Teknik Industri Universitas Surabaya

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Laboratorium Engineering Mgmt.

Lab. Engineering Management

E-mail Print PDF

Lab. Engineering Management (EM) bergerak pada aplikasi dan pengembangan prinsip-prinsip “engineering” untuk mengidentifikasi, menganalisis, merancang dan memecahkan permasalahan manajemen pada saat memperkenalkan dan/atau mengembangkan produk/jasa (inovasi). Semua proses tersebut dilakukan melalui cara yang efisien dan efektif. Fokus dari Lab. EM termasuk interpretasi kebutuhan konsumen terhadap produk/jasa, mengembangkan spesifikasi produk/jasa, merancang upaya-upaya sistemik dan terintegrasi agar produk/jasa dapat diterima oleh konsumen serta mempersiapkan upaya sertifikasi produk inovasi yang dirancang (paten).

Konsentrasi utama yang dikelola oleh Lab. EM adalah Technopreneurships. Tim yang tergabung di dalam laboratorium ini berupaya untuk memberikan pembekalan yang optimal kepada para mahasiswa bagaimana memberdayakan teknologi secara efektif dan efisien guna menciptakan calon-calon pengusaha (entrepreneur). Beberapa mata kuliah unggulan di bawah pengelolaan Lab. EM mencakup identifikasi peluang bisnis, e-business, aplikasi bisnis, perencanaan industri. Selain itu, laboratorium ini juga mengelola beberapa disiplin yang berkaitan dengan human factors engineering/ergonomi, dan juga aspek manajemen organisasi dan manajemen sumber daya manusia. Secara esensial, segala sumber daya yang meliputi human, machine, environment dan beberapa sumber lainnya dikelola untuk menciptakan produktivitas serta mempertajam unsur entrepreneurship.

Ada beberapa penelitian yang menjadi fokus di Lab. EM. Secara garis besar, topik riset yang dikelola dan dipublikasikan meliputi bidang Ergonomi, Manajemen Pemasaran, Time Study & Work Measurement, Studi Kelayakan Bisnis serta Keselamatan Kerja. Beberapa topik penelitian yang sekarang lagi dalam proses pengerjaan meliputi: studi kelayakan pendirian beberapa usaha kreatif, perancangan alat bantu anak berkebutuhan khusus, penerapan Kansei Engineering & Customer Relationship Management di industri jasa, aplikasi TRIZ method untuk service innovation dan pengukuran inovasi di perusahaan.

Beberapa hasil karya ilmiah dari Lab. EM ini telah dipublikasikan di beberapa seminar nasional dan internasional, dan beberapa jurnal ilmiah internasional seperti International Journal of Industrial Ergonomics (Elsevier), Ergonomics (Francis & Taylor), International Journal of Human Factors and Ergonomics (Inderscience), IEEE Explore.

Beberapa staf pengajar dan peneliti yang tergabung dalam Lab. EM memiliki kompetensi yang memadai di bidangnya. Mereka memiliki latar belakang disiplin/keilmuan Teknik Industri dan memperoleh gelar akademis dari perguruan tinggi di dalam dan luar negeri yang bereputasi tinggi, seperti: Loughborough University, UK; Fachhochschule Nuertingen, France; TU Delft, Netherlands; National University of Singapore, Singapore; Institut Teknologi Bandung, Bandung; dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Lab./research coordinator: Markus Hartono, S.T., M.Sc., Ph.D., CHFP
Research teams: Gunawan, S.Si, MBA, Ph.D; Esti Dwi Rinawiyanti S.T., MBA; Zulaicha Parastuty, S.T., M.Sc., Ir. Benny Lianto, M.MBA.T; Rosita Meitha, S.T., M.T.; Linda Herawati Gunawan, S.T., M.T., Aloysius Sujarwadi, S.T., MMT

 

Last Updated ( Friday, 07 March 2014 13:40 )