“Transformasi Organisasi Pendidikan Menuju Keunggulan Melalui Penerapan SNI ISO 21001:2018” ti September 18, 2024

“Transformasi Organisasi Pendidikan Menuju Keunggulan Melalui Penerapan SNI ISO 21001:2018”

Pada tahun 2045, tepat 100 tahun peringatan HUT kemerdekaan RI, kita semua mengidamkan visi Indonesia Emas 2045 (IE 2045) untuk menjadi negara yang tangguh, sejahtera, inklusif dan berkelanjutan akan terwujud. Visi tersebut dapat dicapai dengan dukungan ketersediaan sumber daya manusia yang unggul dan kompeten sebagai enablers, yang sering kita sebut Generasi Emas 2045. Kita tentunya sepakat bahwa pendidikan yang berkualitas merupakan fondasi untuk menciptakan Generasi Emas 2045 yang diharapkan memiliki karakter yang kuat, integritas yang baik, dan kompetensi yang tinggi dalam berbagai bidang. Namun, saat ini kita berhadapan dengan kondisi kualitas pendidikan yang sangat terfragmentasi, disediakan oleh berbagai macam organisasi pendidikan, mulai dari PAUD hingga PT, dengan sistem manajemen yang berbeda tingkat kualitasnya dalam menyediakan produk dan layanan pendidikan. Oleh karena itu, manajemen organisasi pendidikan memerlukan pendekatan kualitas yang sistematis dalam dalam menyediakan produk dan layanan pendidikan. Organisasi pendidikan dapat menggunakan berbagai pendekatan manajemen kualitas yang diintegrasikan dengan sistem manajemennya di seluruh tingkatan organisasi, salah satunya dengan SNI ISO 21001:2018.

Program studi Teknik Industri UBAYA berkolaborasi dengan TRA Indonesia, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Toko Mutu, dan Ganesha Asa dengan bangga menggelar seminar bertajuk “Transformasi Organisasi Pendidikan Menuju Keunggulan Melalui Penerapan SNI ISO 21001:2018” pada tanggal 4 September 2024. Seminar yang dihelat di Ruang Serba Guna Fakultas Teknobiologi UBAYA ini dihadiri tidak kurang dari 150 peserta luring dan 200 peserta daring, yang merupakan Kepala Sekolah dan Perwakilan SMK Negeri dan Swasta di Jawa Timur. Seminar ini bertujuan untuk memberikan  pemahaman mengenai sistem manajemen organisasi pendidikan berbasis SNI ISO 21001:2018 kepada Kepala Sekolah dan Pengelola SMK. Dengan mengimplementasikan SNI ISO 21001:2018, SMK di Jawa Timur dapat meningkatkan kepuasan peserta didik dengan meningkatkan proses pendidikan dan memastikan kesesuaian dengan kebutuhan dan harapan dari seluruh pemangku kepentingan.

Kegiatan ini mendapatkan atensi dan sambutan yang luar biasa dari berbagai pihak, antara lain: Sekretaris Utama Badan Standardisasi Nasional (BSN), Donny Purnomo Januardhi Effyandono, S.T.; Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr. Aries Agung Paewai, S.STP., M.M.; dan Wakil Rektor II UBAYA, Dr. Noviaty Kresna Darmasetiawan. Selama dua jam, peserta sangat antusias dalam mengikuti pemaparan materi dari dua narasumber, yaitu: Dr. Ir. Desak Nyoman Siksiawati, MMA, General Manager Toko Mutu Indonesia-Jawa Timur dan Dr. Muhammad Rosiawan, Expertise ISO 21001 dari Program Studi Teknik Industri UBAYA. Seminar yang dimoderatori oleh Dr. Stefanus Soegiharto, Dosen Program Studi Teknik Industri UBAYA ini ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

Kesuksesan acara ini tidak lepas dari panitia mahasiswa dari Prodi Teknik Industri UBAYA yang dikoordinir oleh Nelly Euro Furtado dan Salsabila Eka Rochmawati. Selain itu, dukungan dari berbagai pihak turut, antara lain: Evodia Global Sertifikasi, Pelindo, PT Suparma (Persero) Tbk, Garudafood, FitHub, dan Cheers, ikut andil dalam menyukseskan seminar ini.  Ditulis oleh: Stefanus Soegiharto dan Nelly Euro Furtado