KuliahTamu: KualitasdalamPersaingan Global dan Model Total Quality Management (TQM)
27 Maret 2021 | Quality Management Systems
Dalam minggu ke-7 perkuliahan Quality Management Systems, mahasiswa diajak untuk mengenal lebih dalam praktik Manajemen Kualitas di dunia nyata melalui KuliahTamu. Dikemas dalam bentuk discussion webinar, topik yang dibahas kali ini adalah Kualitas dalam Persaingan Global dan Model-Model TQM. Mahasiswa belajar dengan praktisi dari PT. Salam Pacific Indonesia Lines (PT. SPIL) yang diisi oleh Bp. Teguh Ridho (Quality Assurance Supervisor) dengan moderator Bp. Rahman DwiWahyudi. Selain dihadiri oleh mahasiswa Quality Management Systems, Kuliah Tamu ini dihadiri oleh peserta dari pihak PT. SPIL.
Pemaparan Materi dari Bp. Teguh Ridho
Melalui tema kali ini, mahasiswa diajak untuk mengenal lebih dalam usaha menjaga kualitas dalam persaingan global dan model dalam TQM. Kualitas atau mutu tidak dapat disampingkan karena mutu mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap sebuah produk serta organisasi yang memperhatikan mutu dapat bertahan hidup dan memenangkan persaingan di pasar. Jenis perusahaan yang menerapkan mutu dibagi menjadi Quality not important, Quality Depends on Market, dan Full Compliance with QMS. Sistem manajemen mutu berdasarkan ISO di sebuah perusahaan juga diintegrasikan satu dengan yang lain.
Dalam mengimplementasikan kualitas, perusahaan menerapkan Total Quality Management (TQM) dengan 8 elemen pokok, yaitu customer focus, total employee involvement, process-centered, integrated system, strategic and systematic approach, continual improvement, fact-based decision making, dan communication. Penerapan TQM mampu menjamin kepuasan dan kepedulian pelanggan, peningkatan kualitas produk/ jasa dan problem solve on target, dan pemberdayaan pengembangan karyawan perusahaan. Penerapan TQM ini juga menjadi syarat untuk memenuhi ISO 9001.
DiskusiKuliahTamu: KualitasdalamPersaingan Global dan Model Total Quality Management (TQM)
Dokumentasi KuliahTamu: Kualitas dalam Persaingan Global dan Model Total Quality Management (TQM)
Kuliah Tamu: Kualitas dalam Persaingan Global dan Model Total Quality Management (TQM)
27 Maret 2021 | Quality Management Systems
Dalam minggu ke-7 perkuliahan Quality Management Systems, mahasiswa diajak untuk mengenal lebih dalam praktik Manajemen Kualitas di dunia nyata melalui KuliahTamu. Dikemas dalam bentuk discussion webinar, topik yang dibahas kali ini adalah Kualitas dalam Persaingan Global dan Model-Model TQM. Mahasiswa belajar dengan praktisi dari PT. Salam Pacific Indonesia Lines (PT. SPIL) yang diisi oleh Bp. Teguh Ridho (Quality Assurance Supervisor) dengan moderator Bp. Rahman DwiWahyudi. Selain dihadiri oleh mahasiswa Quality Management Systems, Kuliah Tamu ini dihadiri oleh peserta dari pihak PT. SPIL.
Pemaparan Materi dari Bp. Teguh Ridho
Melalui tema kali ini, mahasiswa diajak untuk mengenal lebih dalam usaha menjaga kualitas dalam persaingan global dan model dalam TQM. Kualitas atau mutu tidak dapat disampingkan karena mutu mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap sebuah produk serta organisasi yang memperhatikan mutu dapat bertahan hidup dan memenangkan persaingan di pasar. Jenis perusahaan yang menerapkan mutu dibagi menjadi Quality not important, Quality Depends on Market, dan Full Compliance with QMS. Sistem manajemen mutu berdasarkan ISO di sebuah perusahaan juga diintegrasikan satu dengan yang lain.
Dalam mengimplementasikan kualitas, perusahaan menerapkan Total Quality Management (TQM) dengan 8 elemen pokok, yaitu customer focus, total employee involvement, process-centered, integrated system, strategic and systematic approach, continual improvement, fact-based decision making, dan communication. Penerapan TQM mampu menjamin kepuasan dan kepedulian pelanggan, peningkatan kualitas produk/ jasa dan problem solve on target, dan pemberdayaan pengembangan karyawan perusahaan. Penerapan TQM ini juga menjadi syarat untuk memenuhi ISO 9001.
DiskusiKuliahTamu: KualitasdalamPersaingan Global dan Model Total Quality Management (TQM)
DokumentasiKuliahTamu: KualitasdalamPersaingan Global dan Model Total Quality Management (TQM)