurance PT.Asahimas Flat Glass, Sidoarjo, berkenan memberikan sharing pengalaman tentang penerapan ISO 9001 di perusahaan tempat beliau bekerja.

Berbagai contoh penerapan disampaikan oleh Pak Dody, mulai dari bagaimana pimpinan perusahaan membangun komitmen, start up ISO 9001, contoh penerapan 7 basic quality tools, desain eksperimen, sampai pemodelan data untuk prediksi kekuatan produk kaca yang dibuat oleh PT.Asahimas Flat Glass. Melalui kuliah tamu ini, pengetahuan mahasiswa menjadi semakin terbuka luas tentang ISO 9001. Pak Dody bahkan juga sempat memberikan penjelasan untuk transisi dari ISO 9001:2008 kke ISO 9001:2015. Semoga kerjasama yang baik antara TI Ubaya dengan pihak perusahaan akan lebih baik di masa mendatang.

Last Updated ( Friday, 20 May 2016 16:44 )