Praktik Langsung Marketing Lewat Shopee Live ti June 10, 2024

Praktik Langsung Marketing Lewat Shopee Live

Di Semester Genap 2023/2024, Program Studi (Prodi) Teknik Industri Universitas Surabaya (TI UBAYA) mengadakan praktikum terintegrasi sebagai pengembangan dari mata kuliah Kerja Praktik I. Di semester ini, sebanyak 47 mahasiswa, yang terbagi dalam sembilan kelompok, mengikuti serangkaian praktikum yang saling terkait dan merupakan integrasi dari ilmu Teknik Industri yang mereka dapatkan selama ini. Untuk semester ini, mahasiswa membuat produk mainan anak kereta api dari bahan kayu yang diberi nama Velozoom. Oleh karena itu, tiap kelompok mengembangkan daya kreativitas dan imajinasi mereka untuk menghasilkan kereta api yang menarik dan ergonomis, sebagai alat permainan dan edukasi bagi anak. Untuk membuat produk ini unik dan atraktif, maka tiap kelompok menampilkan tokoh hero yang dipilih pada produknya.

Tidak hanya merancang dan menghasilkan produk, mahasiswa juga membuat peramalan permintaan pasar, merencanakan jadwal produksi, menentukan harga jual, dan memasarkan produk tersebut. Terkait dengan hal tersebut, TI UBAYA mengadakan kegiatan Shopee Live untuk meningkatkan ketrampilan komunikasi, melatih kerja sama tim, dan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Kegiatan tersebut juga sebagai praktik langsung marketing, yang memberikan pengalaman yang mengesankan bagi mahasiswa. Di kegiatan ini, tiap kelompok membuat akun Shopee, menampilkan informasi terkait produk, serta memuat gambar dan video penggunaan produk. Sebelum Shopee Live, tiap kelompok juga diminta untuk mengisi konten akun Instagram mereka dengan posting gambar dan video produk, selengkap dan semenarik mungkin.

Kegiatan Shopee Live diadakan di Teaching Industry sebanyak dua kali. Pada saat pelaksanaan Shopee Live, terlihat bahwa tiap kelompok berusaha tampil sebaik mungkin. Mereka melakukan presentasi langsung selama kurang lebih 30 menit dan melengkapi penampilan mereka dengan dekor yang kreatif, kerja sama tim yang kompak, dan komunikasi yang memikat. Mereka menarik perhatian pengunjung akun Shopee mereka dengan memakai kostum yang mempesona, membuat kaos yang sama dengan warna yang atraktif, mengenakan bando lucu, serta tampil seapik mungkin selama Shopee Live.

Tiap kelompok berusaha untuk mendapatkan order riil selama kegiatan Shopee Live, sebagai bukti bahwa produk mereka menarik dan diminati oleh konsumen dan output dari strategi marketing yang mereka terapkan. Karena itu, jumlah order yang diperoleh nantinya juga dipertimbangkan sebagai salah satu kriteria penilaian untuk penghargaan Best Innovation in Marketing. Kegiatan ini juga menampilkan bagaimana tiap kelompok mengatur kelompok mereka dengan baik, melakukan kerja sama tim yang solid, dan membangkitkan jiwa leadership mereka. Wah, menarik ya. Semoga kegiatan Shopee Live ini bermanfaat dan memberikan pengalaman berharga, serta menjadi kenangan yang indah.

(ed)