Sosialisasi dan Simulasi Evakuasi Gempa Fakultas Teknik UBAYA dengan BPBD Kota Surabaya ti July 1, 2024

Sosialisasi dan Simulasi Evakuasi Gempa Fakultas Teknik UBAYA dengan BPBD Kota Surabaya

Berdasarkan The World Risk Report 2023, Indonesia menduduki peringkat 2 dari 193 negara dengan risiko bencana terbesar di dunia, termasuk bencana gempa bumi. Gempa bumi adalah getaran yang terjadi di bumi akibat adanya pergerakan lempeng tektonik. Gempa dapat terjadi di permukaan bumi atau di dalam bumi. Ketika gempa terjadi, pergerakan lempeng tektonik dapat menyebabkan patahan atau retakan di dalam tanah, yang dapat mengakibatkan longsor atau kerusakan struktur bangunan. Berada di kawasan Pacific Ring of Fire, yang dikenal sebagai “cincin api pasifik”, menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang paling rentan terhadap bencana alam, terutama gempa bumi.

Pada hari Selasa, 11 Juni 2024, Fakultas Teknik (FT) Universitas Surabaya (UBAYA) bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya menggelar simulasi gempa sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana alam. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 10.30 – 12.30 WIB di Gedung Fakultas Teknik Universitas Surabaya (UBAYA), lebih khususnya di ruang TF 2.1, ruang TF 2.5 dan ruang tata usaha (TUFT). Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa mata kuliah Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), para dosen yang berperan sebagai tim tanggap darurat, tim BPBD, Direktorat Layanan umum UBAYA dan  tim keamanan dan emergency UBAYA.

Pada kegiatan tersebut BPBD Kota Surabaya memberikan banyak sekali ilmu yang bermanfaat seperti mengidentifikasi bahaya, mengevaluasi resiko, dan merancang langkah-langkah mitigasi yang tepat dalam lingkungan masyarakat, termasuk bagaimana mengatur evakuasi yang aman dan efisien. Melalui kegiatan ini diharapkan semua pihak yang terlibat dapat mempraktekan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari untuk meningkatkan respon terhadap bencana yang sebenarnya, sehingga kerugian bisa diminimalkan dan kehidupan dapat dijalankan kembali dengan cepat setelah kejadian gempa yang terjadi .

Terima kasih atas pemaparan dan praktik langsung dari tim BPBD Kota Surabaya. Semoga apa yang telah disampaikan dan dilaksanakan pada kegiatan ini bermanfaat untuk warga UBAYA, khususnya warga FT, supaya lebih tanggap dan siap siaga menghadapi gempa.

(pl, gac, edited by ed)