Teknik Industri Universitas Surabaya

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Berita Bawa pulang lagi piala dari NSCE

Bawa pulang lagi piala dari NSCE

E-mail Print PDF
Mengulang sukses dari tiga kali keikutsertaan sebelumnya, para mahasiswa Teknik Industri Universitas Surabaya kembali berprestasi dalam National Statistics Competition for Engineering (NSCE) 2010. NSCE merupakan ajang kompetisi tingkat nasional di bidang statistika bagi para mahasiswa teknik industri yang setiap tahun diadakan di Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung. Tahun ini TI Ubaya mengirimkan tiga tim untuk bersaing dengan 18 tim lainnya dari 14 perguruan tinggi negeri dan swasta ternama di Indonesia seperti ITB, ITS, Trisakti, Atmajaya, IT Telkom dan lain-lain, di samping tim dari tuan rumah Unpar. Dari tiga tim tersebut, seluruhnya berhasil lolos ke babak seminifal. Dua tim kemudian menembus babak final dan akhirnya tim yang dimotori Ferry Setiawan, Lita Meliana, dan Ardianto Harry Triputra, berhasil keluar sebagai Juara II. Prestasi ini menyamai prestasi sebelumnya pada tahun 2009).

Tahapan kompetisi dibagi menjadi tiga, yaitu babak penyisihan, babak semifinal dan babak final. Soal-soal essay, multiple choice dan betting (taruhan skor nilai) harus diselesaikan oleh peserta dalam babak penyisihan. Pada babak semifinal, peserta akan berhadapan secara langsung dalam kompetisi cerdas cermat antar-tim. Tantangan terberat adalah babak final, di mana peserta harus menyelesaikan studi kasus nyata menggunakan metode-metode statistika yang paling tepat serta menguji kemampuan untuk menggunakan software Minitab dan mempresentasikan hasilnya di depan dewan juri. Ditanya kesan-pesannya selama mendampingi mahasiswa dalam acara ini, dosen TI Ubaya M. Arbi Hadiyat mengutarakan, seharusnya komposisi juri lebih netral karena dengan 3 dari 5 atau 60% juri berasal dari tuan rumah tentu akan sangat menguntungkan tim tuan rumah. “Tapi tidak apa-apa, yang penting terlihat hanya tim tuan rumah yang bisa mengalahkan anak-anak,” pungkasnya sambil tertawa.

Tahun 2010 ini adalah yang ke-4 kalinya kompetisi ini diadakan. Pada pelaksanaan NSCE pertama tahun 2005) Ubaya memenangkan Juara II, dan berhasil memboyong Juara I dan Juara III pada NSCE kedua tahun 2006). Setelah dua tahun vakum, NSCE ketiga kembali diadakan tahun 2009.

Last Updated ( Saturday, 18 December 2010 15:02 )