Kunjungan Siswa SMA Little Sun Surabaya ke TI UBAYA ti May 20, 2024

Kunjungan Siswa SMA Little Sun Surabaya ke TI UBAYA

Pada hari Jumat, 26 April 2024, Program Studi (Prodi) Teknik Industri (TI) Universitas Surabaya (UBAYA) menerima kunjungan dari siswa-siswi SMA Little Sun Surabaya. Kunjungan ini merupakan bagian dari program kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh Prodi TI UBAYA. Jika sebelumnya dosen-dosen dari Prodi TI UBAYA dan Fakultas Industri Kreatif (FIK) UBAYA yang datang ke SMA Little Sun untuk mengajar Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU), maka kali ini siswa SMA Little Sun yang datang ke UBAYA.

Kunjungan dimulai dari perpustakaan UBAYA. Para siswa diajak berkeliling perpustakaan untuk melihat fasilitas yang tersedia, seperti koleksi buku, ruang baca, dan kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama di lantai 2 perpustakaan. Perjalanan kemudian dilanjutkan ke Lab Protomodel di FIK. Di sini para siswa dapat melihat dan mendapatkan penjelasan mengenai proses pembuatan produk kulit dari kombucha. Demonstrasi ini memberikan wawasan praktis tentang bagaimana inovasi dan teknologi dapat diterapkan dalam industri kreatif, khususnya dalam produksi material ramah lingkungan. Kemudian, para siswa diajak ke UBAYA Sport Center (USC). Para siswa diperkenalkan dengan berbagai fasilitas olahraga yang tersedia di USC, seperti lapangan basket dan lapangan futsal. Beberapa siswa memanfaatkan kesempatan ini untuk bermain basket, sembari menikmati suasana aktif dan menyenangkan di USC.

 

Selanjutnya, para siswa mengunjungi Lab Desain Kerja dan Ergonomi (DKE) untuk mendapatkan pemaparan materi terkait Design Thinking. Materi ini disampaikan oleh dua dosen berpengalaman, yaitu Bapak Argo Hadi Kusumo dari Prodi TI UBAYA dan Bapak Brian Kurniawan dari FIK UBAYA. Dalam sesi ini, para siswa diperkenalkan pada konsep dan metodologi Design Thinking, sebuah pendekatan inovatif yang digunakan untuk memecahkan masalah kompleks secara kreatif dan efisien. Bapak Argo dan Bapak Brian menjelaskan mengenai prototype dan testing, sebagai kelanjutan dari materi sebelumnya tentang emphatize, define, ideate. Selain itu, para siswa mendapatkan penjelasan mengenai eye tracking, salah satu metode yang bisa digunakan untuk testing.

Sesi ini diakhiri dengan foto bersama dengan dosen, guru dan seluruh siswa-siswi SMA Little Sun Surabaya.

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga kunjungannya berkesan dan menyenangkan. (mn & ed)