Teknik Industri Universitas Surabaya

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Berita Dr. Hazrul Iswadi Dosen TI Ubaya Melatih Peneliti Belia

Dr. Hazrul Iswadi Dosen TI Ubaya Melatih Peneliti Belia

E-mail Print PDF
Salah satu cara meningkatkan minat siswa SMA atau SMP di Indonesia untuk mempelajari bidang-bidang studi yang dicap sulit seperti sains dan matematika adalah dengan menyelenggarakan lomba dan olimpiade. Sekarang ini banyak sekali lomba atau olimpiade sains dan matematika untuk siswa SMA atau SMP diselenggarakan oleh berbagai pihak mulai dari sekolah, pemda, LSM, universitas, dan kementrian. Lomba dan olimpiade tersebut bisa berformat penyelesaian soal ataupun penelitian. Di antara beragam lomba dan olimpiade sains dan matematika dasar yang berformat penelitian untuk siswa SMA dan SMP, terdapat dua lomba yang sangat dikenal oleh kalangan guru dan siswa SMA dan SMP yaitu Lomba Peneliti Belia (LPB) yang diadakan oleh Center for Young Scientists (CYS) dari Surya University dan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) yang diadakan oleh Direktorat Pembinaan SMA, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Bapak Dr. Hazrul Iswadi, dosen TI Ubaya, ternyata diam-diam melatih beberapa siswa SMA atau SMP yang bertarung di ajang peneliti belia seperti di atas. Sesuai dengan bidang keahlian bapak Dr. Hazrul Iswadi di bidang matematika maka siswa SMA atau SMP yang dilatih tersebut melakukan penelitian yang berkaitan dengan matematika, baik itu penelitian yang sangat teoritis atau aplikatif. Berikut beberapa siswa yang dilatih oleh bapak Dr. Hazrul Iswadi yang memperoleh medali emas, perak, atau perunggu pada ajang penelitian nasional dan internasional yang mereka ikuti.

1. Mikhael Chandra Arta (alumnus SMA St. Hendrikus Surabaya, dan sekarang menjadi mahasiswa TI Ubaya Angkatan 2016)

a.   Pemenang medali perunggu Lomba Peneliti Belia 2014 tingkat nasional untuk kategori penelitian Matematika di Jakarta dengan judul penelitian: Simple Addition in Pascal Triangle Form Applied in “Call-in Card Game”.

b.   Pemenang medali emas dan perak di ajang Asia Pasific Conference for Young Scientists (APCYS) 2015 di Kuala Lumpur Malaysia dengan judul penelitian: Fairness on Call-In Card Game.

2. Stefanus Gusega Gunawan (siswa SMAN 5 Surabaya)

Pemenang medali perak Lomba Peneliti Belia 2016 tingkat nasional untuk kategori penelitian matematika di Jakarta dengan judul penelitian: The New Generalization Formulas on Telescoping Series.
Last Updated ( Monday, 19 December 2016 11:18 )