Teknik Industri Ubaya ti April 1, 2024

Teknik Industri Universitas Surabaya (TI Ubaya) membekali lulusan dengan kemampuan melakukan inovasi perancangan, pengembangan, penerapan, perbaikan dan manajemen perusahaan secara optimal, dengan pendekatan sistem terintegrasi dan menitikberatkan pada aspek sustainability sehingga perusahaan beroperasi secara efektif dan efisien.

Program studi TI Ubaya telah berdiri sejak tahun 1986 idan saat ini merupakan 1 dari 27 prodi TI di Indonesia atau 1 dari 3 prodi TI di Jawa Timur yang memiliki akreditasi UNGGUL atau tingkatan akreditasi tertinggi dari BAN-PT (cek disini : https://www.banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php#). Selain itu, Prodi TI Ubaya  menjadi 1 dari 12 prodi TI di Indonesia atau 1 dari 2 prodi TI di Jawa Timur yang mendapatkan akreditasi internasional General Accreditation dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education atau IABEE (cek disini: https://evaluation.iabee.or.id/#/accreditation/summary/search) . TI Ubaya juga telah mendapatkan sertifikasi internasional ASEAN University Network atau AUN-QA (cek disini: https://www.ubaya.ac.id/2019/07/05/empat-program-studi-ubaya-raih-sertifikasi-tingkat-asean/).

Kurikulum TI Ubaya dirancang berdasarkan capaian pembelajaran lulusan yang meliputi sikap dan tata nilai, penguasaan pengetahuan, keterampilan umum dan khusus lulusan Teknik Industri Ubaya sesuai kebutuhan kompetensi lulusan dari masyarakat bisnis dan industri. Beban studi mahasiswa adalah 145 sks, terdiri dari 136 sks matakuliah wajib dan 9 sks mata kuliah konsentrasi. Seluruh beban tersebut dirancang untuk dapat diselesaikan dalam 8 semester (atau lebih cepat bagi mereka dengan prestasi akademik di atas rata-rata). Mahasiswa juga mendapat kesempatan untuk mengikuti program Fast Track di Magister Teknik Industri Ubaya, sehingga masa studi S1 dan S2 dapat ditempuh dalam 5 tahun.


 
VISI & MISI TEKNIK INDUSTRI UBAYA
 
Scientific Vision

Terselenggaranya penelitian dan pendidikan teknik industri untuk mempersiapkan sumber daya insani yang berintegritas, profesional, dan efektif dalam menerapkan pengetahuan multi-disiplin, sistem industri, dan tekno-ekonomi dalam desain, pengembangan dan instalasi sistem terintegrasi memanfaatkan teknologi cerdas dengan pertimbangan keberlanjutan dalam rangka menjawab tantangan industri masa depan untuk kepentingan umat manusia.

Visi

to be internationally recognized as a leading industrial engineering institution for its excellence in education, research and community service

Misi
  1. menyelenggarakan pendidikan tinggi teknik industri yang selaras dengan perkembangan kebutuhan masyarakat global.
  2. mengembangkan kegiatan penelitian berkualitas yang berkontribusi pada ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat global.
  3. melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang keilmuan teknik industri yang bernilai bagi stakeholder.
  4. menjalin kerjasama dengan stakeholder di tingkat nasional dan internasional untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas institusi
Program Educational Objectives (PEO):

 Setelah menyelesaikan studi di Teknik Industri Universitas Surabaya, lulusan akan memiliki kemampuan dan kapsitas untuk:

  1. Mampu menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan dalam profesi Teknik Industri dengan pendekatan sistem untuk merancang, mengembangkan, menjalankan dan menginovasikan sistem terintegrasi dengan mempertimbangkan keberlanjutan global;
  2. Mampu bekerja dan berkomunikasi secara efektif dalam tim multi-disiplin dan berbagai pihak pemangku kepentingan serta menunjukkan kualitas kepemimpinan;
  3. Mampu mengenali kebutuhan dan terus mengembangkan ketrampilan dan pengetahuan untuk merangkul perubahan dalam masyarakat dan profesi
CPL PRODI TI

CPL 1:  Menguasai konsep teoretis sains alam, prinsip aplikasi matematika rekayasa; prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), sains rekayasa (engineering sciences) dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem terintegrasi
CPL 2: Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles), sains rekayasa (engineering sciences) dan perancangan rekayasa untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi (meliputi manusia, teknologi, informasi, energi dan sumber daya)
CPL 3: Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi berdasarkan pendekatan analitik, komputasional atau eksperimental
CPL 4: Mampu merumuskan solusi untuk masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmental consideration
CPL 5: Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem terintegrasi dengan pendekatan sistem dan memanfaatkan literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia (human literacy).
CPL 6: Mampu merancang dan mengendalikan sistem terintegrasi dengan mempertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan
CPL 7: Mampu meneliti, menyelidiki, dan mengkritisi kebijakan penyelesaian masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi menggunakan prinsip rekayasa dan melaksanakan riset, analisis, interpretasi data dan sintesa informasi untuk memberikan solusi dan dituangkan dalam bentuk kertas kerja ilmiah
CPL 8: Menguasai pengetahuan tentang  komunikasi teknik (engineering communication) dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini di bidang rekayasa sistem terintegrasi
CPL 9: Menguasai konsep, prinsip dan issue kekinian dalam perkembangan teknologi cerdas (smart technology) di bidang rekayasa sistem terintegrasi, ekonomi, sosial budaya, ekologi, keselamatan, kesehatan kerja, dan pelestarian lingkungan.
CPL 10: Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa pada bidang sistem terintegrasi
CPL 11: Mampu berperilaku secara matang dan independen, menegakkan integritas akademik, serta menyampaikan pemikiran dalam komunikasi baik secara tertulis maupun lisan yang efektif
CPL 12: Mampu mempelajari dan menerapkan serangkaian langkah, aturan atau panduan yang diperlukan (dalam organisasi) untuk melaksanakan suatu tugas, tanggung jawab atau peran tertentu.
CPL 13: Mampu menetapkan prioritas, membuat perencanaan dan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan kerja dan melakukan kerja sama untuk menyelesaikan kerja secara efisien dalam sebuah kelompok kerja multi disiplin.
CPL 14: Mampu menempatkan diri secara positif dalam kultur yang beragam dan dinamis, dalam kondisi ekonomi yang kompetitif, dalam kerja tim, dan isu-isu etika dan moral yang kompleks.
CPL 15: Memahami tanggung jawab profesi dan aspek etika keprofesian dalam menghadapi tantangan karir di era global.
CPL 16: Mampu mengenali kebutuhan, dan mengelola pembelajaran diri seumur hidup berlandaskan semangat kemandirian, jiwa inovatif dan kewirausahaan
CPL 17a: Mampu mengaplikasikan dan mengembangkan prinsip-prinsip industrial engineering dalam enterprise systems (sistem dalam perusahaan/intra-company) untuk menciptakan proses bisnis (business processes) yang unggul dengan memanfaatkan literasi data, teknologi dan manusia melalui pendekatan terintegrasi antara aspek lingkungan, ekonomis dan masyarakat (sustainable development).
CPL 17b: Mampu menciptakan nilai tambah pada jaringan supply chain yang digunakan oleh entitas bisnis untuk memperoleh, memproduksi dan mendistribusikan barang dan jasa dengan memanfaatkan literasi data, teknologi dan manusia dalam pengintegrasian supply chain agar dicapai peningkatan kinerja yang handal, dengan memperhatikan aspek lingkungan, ekonomis dan masyarakat (sustainable development).