Teknik Industri Universitas Surabaya

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Berita TI Ubaya Visits PT Insera Sena (Polygon) & KABOKI

TI Ubaya Visits PT Insera Sena (Polygon) & KABOKI

E-mail Print PDF

Di hari Selasa tanggal 8 November 2016 rombongan dari Jurusan Teknik Industri Universitas Surabaya melakukan kunjungan industri ke dua perusahaan. Kegiatan ini sebagai agenda rutin jurusan yang dimaksudkan untuk memberikan wawasan industri kepada mahasiswa dan mengetahui aplikasi teori perkuliahan di industri secara riil. Rombongan yang terdiri dari 40 mahasiswa dan 10 dosen mengunjungi PT Insera Sena sebagai tempat pertama yang dituju. Setelah diterima dan disambut dengan baik, rombongan diajak ke ruang pertemuan untuk mendapatkan penjelasan mengenai profil perusahaan dan produk yang dibuat perusahaan (Polygon). Dijelaskan bahwa nama perusahaan PT Insera Sena berasal dari rangkaian kata INdustri  SEpeda di SuRAbaya, sedangkan kata Sena diambil dari nama salah satu tokoh wayang yang tangguh, jujur, dan berani. Rombongan juga mendapatkan penjelasan mengenai berbagai produk sepeda yang dihasilkan oleh PT Insera Sena. Setelah itu kunjungan dilanjutkan dengan tur keliling perusahaan dengan melihat bagian produksi, perakitan (assembly), pengecatan, pengepakan, dan gudang. Sistem pergudangan PT Insera Sena saat ini sudah menggunakan automated storage system (ASS)/automated storage & retrieval system (ASRS) dengan peralatan yang canggih dan teknologi modern, yang membuat rombongan terkesima. Yang juga membuat rombongan terkesan adalah adanya beberapa alumni Teknik Industri Universitas Surabaya yang bekerja di sana. Setelah itu rombongan kembali ke ruang pertemuan untuk break sebentar. Acara selanjutnya adalah tanya jawab untuk hal-hal yang ingin diketahui lebih lanjut, walaupun pada saat keliling pabrik boleh bertanya langsung pada pendamping rombongan. Kunjungan yang pertama ini diakhiri dengan pemberian cindera mata dan foto bersama.

Kunjungan berikutnya adalah PT. Velesia di daerah Sukorejo, Pandaan. PT. Velesia ini memproduksi Kaboki, tas rajutan hand made. Setelah disambut dengan ramah, rombongan diajak untuk keliling pabrik. Pertama rombongan mendapatkan penjelasan mengenai jenis-jenis bahan baku yang digunakan untuk proses produksi, lalu tahapan-tahapan yang dilalui pada proses produksi. Pembuatan tas Kaboki tidak dilakukan di dalam pabrik, tetapi dialihkan ke para pengrajin lokal di beberapa kota yang pintar merajut dengan pola dan bahan baku dikirim dari pabrik. Tas yang sudah selesai setengah jadi dikirimkan kembali ke pabrik, kemudian pabrik akan merapikan tas tersebut. Rombongan juga diajak untuk melihat proses produksi secara langsung, yaitu pembuatan alas dan kain pelapis tas yang akan direkatkan ke tas setengah jadi, yang dilanjutkan dengan proses pemberian resleting. Tahap berikutnya yaitu pemberian merek pada produk. Setelah melalui tahap inspeksi akhir, produk akan dikemas dengan rapi dan siap untuk didistribusikan. Kunjungan kemudian dilanjutkan dengan kursus merajut gratis. Beberapa karyawan menjadi pemandu yang mengajarkan dasar-dasar merajut. Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 15 menit ini menarik, karena ada beberapa peserta rombongan yang telaten menyelesaikan serangkaian rajutan. Berikutnya rombongan diajak untuk berbelanja produk Kaboki di factory outlet yang terletak di depan pabrik yang menawarkan berbagai produk dengan model dan harga yang bervariasi. Tidak lupa kunjungan juga dilengkapi dengan foto bersama.

Setelah itu rombongan kembali ke Surabaya. Semoga kunjungan perusahaan ini memberikan manfaat bagi peserta dan meninggalkan kesan yang tidak terlupakan. 

Last Updated ( Thursday, 24 November 2016 18:36 )