Teknik Industri Universitas Surabaya

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Perkuliahan Kerja Praktik II

Kerja Praktik II

E-mail Print PDF

PANDUAN KERJA PRAKTIK II (63B081)

Format Kerja Praktik II (KP II) yang dalam Kurikulum 2010 adalah magang. Saat ini format magang umum diterapkan dan dibutuhkan di industri. Dengan magang maka diharapkan mahasiswa dapat tinggal di perusahaan dan melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi perusahaan tersebut. Sehingga mahasiswa dapat mengetahui dan mengalami aplikasi nyata dari materi perkuliahan yang didapatkan. Dengan demikian maka didefinisikan magang adalah mahasiswa terlibat dalam proses kerja di perusahaan sebagai latihan dalam proses pemecahan masalah. Dalam pelaksanaannya mahasiswa mengalami apa yang dilakukan perusahaan dan menghadapi kondisi nyata.  Apabila mahasiswa bisa memberikan usulan perbaikan atau penyelesaian masalah, maka itu merupakan nilai tambah, namun bukan suatu keharusan.

 Prasyarat KP II minimal 109 sks. Surat tugas KP II akan dikeluarkan setelah mahasiswa secara resmi telah mengambil 109 sks (dibuktikan dengan KHS). Begitupun dengan bimbingan formal. Proposal KP II bisa didiskusikan dengan dosen pembimbing setelah syarat ini dipenuhi.

 Tujuan KP II ialah memahami kesesuaian, menerapkan, dan menganalisis konsep dan teori pada kondisi riil dalam suatu organisasi manufaktur, jasa, atau pemerintahan.

 Ruang lingkup KP II

Tempat: suatu organisasi manufaktur, jasa atau pemerintahan

Durasi: minimum 96 jam di organisasi

Perhitungan durasi mengacu pada pertimbangan bahwa sks untuk KP II di kurikulum 2010 adalah 2 sks. Berdasarkan perhitungan bahwa 1 sks setara dengan 3 jam praktikum dan dilaksanakan selama 16 minggu (14x pertemuan perkuliahan, 1x UTS, 1x UAS), maka didapatkan hasil 2 x 3 x 16 = 96 jam. Oleh karena itu lama KP II adalah minimal 96 jam. Boleh lebih sesuai dengan kebutuhan perusahaan, tetapi tidak boleh kurang. Pelaksanaannya boleh full day, setengah hari, atau beberapa hari dalam seminggu, sesuai kesepakatan antara perusahaan dan mahasiswa yang magang. Hal tersebut memungkinkan KP II bisa dilakukan selama semester berjalan, tidak hanya pada liburan semester saja.

 Skala organisasi: usaha kecil, menengah, dan besar menurut standar UMKM Departemen Perindustrian. Skala ini perlu dicermati oleh dosen pembimbing pada saat konsultasi maupun persetujuan proposal KP II, untuk menghindari dipilihnya organisasi/usaha kecil/rumah tangga, di mana mahasiswa seolah-olah bekerja di organisasi tersebut.

 Anggota kelompok KP II

Tiap kelompok terdiri dari 2 mahasiswa, dengan pertimbangan bahwa mahasiswa lebih fokus kepada pekerjaan yang dihadapi dan tidak menyusahkan perusahaan untuk menyediakan bagian/pekerjaan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa yang magang. Bila perusahaan menghendaki lebih dari 2 orang dan dari pertimbangan dosen pembimbing memang pekerjaan membutuhkan 2 orang, maka diperkenankan ada 2 kelompok yang magang di perusahaan tersebut. Penilaian ruang lingkup pekerjaan dan kepantasannya sesuai dengan berapa orang mahasiswa, akan dilakukan oleh dosen pembimbing.

Prosedur KP II

1.      Mahasiswa input matakuliah Kerja Praktik II saat perwalian dengan syarat telah mencapai minimum 109 sks.

2.      Mahasiswa membentuk tim yang beranggotakan 2 (dua) orang dan mencari perusahaan/instansi untuk tempat magang Kerja Praktik II serta melakukan pengamatan awal.

3.      Tim mahasiswa menyusun Proposal Kerja Praktik II sesuai Format Proposal Kerja Praktik II.

4.      Tim mahasiswa mengisi Form Pengajuan Kerja Praktik II.

5.      Tim mahasiswa meminta penetapan dosen pembimbing Kerja Praktik II ke Ketua Jurusan dengan membawa (a) Proposal Kerja Praktik II, (b) Form Pengajuan Kerja Praktik II dan (c) Fotocopy KHS dengan minimum SKS Kumulatif: 109 sks.

6.      Ketua Jurusan menetapkan dosen pembimbing Kerja Praktik II untuk tim ybs dengan menuliskan nama dosen pembimbing pada Form Pengajuan Kerja Praktik II.

7.      Tim mahasiswa mendiskusikan Proposal Kerja Praktik II dengan dosen pembimbing yang ditentukan dan meminta persetujuan dosen pembimbing pada Form Pengajuan Kerja Praktik II.

8.      Tim mahasiswa menyerahkan: (a) Form Pengajuan Kerja Praktik II yang telah ditandatangani dosen pembimbing, (b) Fotocopy KHS dengan minimum SKS Kumulatif: 109 sks dan (c) Fotocopy Kartu Studi (KS) yang mencantumkan Kerja Praktik II (jika sudah ada) ke Petugas Administrasi Jurusan (PAJ).

9.      PAJ mengeluarkan Surat Permohonan Kerja Praktik II untuk perusahaan/instansi.

10.  Tim mahasiswa mendiskusikan Proposal Kerja Praktik II ke pembimbing perusahaan/instansi dengan membawa (a) Surat Permohonan Kerja Praktik II dan (b) Proposal Kerja Praktik II.

11.  Jikalau pembimbing perusahaan/instansi telah menyetujui Proposal Kerja Praktik II, maka Tim mahasiswa meminta tandatangan pembimbing perusahaan/instansi dan stempel perusahaan pada Proposal Kerja Praktik II.

12.  Tim mahasiswa membawa Proposal Kerja Praktik II yang telah disetujui pembimbing perusahaan/instansi ke dosen pembimbing untuk meminta persetujuan.

13.  Tim mahasiswa menyerahkan Proposal Kerja Praktik II yang telah disetujui oleh kedua pembimbing ke PAJ.

14.  PAJ menerbitkan dan menyerahkan (a) Surat Tugas Pembimbing Kerja Praktik II dan (b) Kartu Bimbingan Kerja Praktik II untuk kedua pembimbing ke Tim mahasiswa.

15.  Bagi mahasiswa yang belum menyerahkan Fotocopy KS, jikalau KS telah terbit, mahasiswa wajib menyerahkan Fotocopy KS yang berisi matakuliah Kerja Praktik II ke PAJ agar nilai Kerja Praktik II dapat diproses.

16.  Tim mahasiswa menyerahkan (a) Surat Tugas Pembimbing Kerja Praktik II dan (b) Kartu Bimbingan Kerja Praktik II kepada kedua pembimbing, melaksanakan magang di perusahaan/instansi minimum 96 jam dan sesuai Proposal Kerja Praktik II, serta mengisi Kartu Bimbingan Kerja Praktik II dan meminta persetujuan kedua pembimbing.

17.  Dosen pembimbing mendampingi Tim mahasiswa melakukan kunjungan ke perusahaan/instansi tempat Kerja Praktik II yang berlokasi di Surabaya dan sekitarnya minimal 1 (satu) kali selama masa bimbingan Kerja Praktik II. 

18.  Jikalau Tim mahasiswa telah selesai melaksanakan dan menyusun Draft Laporan Kerja Praktik II, maka Tim mahasiswa meminta persetujuan Ujian Kerja Praktik II dengan  meminta tanda tangan kedua pembimbing pada Kartu Bimbingan Kerja Praktik II.

19.  Tim mahasiswa berkoordinasi dengan kedua pembimbing untuk menentukan jadwal dan lokasi ujian Kerja Praktik II.

20.  Tim mahasiswa menyerahkan Kartu Bimbingan Kerja Praktik II yang telah disetujui kedua pembimbing serta menginformasikan jadwal dan lokasi ujian kepada PAJ.

21.  PAJ menerbitkan Surat Pengantar Ujian Kerja Praktik II dan Form Penilaian Kerja Praktik II untuk kedua pembimbing dan diserahkan kepada Tim mahasiswa.

22.  Tim mahasiswa menyerahkan (a) Surat Pengantar Ujian Kerja Praktik II, (b) Form Penilaian Kerja Praktik II dan (c) Draft Laporan Kerja Praktik II (tanpa hard cover) kepada kedua pembimbing.

23.  Pada saat jadwal ujian Kerja Praktik II, PAJ menyiapkan Berita Acara Perbaikan dan Honor Kerja Praktik II.

24.  Ujian Kerja Praktik II berupa presentasi dan tanya jawab dilakukan dihadapan kedua pembimbing dan pembimbing mengisi revisi yang diminta pada Berita Acara Perbaikan.

25.  Setelah ujian Kerja Praktik II, kedua dosen pembimbing menyerahkan (a) Draft Laporan Kerja Praktik II dan (b) Berita Acara Perbaikan ke Tim mahasiswa, serta menyerahkan Form Penilaian Kerja Praktik II ke PAJ.

26.  Tim mahasiswa melakukan revisi Laporan Kerja Praktik II sesuai Berita Acara Perbaikan dan meminta persetujuan kedua pembimbing pada Berita Acara Perbaikan.

27.  Tim mahasiswa meminta persetujuan dosen pembimbing pada Laporan Kerja Praktik II yang telah dijilid hard cover minimal 2 (dua) buku.

28.  Tim mahasiswa meminta persetujuan pembimbing perusahaan/instansi dan stempel perusahaan/instansi ybs pada Laporan Kerja Praktik II yang telah ditandatangani oleh dosen pembimbing dan menyerahkan 1 (satu) buku Laporan Kerja Praktik II tersebut.

29.  Tim mahasiswa menyerahkan (a) Berita Acara Perbaikan yang telah disetujui kedua pembimbing, dan (b) CD Laporan Kerja Praktik II ke PAJ, dan meminta Form Penyerahan Laporan Kerja Praktik II.

30.  Tim mahasiswa menyerahkan 1 (satu) buku Laporan Kerja Praktik II yang telah ditandatangani kedua pembimbing dan meminta persetujuan pada Form Penyerahan Laporan Kerja Praktik II ke petugas perpustakaan.

31.  Form Penyerahan Laporan Kerja Praktik II yang telah ditandatangani petugas perpustakaan digunakan untuk salah satu syarat pengurusan SK Kelulusan.

Proposal KP II

Seperti halnya TA, kelompok KP II wajib membuat proposal yang akan diterima setelah mendapat persetujuan dari  pembimbing perusahaan & dosen pembimbing.

 

Format Proposal KP II

1.      Judul, Nama, NRP, Tempat, Sektor organisasi

2.      Latar belakang:

¡  Mengapa mahasiswa memilih topik sesuai dengan judul di organisasi tempat KP II akan dilaksanakan

¡  Sejarah organisasi

3.      Ruang lingkup:

¡  Apa yang akan diamati di organisasi selama KP II

¡  Di bagian/departemen apa KP II akan dilakukan

¡  Observasi meliputi apa saja

 

4.      Manfaat

¡  Bagi mahasiswa

¡  Bagi perusahaan

5.      Tinjauan pustaka (sesuai dengan topik dan ruang lingkup)

6.      Langkah-langkah pelaksanaan KP II dan flow chart

7.      Daftar pustaka

8.      Rencana dan jadwal kerja (dalam bentuk Gantchart) untuk menunjukkan aktivitas mahasiswa per kunjungan

9.      Pengesahan

¡  Sebelah kiri tanda tangan dosen pembimbing

¡  Sebelah kanan tanda tangan pembimbing perusahaan plus stempel organisasi

 

 

Terdapat Term of Condition  KP II yang dilampirkan di surat permohonan untuk organisasi (setelah proposal KP II disetujui).

 

Term of Condition KP II

 

1.      Organisasi menyediakan satu orang pembimbing yang mempunyai kompetensi sesuai dengan topik dan ruang lingkup yang akan dibahas atau diamati oleh mahasiswa selama KP II.

2.      Organisasi memfasilitasi proses KP II selama periode pelaksanaan sesuai dengan yang telah disepakati di proposal.

3.      Organisasi memberikan nilai KP II sesuai kinerja yang ditunjukkan mahasiswa selama pelaksanaan KP II.

4.      Mahasiswa bersedia mengikuti aturan organisasi di mana KP II dilakukan.

5.      Mahasiswa wajib bersikap santun dan membawa nama baik Universitas Surabaya.

6.      Mahasiswa menjamin bahwa data yang dicantumkan di laporan KP II adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

7.      Jurusan menugaskan satu orang dosen pembimbing yang memiliki kompetensi sesuai dengan topik dan ruang lingkup yang akan dibahas atau diamati oleh mahasiswa selama KP II.

8.      Jurusan memberikan apresiasi finansial kepada pembimbing organisasi yang akan disampaikan setelah ujian KP II selesai.

9.      Jurusan dapat menggunakan laporan KP II untuk keperluan internal civitas akademika Universitas Surabaya. 

 

Menyetujui

 

 

 

 

   Mahasiswa                                         Organisasi                                   Ketua Jurusan

(tanda tangan)                               (tanda tangan + stempel)          (tanda tangan + stempel)

 

 

Laporan KP II

a.       Hardcopy: untuk Perusahaan dan Perpustakaan

b.      Softcopy (CD): untuk Jurusan diarsip dan dibuatkan database, dihandle oleh PAJ. Format sampul CD disamakan berisi judul KP II, nama, NRP, tahun. Dalam CD terdapat file laporan dan file presentasi.

 

Format Laporan KP II (ada di file Format Laporan KP II)

 

Batas maksimum laporan KP II adalah 2 semester, terhitung sejak terbit surat tugas.

 

Mekanisme penilaian

o   Lulus minimum C

o   Syarat kelulusan: bimbingan tatap muka ke dosen pembimbing dan pembimbing perusahaan minimal 4x

o   Minimal kehadiran 96 jam terpenuhi

o   Prosentasi nilai 50%-50% antara pembimbing perusahaan dan dosen pembimbing

 

Kriteria penilaian

1.      Substansi (materi KP II), nilai kelompok (dinilai oleh 2 pembimbing)

2.      Manfaat (kontribusi KP II pada organisasi), nilai kelompok (dinilai oleh 2 pembimbing)

3.      Bimbingan (kemandirian, berpikir logis, keuletan, proses interaktif), nilai individu (dinilai oleh 2 pembimbing)

4.      Presentasi dan diskusi (presentasi: nilai kelompok dan diskusi: nilai individu) (dinilai oleh 2 pembimbing)

5.      Sistematika laporan KP II (kesesuaian format dan kerapian), nilai kelompok (dinilai dosen pembimbing)

 

ž  Nilai minimum setiap kriteria adalah C, sehingga jika terdapat 1 kriteria yang mendapat nilai dibawah C mahasiswa ybs dinyatakan tidak lulus KP II.

 

ž  Pengertian nilai dibawah C/tidak lulus adalah tidak dapat menunjukkan performansi minimal yang disyaratkan pada nilai C di masing-masing kriteria.

 

Bobot Kriteria Penilaian

KRITERIA

BOBOT (%)

DOSEN PEMBIMBING (%)

PEMBIMBING PERUSAHAAN (%)

SUBSTANSI

25

15

10

MANFAAT

25

5

20

BIMBINGAN

15

7.5

7.5

PRESENTASI

10

5

5

DISKUSI

15

7.5

7.5

SISTEMATIKA LAPORAN

10

10

0

TOTAL

100

50

50

 

ž  Penilaian KP II akan berfokus pada tiga hal: pemahaman (understanding), penerapan (application), dan analisis (analysis). Hal tersebut juga mengacu pada kompetensi yang diharapkan tercapai melalui KP II.

 

1. Penilaian Substansi

ž  Nilai A

¡  kelompok KP II mampu memahami seluruh proses kerja organisasi sesuai dengan ruang lingkup KP II dengan baik

¡  kelompok KP II mampu memberikan usulan penerapan dengan mempertimbangkan semua konsep dan teori terkait pada kondisi riil sesuai dengan ruang lingkup KP II secara benar

¡  kelompok KP II mampu menganalisis penerapan konsep dan teori terkait pada kondisi riil sesuai dengan ruang lingkup KP II

Catatan: Ruang lingkup sesuai dengan yang disepakati di proposal KP II

ž  Nilai B

¡  kelompok KP II mampu memahami seluruh proses kerja organisasi sesuai dengan ruang lingkup KP II dengan baik

¡  kelompok KP II mampu memberikan usulan penerapan dengan mempertimbangkan sebagian besar  konsep dan teori pada kondisi riil sesuai dengan ruang lingkup KP II secara benar

¡  kelompok KP II mampu menganalisis penerapan konsep dan teori pada kondisi riil sesuai dengan ruang lingkup KP II.

ž  Nilai C

¡  kelompok KP II mampu memahami seluruh proses kerja organisasi sesuai dengan ruang lingkup KP II dengan baik

¡  kelompok KP II mampu memberikan usulan penerapan dengan mempertimbangkan beberapa konsep dan teori pada kondisi riil sesuai dengan ruang lingkup KP II secara benar

¡  kelompok KP II mampu menganalisis penerapan konsep dan teori pada kondisi riil sesuai dengan ruang lingkup KP II

 

2. Penilaian Manfaat

ž  Nilai A: kelompok KP II mampu memberikan kontribusi melebihi harapan perusahaan seperti tercantum dalam proposal yang telah disetujui (delighted)

ž  Nilai B: kelompok KP II mampu memberikan kontribusi sesuai harapan perusahaan seperti tercantum dalam proposal yang telah disetujui (satisfy)

ž  Nilai C: kelompok KP II belum mampu memberikan kontribusi sesuai harapan perusahaan seperti tercantum dalam proposal yang telah disetujui, namun masih bisa diterima oleh perusahaan (accepted)

 

3. Penilaian Bimbingan

Terdapat 4 kriteria: kemandirian, berpikir logis, keuletan, proses interaktif

ž  Nilai A: mahasiswa memenuhi semua dari 4 kriteria bimbingan dengan baik

ž  Nilai B: mahasiswa memenuhi 3  kriteria bimbingan dengan baik

ž  Nilai C: mahasiswa memenuhi 2 kriteria bimbingan dengan baik

 

4. Penilaian Presentasi

ž  Nilai A: kelompok KP II mampu menyajikan dan mengkomunikasikan hasil KP II secara lisan dan tulisan dengan sangat baik (informatif, menarik, kreatif, tutur bahasa)

ž  Nilai B: kelompok KP II mampu menyajikan dan mengkomunikasikan hasil KP II secara lisan dan tulisan dengan baik (salah satu dari 4 kriteria diatas tidak terpenuhi)

ž  Nilai C: kelompok KP II mampu menyajikan dan mengkomunikasikan hasil KP II secara lisan dan tulisan dengan cukup baik (hanya 2 kriteria yang terpenuhi)

 

5. Penilaian Diskusi

ž  Nilai A: mahasiswa mampu memberikan argumentasi yang relevan, konstruktif dan terbuka

ž  Nilai B: : mahasiswa mampu memberikan argumentasi yang relevan, konstruktif atau terbuka

ž  Nilai C: : mahasiswa mampu memberikan argumentasi yang relevan

 

6. Penilaian Sistematika Penulisan

ž  Nilai A: kelompok KP II mampu membuat laporan sesuai dengan format dan kerapian yang sangat baik (redaksional sesuai dengan standar penulisan KP II)

ž  Nilai B: kelompok KP II mampu membuat laporan sesuai dengan format dan kerapian yang cukup baik (masih terdapat kesalahan redaksional)

ž  Nilai C: kelompok KP II mampu membuat laporan sesuai dengan format dan kerapian yang kurang baik (terdapat kesalahan redaksional yang signifikan)

 

LAIN-LAIN

q  Jurusan membantu penyediaan organisasi untuk KP II dengan membuat database dan  menjalin relasi dengan organisasi yang bersedia menjadi tempat magang. Diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkannya. Akan tetapi mahasiswa tetap dihimbau keaktifannya untuk mencari organisasi KP II sendiri.

 

q  Dosen pembimbing

-          Mempunyai kompetensi sesuai ruang lingkup KP II

-          Database bimbingan KP II dikelola oleh Ketua Jurusan

-          Ketua Jurusan yang akan mengesahkan dosen bimbingan yang diajukan oleh mahasiswa

 

q  Briefing KP II (bila perlu). Sebelum melaksanakan KP II mahasiswa diharapkan mempunyai karakter yang baik untuk diterapkan di organisasi, antara lain: (berdasarkan survey CAC) mampu bekerja sama dalam tim, terampil berkomunikasi dengan baik, mempunyai sikap yang positif, disiplin, jujur, dan mempunyai etika kesopanan.

 

q  Form bimbingan KP II

-          Dibuat dua, satu untuk pembimbing perusahaan dan satu untuk dosen pembimbing.

-          Form bimbingan KP II akan dipegang dan disimpan oleh para pembimbing, supaya dapat memantau keaktifan bimbingan dan kemajuan dari mahasiswa yang melaksanakan KP II (semacam process record).

-          Ukuran kertas A5 dan dibuat bolak-balik

 

q  Form evaluasi KP II. Dibuat 2, untuk perusahaan dan mahasiswa.

Last Updated ( Saturday, 06 August 2011 12:39 )