Teknik Industri Universitas Surabaya

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Berita TI Ubaya Gelar Industrial Games XXV tentang Green Supply Chain

TI Ubaya Gelar Industrial Games XXV tentang Green Supply Chain

E-mail Print PDF
(KabarGress.com) Jurusan Teknik Industri Universitas Surabaya mengadakan Industrial Games XXV yang merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian Lustrum Fakultas Teknik ke-VI Ubaya. Industrial Games XXV kegiatan tahunan yang berskala nasional yang diikuti oleh siswa-siswi SMA dan sederajat di seluruh Indonesia. Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan permasalahan yang ada dalam dunia industri dan bagaimana cara menyelesaikan permasalahan ini dengan menggunakan disiplin keilmuan Teknik Industri. Kegiatan Industrial Games ke XXV ini diselenggarakan pada 23-24 September 2016 di Main Atrium Grand City Mall, Jalan Gubeng Pojok No.1 Surabaya.

Industrial Games XXV melibatkan 300 peserta (dalam 100 tim) SeIndonesia, setelah pada tanggal 1 – 6 September 2016 didahului dengan adanya penyisihan melalui tes online. Tema yang dipilih dalam Industrial Games XXV ini adalah Supply Chain Management. Tema ini dipilih karena melihat permasalahan yang ada bahwa distribusi bahan-bahan mentah untuk diolah menjadi barang jadi belum merata di Indonesia. Peserta diharapkan tidak hanya mendapat pemahaman tentang aplikasi Supply Chain Management di dunia industri namun juga peserta mampu memahami pentingnya aliran rantai pasok dalam menjalankan perindustrian setelah mengikuti perlombaan ini. “Saya harap melalui Industrial Games ini bisa memperkenalkan kepada siswa-siswi SMA tentang industri dan apa saja hal yang harus dipertimbangkan, salah satunya adalah Supply Chain Management”, ungkap Andrew, mahasiswa Teknik Industri Universitas Surabaya dan juga selaku ketua panitia Industrial Games XXV 2016. Adapun salah satu rangkaian kegiatan yang menjadi bagian dari Industrial Games XXIII yaitu ‘Game Besar’. Kegiatan ini termasuk dalam babak penyisihan bagi peserta untuk menuju babak semifinal. hari pertama akan dilaksanakan babak penyisihan dengan Rally Games dan Games besar. Sedangkan di hari kedua, akan dilaksanakan babak semifinal dan final.

Industrial Games XXV menggabungkan unsur permainan dan simulasi sehingga peserta bisa seolah-olah menjalankan industri. Dalam babak ini peserta akan menjadi pasukan Raja IG yang memiliki ability berbeda-beda yang terdiri dari luck, strength, intelligence, agility, dexterity. Ability yang dimiliki masing-masing tim dapat diketahui dengan cara mengambil undian yang telah disediakan oleh panitia. Kemudian masing-masing tim diminta untuk mencapai kerajaan musuh sesuai dengan rute yang ditentukan. MC akan membacakan sebuah kisah, setelah itu peserta diperbolehkan untuk berjalan menuju Enemy’s Castle dengan menyelesaikan quest dengan cara menjawab soal-soal seputar pengetahuan umum dan materi SMA. Setiap berhasil menyelesaikan 1 quest, peserta diperbolehkan untuk jalan 1 kotak di peta. Di setiap rute masing-masing ability akan diletakan rintangan yang berasal dari kerajaan musuh dan disesuaikan dengan kemampuan mereka. ada games besar ini terdapat 2 misi rahasia yang dapat menambah perbekalan peserta sesuai dengan kemampuannya.

“Industrial Games kali ini memaparkan pengenalan materi Logistic dan Supply Chain  Management dalam pemecahan masalah dalam dunia teknik industry yang dikemas dalam games yang menarik untuk SMA sebagai peserta,” ungkap Markus Hartono, S.T., M.Sc., Ph.D., CHFP selaku Ketua Jurusan Teknik Industri. (ro) (diambil dari sumber online: http://kabargress.com/2016/09/23/industrial-games-xxv-bertema-supply-chain-management/)