Implementasi Keilmuan Teknik Industri Lewat Busines Industrial Simulation TI UBAYA ti June 20, 2024

Implementasi Keilmuan Teknik Industri Lewat Busines Industrial Simulation TI UBAYA

Pada hari Jumat 14 Juni 2024, Program Studi Teknik Industri Universitas Surabaya ( TI UBAYA) mengadakan sebuah acara “Business Industrial Simulation” (BIS) di Ruang Serbaguna Fakultas Teknobiologi (SGFTB) UBAYA. Acara ini merupakan bagian dari kegiatan Praktikum Terintegrasi (Kerja Praktik I). Oleh karena itu, acara tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Praktikum Terintegrasi di semester ini.

Di acara ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk menjalankan sebuah bisnis. Untuk semester ini, tema produk adalah VELOZOOM, di mana mahasiswa merancang produk mainan anak umur 3-5 tahun berbentuk kereta api, yang disesuaikan dengan berbagai tokoh hero. Setelah berhasil membuat produk kereta api, maka pada BIS ini mahasiswa melakukan berbagai transaksi bisnis sesuai dengan peristiwa yang terjadi selama bulan Juni 2024. Mahasiswa juga diharapkan dapat mengambil keputusan dengan bijak melalui berbagai situasi dan kondisi di dalam perusahaan.

Setelah pembukaan singkat oleh Bapak Ivan Kristanto Singgih, BIS dilanjutkan dengan penayangan slide yang berisi peristiwa harian yang terjadi. Di BIS ini, mahasiswa membagi tugas untuk masing-masing anggota kelompok, sehingga pengambilan keputusan dan input transaksi bisa dilakukan secara cepat dan sesuai. Terdapat berbagai peristiwa yang bisa berdampak pada perusahaan secara langsung dan tidak langsung, seperti adanya kendala pengiriman karena cuaca, kenaikan harga pada bahan baku, biaya keterlambatan pengiriman, dan menurunnya produktivitas karena perbaikan mesin.  Oleh sebab itu, mahasiswa harus bisa mengambil keputusan dengan cepat dan bijak, tetapi tidak merugikan perusahaan.

 Selama kegiatan BIS, mahasiswa terlihat dan bersemangat untuk memberikan respon di setiap peristiwa. Beberapa mahasiswa berpendapat bahwa dengan adanya BIS ini mereka bisa mendapatkan pengalaman kepemimpinan dan manajemen dalam perusahaan dan bagaimana mengelola perusahaan, baik di produksi, persediaan, maupun penjualan. Beberapa mahasiswa juga menyebutkan bahwa BIS memberi kesempatan kepada mereka untuk membangkitkan jiwa kepemimpinan, mengembangkan komunikasi yang efektif, dan mengendalikan sifat-sifat buruk seperti egoisme dan sombong. Terlebih karena mereka bekerja secara berkelompok, maka mereka harus dapat mengatur kerja sama tim dengan baik agar kegiatan bisnis dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya konflik.

Kegiatan BIS ini berlangsung dari pagi sampai sore. Di akhir acara, dilakukan foto bersama mahasiswa dengan dosen-dosen TI UBAYA. Semoga melalui BIS mahasiswa dapat mengimplementasikan keilmuan Teknik Industri yang dipelajari selama perkuliahan dan memperoleh pengalaman yang berguna untuk masa depan.

 (pl, edited by ed)