Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan mencakup dimensi:
- Sikap dan tata nilai (S) merupakan perilaku benar dan berbudaya sebagai hasil dari internalisasi dan aktualisasi nilai dan norma yang tercermin dalam kehidupan spiritual dan sosial melalui proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran.
- Penguasaan pengetahuan (PP) merupakan penguasaan konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu Teknik Industri secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran.
- Kemampuan kerja umum (KU) yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan dalam rangka menjamin kesetaraan kemampuan lulusan sesuai tingkat program dan jenis Pendidikan tinggi.
- Kemampuan kerja khusus (KK) yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan seusai dengan bidang keilmuan program studi Sarjana Teknik Industri.
Rumusan Sikap dan tata nilai
S 1 Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S 2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
S 3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
S 4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
S 5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S 6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S 7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S 8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S 9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S 10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Rumusan Penguasaan Pengetahuan
PP 1 Menguasai konsep teoretis sains alam, prinsip aplikasi matematika rekayasa; prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), sains rekayasa (engineering sciences) dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem terintegrasi;
PP 2 Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem terintegrasi dengan pendekatan sistem dan memanfaatkan literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia (human literacy);
PP 3 Menguasai pengetahuan tentang komunikasi teknik (engineering communication) dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini di bidang rekayasa sistem terintegrasi;
PP 4 Menguasai konsep, prinsip dan issue kekinian dalam perkembangan teknologi cerdas (smart technology) di bidang rekayasa sistem terintegrasi, ekonomi, sosial budaya, ekologi, keselamatan, kesehatan kerja, dan pelestarian lingkungan.
Rumusan Ketrampilan Umum
KU 1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU 2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
KU 3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
KU 4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU 5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
KU 6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
KU 7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
KU 8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
KU 9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamalkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
Rumusan Ketrampilan Khusus
KK 1 Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles), sains rekayasa (engineering sciences) dan perancangan rekayasa untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi (meliputi manusia, teknologi, informasi, energi dan sumber daya);
KK 2 Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi berdasarkan pendekatan analitik, komputasional atau eksperimental;
KK 3 Mampu merumuskan solusi untuk masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmental consideration)
KK 4 Mampu merancang dan mengendalikan sistem terintegrasi dengan mempertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan;
KK 5 Mampu meneliti, menyelidiki, dan mengkritisi kebijakan penyelesaian masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi menggunakan prinsip rekayasa dan melaksanakan riset, analisis, interpretasi data dan sintesa informasi untuk memberikan solusi dan dituangkan dalam bentuk kertas kerja ilmiah;
KK 6 Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa pada bidang sistem terintegrasi;
KK 7 Mampu mempelajari dan menerapkan serangkaian langkah, aturan atau panduan yang diperlukan (dalam organisasi) untuk melaksanakan suatu tugas, tanggung jawab atau peran tertentu;
KK 8 Mampu menetapkan prioritas, membuat perencanaan dan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan kerja dan melakukan kerja sama untuk menyelesaikan kerja secara efisien dalam sebuah kelompok kerja multi disiplin;
KK 9 Mampu menempatkan diri secara positif dalam kultur yang beragam dan dinamis, dalam kondisi ekonomi yang kompetitif, dalam kerja tim, dan isu-isu etika dan moral yang kompleks;
KK10a. Mampu mengaplikasikan dan mengembangkan prinsip-prinsip industrial engineering dalam enterprise systems (sistem dalam perusahaan/intra-company) untuk menciptakan proses bisnis (business processes) yang unggul dengan memanfaatkan literasi data, teknologi dan manusia melalui pendekatan terintegrasi antara aspek lingkungan, ekonomis dan masyarakat (sustainable development).
KK10b. Mampu menciptakan nilai tambah pada jaringan supply chain yang digunakan oleh entitas bisnis untuk memperoleh, memproduksi dan mendistribusikan barang dan jasa dengan memanfaatkan literasi data, teknologi dan manusia dalam pengintegrasian supply chain agar dicapai peningkatan kinerja yang handal, dengan memperhatikan aspek lingkungan, ekonomis dan masyarakat (sustainable development).
CPL 1: Menguasai konsep teoretis sains alam, prinsip aplikasi matematika rekayasa; prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), sains rekayasa (engineering sciences) dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem terintegrasi
CPL 2: Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles), sains rekayasa (engineering sciences) dan perancangan rekayasa untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi (meliputi manusia, teknologi, informasi, energi dan sumber daya)
CPL 3: Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi berdasarkan pendekatan analitik, komputasional atau eksperimental
CPL 4: Mampu merumuskan solusi untuk masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmental consideration)
CPL 5: Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem terintegrasi dengan pendekatan sistem dan memanfaatkan literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia (human literacy).
CPL 6: Mampu merancang dan mengendalikan sistem terintegrasi dengan mempertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan
CPL 7: Mampu meneliti, menyelidiki, dan mengkritisi kebijakan penyelesaian masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi menggunakan prinsip rekayasa dan melaksanakan riset, analisis, interpretasi data dan sintesa informasi untuk memberikan solusi dan dituangkan dalam bentuk kertas kerja ilmiah
CPL 8: Menguasai pengetahuan tentang komunikasi teknik (engineering communication) dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini di bidang rekayasa sistem terintegrasi
CPL 9: Menguasai konsep, prinsip dan issue kekinian dalam perkembangan teknologi cerdas (smart technology) di bidang rekayasa sistem terintegrasi, ekonomi, sosial budaya, ekologi, keselamatan, kesehatan kerja, dan pelestarian lingkungan.
CPL 10: Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa pada bidang sistem terintegrasi
CPL 11: Mampu berperilaku secara matang dan independen, menegakkan integritas akademik, serta menyampaikan pemikiran dalam komunikasi baik secara tertulis maupun lisan yang efektif
CPL 12: Mampu mempelajari dan menerapkan serangkaian langkah, aturan atau panduan yang diperlukan (dalam organisasi) untuk melaksanakan suatu tugas, tanggung jawab atau peran tertentu.
CPL 13: Mampu menetapkan prioritas, membuat perencanaan dan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan kerja dan melakukan kerja sama untuk menyelesaikan kerja secara efisien dalam sebuah kelompok kerja multi disiplin.
CPL 14: Mampu menempatkan diri secara positif dalam kultur yang beragam dan dinamis, dalam kondisi ekonomi yang kompetitif, dalam kerja tim, dan isu-isu etika dan moral yang kompleks.
CPL 15: Memahami tanggung jawab profesi dan aspek etika keprofesian dalam menghadapi tantangan karir di era global.
CPL 16: Mampu mengenali kebutuhan, dan mengelola pembelajaran diri seumur hidup berlandaskan semangat kemandirian, jiwa inovatif dan kewirausahaan
CPL 17a: Mampu mengaplikasikan dan mengembangkan prinsip-prinsip industrial engineering dalam enterprise systems (sistem dalam perusahaan/intra-company) untuk menciptakan proses bisnis (business processes) yang unggul dengan memanfaatkan literasi data, teknologi dan manusia melalui pendekatan terintegrasi antara aspek lingkungan, ekonomis dan masyarakat (sustainable development).
CPL 17b: Mampu menciptakan nilai tambah pada jaringan supply chain yang digunakan oleh entitas bisnis untuk memperoleh, memproduksi dan mendistribusikan barang dan jasa dengan memanfaatkan literasi data, teknologi dan manusia dalam pengintegrasian supply chain agar dicapai peningkatan kinerja yang handal, dengan memperhatikan aspek lingkungan, ekonomis dan masyarakat (sustainable development).