Teknik Industri Universitas Surabaya

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home KSM TI

KSM TI

E-mail Print PDF
Latar Belakang

KSM-TI (Kelompok Studi Mahasiswa Teknik Industri) Universitas Surabaya adalah organisasi kemahasiswaan yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat fakultas yang memfasilitasi dan menyelenggarakan kegiatan baik dalam bidang akademik maupun dalam bidang non-akademik melalui pengembangan kegiatan penalaran, keilmuan, dan pembelajaran dalam bidang Teknik Industri.

KSM-TI didirikan pada tahun 1999. Sebelum menjadi Kelompok Studi Mahasiswa, organisasi kemahasiswaan ini bernama Himpunan Mahasiswa Teknik Manajemen Industri yang didirikan pada tahun 1991. Perubahan dari HM-TMI menjadi KSM-TI membawa perubahan lingkup kegiatan ormawa dari Jurusan menjadi lingkup Fakultas.

Visi

Mewujudkan KSM-TI yang menginspirasi setiap individu di dalamnya dan di lingkungan sekitarnya

Misi
  • Memberikan pembekalan dan memperkaya wawasan mengenai ilmu teknik industri serta penerapannya bagi mahasiswa
  • Menjalin hubungan yang sinergis antara setiap anggota dalam KSM TI dengan anggota lainnya, dengan dosen pengajar TI, dengan mahasiswa TI, dan dengan lingkungan sekitarnya
  • Mengembangkan potensi diri mahasiswa yang unggul dan meningkatkan kinerja dengan menjunjung tinggi profesionalitas, integritas, dan prinsip kekeluargaan

Kegiatan

Studi Ekskursi

Studi ekskursi adalah kegiatan pembelajaran mahasiswa melalui kunjungan perusahaan. Melalui kegiatan ini mahasiswa dapat melihat secara langsung baik proses produksi, sistem pendistribusian, dan penyimpanan produk peusahaan, serta sistem lainnya. Mahasiswa dapat lebih memahami aplikasi ilmu Teknik Industri dalam dunia perindustrian. Dengan adanya kegiatan Studi Ekskursi, mahasiswa akan mendapat pembekalan sebelum terjun ke dunia kerja dibidang perindustrian nantinya.


 

 







Home Industry Visit

Home Industry Visit adalah kegiatan mahasiswa khususnya Teknik Industri dengan mengadakan kunjungan Industri Rumahan. Berbeda dengan kunjungan pabrik pada umumnya, Home Industry  Visit lebih memberi pemahaman mahasiswa cara berwirausaha dalam skala kecil maupun besar. Mahasiswa juga lebih memahami cara memproduksi baik manual maupun menggunakan mesin skala kecil. Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa  dapat meningkatkan jiwa entrepreneur dan pemahaman aplikasi ilmu teknik industri dalam praktiknya.











Welcome Party


Welcome Party
merupakan acara penyambutan bagi para mahasiswa baru Teknik Industri Universitas Surabaya yang bertujuan untuk memperkenalkan jurusan Teknik Industri UBAYA. Selain itu, acara ini juga bertujuan mengakrabkan antar para mahasiswa baru, dan antara mahasiswa baru dengan para dosen serta senior.


 

 






ISU (Industrial Speak Up)

ISU atau Industrial Speak Up adalah sebuah acara yang bertujuan memberi kesempatan pada mahasiswa untuk menyampaikan aspirasi dan saran mengenai perkuliahan dan mempererat hubungan mahasiswa dan dosen. Acara ini diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa Teknik Industri Universitas Surabaya. Acara ini dilakukan setiap semester. Acara ini diadakan dengan santai sehingga mahasiswa lebih leluasa untuk menyampaikan aspirasi dan sarannya. Selain itu, dalam acara ISU terdapat pembagian penghargaan bagi peraih nilai tertinggi pada mata kuliah tertentu dan peraih Index Prestasi tertinggi.






 

 



Bursa Soal


KSM TI menyediakan kumpulan soal yang bertujuan untuk memberi pemantapan materi kuliah pada mahasiswa Teknik Industri Universitas Surabaya. Kumpulan soal ini adalah kumpulan soal dan jawaban Ujian  Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) yang di-update setiap semesternya. Bursa Soal dilakukan pada 2 tahap yaitu pemesanan dan pengambilan Bursa Soal yang dibuka pada suatu periode tertentu pada setiap semester.

 











Industrial Games

Industrial Games merupakan lomba yang diperuntukkan bagi siswa SMA se-Indonesia dan bertujuan memperkenalkan permasalahan-permasalahan yang terjadi di dunia industri serta aplikasi disiplin ilmu Teknik Industri dalam mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Acara ini telah dimulai sejak tahun 1991 dan rutin diselenggarakan setiap tahun hingga saat ini.





 

 




Pelepasan Wisuda

Pelepasan Wisuda diselenggarakan untuk memberikan kenangan yang tak terlupakan kepada para wisudawan sebelum mereka memasuki dunia kerja. Acara ini juga merupakan proses pelantikan bagi mahasiswa yang telah berhasil menempuh seluruh kegiatan perkuliahan di jurusan Teknik Industri Universitas Surabaya.






 

 





Industrial Quiz

Industrial Quiz merupakan kompetisi bagi mahasiswa Teknik Industri Universitas Surabaya dari seluruh angkatan. Acara ini diselenggarakan untuk melihat bagaimana pemahaman mahasiswa Teknik Industri Ubaya terhadap ilmu Teknik Industri yang selama ini dipelajari oleh mereka. Hal-hal tersebut dikemas dalam konsep yang unik dengan perlombaan permainan dan kuis.
 

 







Trade Camp

Trade Camp (Training and Development Camp) ini diadakan bagi anggota KSM TI untuk membentuk karakter sebagai anggota KSM TI dan mengakrabkan anggota KSM TI satu sama lain. Kegiatan ini juga diharapkan mampu membuat setiap anggota KSM TI mampu menjalankan tugas dengan baik serta bertanggung jawab dengan mengacu pada nilai-nilai organisasi yang ada pada KSM TI dan telah menjadi budaya dalam KSM TI.

 









Kesekretariatan

Alamat Sekretariat     : Gedung TF 3.6, Universitas Surabaya, Jl. Raya Kalirungkut (Tenggilis), Surabaya
Email                        : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
Email                        : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

 


Last Updated ( Wednesday, 04 February 2015 16:45 )