Presentasi Siswa sebagai Tugas PKWU di Little Sun School ti June 5, 2024

Presentasi Siswa sebagai Tugas PKWU di Little Sun School

Pada hari Senin tanggal 3 Juni 2024, kembali beberapa dosen Program Studi (Prodi) Teknik Industri (TI) dan Fakultas Industri Kreatif (FIK) Universitas Surabaya (UBAYA) mendatangi Little Sun School untuk menuntaskan program mengajar Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) siswa kelas XII. Kali ini, Pak Argo dan Bu Esti dari TI datang bersama Bu Tiffany dari FIK. Setelah di beberapa pertemuan sebelumnya, siswa mendapatkan penjelasan terkait design thinking untuk merancang produk merchandise atau souvenir, maka di pertemuan terakhir ini, siswa mempresentasikan produk yang sudah dirancang.

Salah satu kelompok siswa, Chromosome Production, mempresentasikan produk souvenir yang mereka rancang. Di awal mereka menyebutkan tentang visi dan misi dari tugas kelompok ini. Selanjutnya mereka menjelaskan tahapan rancangan produk mengikuti design thinking secara menyeluruh. Produk yang mereka beri nama Lighthouse adalah sebuah produk souvenir yang unik dan berbeda dari produk serupa di pasar. Mereka juga menguraikan alasan pemilihan bahan, bentuk, ukuran dan warna. Terlihat sekali bahwa mereka memahami dengan baik konsep yang telah diajarkan dan mengerti bagaimana mengaplikasikan konsep tersebut. Bahkan, untuk prototype produk, selain sketsa manual, mereka melengkapi desain produk dengan menggunakan 3ds Max, suatu program grafis komputer 3D profesional yang banyak digunakan untuk membuat animasi, model, permainan, dan gambar 3D. Lighthouse juga representatif karena mengusung nilai-nilai Little Sun School, sesuai dengan yang menjadi tujuan program ini, yaitu membuat produk merchandise atau souvenir yang yang dapat mempresentasikan nilai-nilai, visi dan misi Little Sun School.

Selain dapat menyajikan tugas kelompok dengan baik, Chromosome Production juga mampu melakukan presentasi dengan menarik. Komunikasi visual dan lisan mereka patut diacungi jempol. Untuk komunikasi visual mereka membuat slide yang menarik, sedangkan untuk komunikasi lisan mereka dapat menjelaskan secara runut dan sistematis. Karena kerja keras dan kerja cerdas mereka selama program ini diadakan, maka dosen-dosen UBAYA memberikan souvenir khas UBAYA kepada mereka. Melalui presentasi ini, para dosen UBAYA dan guru di Little Sun School merasa puas dan bersyukur karena program mengajar PKWU dapat terlaksana dengan baik. Semoga apa yang sudah dipelajari bermanfaat dan dapat diterapkan.

(ed)