Apa itu Teknik Industri ti April 1, 2024
 
 
 
Apa itu Teknik Industri

Keilmuan Teknik Industri terus berkembang secara dinamis dan menjadi semakin penting dalam menghadapi berbagai problem yang semakin kompleks yang dipicu antara lain oleh perubahan demografi, kemajuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, munculnya industri-industri baru (bio, nano, jasa) dan industri-industri manufaktur, serta berkembangnya manajemen rantai pasok (supply chain management), dalam era globalisasi. Saat ini dan berikutnya, disiplin ilmu ini akan memainkan peranan yang semakin penting dalam era globalisasi untuk meningkatkan kualitas, bukan hanya barang dan jasa yang diterima
manusia, tetapi juga kualitas dari kehidupan kerjanya.

Aspek yang membedakan Teknik Industri dari disiplin ilmu teknik lainnya terletak pada fleksibilitas yang ditawarkan. Teknik Industri memberikan peluang untuk berkarya dalam berbagai macam bidang di segala sektor industri. Apakah mengevaluasi kelayakan suatu investasi, merancang struktur organisasi dan aliran informasi yang dibutuhkan oleh manajemen, mendistribusikan produk ke mancanegara, atau menghasilkan produk dan layanan secara efisien, semuanya mencirikan tujuan yang sama yaitu untuk menghemat penggunaan sumber daya dan meningkatkan kinerja.

Seiring dengan filosofi manajemen yang diadopsi perusahaan tentang peningkatan produktivitas dan kualitas yang berkesinambungan untuk dapat bertahan di tengah persaingan pasar global yang semakin meningkat, maka kebutuhan akan lulusan Teknik Industri yang berkualitas terus meningkat.

Hal ini karena sarjana Teknik Industri adalah satu-satunya profesional di bidang teknik yang dididik sebagai spesialis dalam peningkatan kinerja organisasi. Sarjana Teknik Industri menitikberatkan pada bagaimana melakukan sesuatu lebih baik dan bernilai tambah. Mereka merekayasa proses dan sistem yang meningkatkan kualitas dan produktivitas. Mereka bekerja untuk menghilangkan pemborosan waktu, dana, material, dan energi. Yang terpenting dari semuanya, sarjana Teknik Industri senantiasa menciptakan sistem yang mampu menghasilkan nilai tambah untuk peningkatan kinerja organisasi. Itulah sebabnya dari hari ke hari semakin banyak perusahaan yang merekrut sarjana Teknik Industri dan mempromosikannya pada posisi manajemen tertentu.

Di prodi Teknik Industri, seorang mahasiswa akan belajar bagaimana merancang, mengimplementasikan dan meningkatkan suatu sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, mesin, material, informasi, dan energi. Seorang Teknik Industri mampu menemukan cara yang lebih baik dengan tiga kata kunci yaitu produktivitas, efektivitas dan efisiensi.