Teknik Industri Universitas Surabaya

 
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Tentang Kami

Tentang Kami

E-mail Print PDF

Aspek yang membedakan TI dari disiplin ilmu teknik yang lainnya terletak pada feksibilitas yang ditawarkan. Apakah mengevaluasi kelayakan suatu investasi, merancang struktur organisasi dan aliran informasi yang dibutuhkan oleh manajemen, mendistribusikan produk ke manca negara, atau memproduksi otomobil yang superior, semuanya mencirikan tujuan yang sama untuk menghemat uang milik perusahaan dan meningkatkan efisiensi.

Seiring dengan perusahaan mengadopsi filosofi manajemen tentang peningkatan produktivitas dan kualitas yang berkesinambungan untuk dapat bertahan di tengah persaingan pasar global yang semakin meningkat maka kebutuhan akan sarjana-sarjana teknik industri terus berkembang. Karena sarjana teknik industri adalah satu-satunya profesional di bidang teknik yang dididik sebagai spesialis dalam peningkatan produktivitas dan kualitas.

Sarjana teknik industri menitikberatkan pada bagaimana melakukan sesuatu lebih baik. Mereka merekayasa proses dan sistem yang meningkatkan kualitas dan produktivitas. Mereka bekerja untuk menghilangkan pemborosan waktu, uang, material, energi dan komoditas lainnya. Yang terpenting dari semuanya, sarjana teknik industri menghemat penggunaan uang milik perusahaan. Itulah sebabnya dari hari ke hari semakin banyak perusahaan yang merekrut sarjana teknik industri dan mempromosikannya pada posisi manajemen tertentu.

Mengapa TI UBAYA?

Mutu telah diakui secara nasional, terbukti TI UBAYA mendapatkan akreditasi A sejak tahun 1998 hingga sekarang (satu-satunya TI di Indonesia Timur, berdasarkan penilaian BAN-PT), sebagai pemenang kompetisi hibah TPSDP pada tahun 2001-2005 (TI pertama di Indonesia) dan hibah A3 pada tahun 2007-2010 (satu-satunya TI di Indonesia). Dengan hibah tersebut TI UBAYA mendapatkan dana untuk melakukan perbaikan di berbagai bidang, dan secara terus menerus dinilai kinerjanya, yang berasal dari input mahasiswa dan keefektifan program.
 

  • 70% lulusan Teknik Industri UBAYA segera memperoleh pekerjaan setelah menyelesaikan studinya di UBAYA. Selain itu, UBAYA juga membantu para lulusannya dengan membentuk Career Assistance Center (CAC) yaitu lembaga yang membantu pihak industri yang membutuhkan lulusan dari UBAYA.
  • Kurikulum disusun dengan pendekatan competency-based approach, yakni kurikulum yang dirancang menurut kebutuhan riil dunia kerja.
  • Mahasiswa TI UBAYA telah memenangkan berbagai kompetisi nasional (lihat Berita) dengan bimbingan para dosen
  • Fasilitas TI dan UBAYA yang lengkap, baik dalam hal akademik maupun non akademik
  • Dosen berasal dari universitas terkemuka di Indonesia maupun luar negeri, dengan kemauan untuk memperbaharui pengetahuan dan wawasannya.
  • Beban studi 144 sks, dengan kemungkinan menyelesaikan kuliah kurang dari 8 semester (lihat Alumni)
  • Proses pembelajaran dan pendidikan tidak hanya ditujukan pada peningkatan pengetahuan dan ketrampilan, tetapi juga diarahkan pada pembentukan karakter danjiwa kewirausahaan yang bercirikan kemandirian dan kreativitas.

Prospek Kerja

Prinsip dasar dari disiplin TI yang luas bersifat fleksibel, berpengaruh pada luasnya bidang pekerjaan lulusan TI.

Sektor Manufaktur: Production Planning and Inventory Control Manager, Quality Control Manager, Assurance Manager, Warehouse Manager, Factory Manager dll
 
Sektor Jasa: Operational System Analysis (banking), Hospital Manager, Hotel Manager, Airlines Manager, Consultant
Last Updated ( Wednesday, 13 February 2008 14:01 )