Apresiasi Praktikum Terintegrasi di Acara Best Company ti July 18, 2024

Apresiasi Praktikum Terintegrasi di Acara Best Company

Teknik Industri Universitas Surabaya (TI UBAYA) selalu melakukan inovasi perancangan dan pengembangan sistem pembelajaran, yang disesuaikan dengan kurikulum dan perkembangan teknologi. Di semester ini, TI UBAYA menjalankan praktikum terintegrasi sebagai pengembangan Kerja Praktik I. Di program ini, mahasiswa menerapkan materi yang diperoleh selama perkuliahan melalui praktikum yang terintegrasi dan saling terkait untuk menjalankan usaha, mulai dari merancang produk, menghitung kapasitas, membuat jadwal produksi, meramalkan kebutuhan material, menentukan harga jual, sampai merealisasikan produk tersebut dan memasarkannya. Secara keseluruhan, ada sepuluh praktikum dengan sepuluh modul yang dilakukan di program ini. Di Semester Genap 2023/2024, Praktikum Terintegrasi diikuti 47 mahasiswa yang terbagi menjadi dua kelas, A dan B, dan terdiri dari 9 kelompok.

Mengingat mahasiswa sudah bekerja keras dan cerdas selama pelaksanaan Praktikum Terintegrasi, maka TI UBAYA memberikan penghargaan untuk mengapreasi usaha mereka. Pada hari Jumat 12 Juli 2024, TI UBAYA mengadakan acara dengan tema Best Company di Ruang Serbaguna Fakultas Bisnis dan Ekonomika (SGFBE) UBAYA. Selain mahasiswa yang mengikuti Praktikum Terintegrasi, acara ini juga dihadiri oleh beberapa dosen dan staf. Acara ini dipandu oleh Bapak Argo Hadi Kusumo dari Prodi TI UBAYA bersama dengan Kak Osya, salah satu asisten Praktikum Terintegrasi semester ini.

Acara dimulai dengan pemberian penghargaan Best Product Design, yang diberikan kepada kelompok dengan desain produk terbaik. Di antara lima kelompok yang masuk nominasi di kategori ini, penghargaan Best Product Design diraih oleh kelompok Red Rocket. Selain itu, Red Rocket juga berhasil memperoleh penghargaan Best Innovation in Marketing, sebagai kelompok dengan strategi pemasaran paling inovatif. Wah, selamat Red Rocket, berhasil meraih dua penghargaan sekaligus, luar biasa. Berikutnya, pembacaan Highest Score yang diberikan kepada mahasiwa yang penilaian individu dan kelompoknya sangat baik. Penghargaan ini diraih oleh Calvio Cedrico Cahyadi.

Yang paling ditunggu-tunggu adalah pengumuman pemenang penghargaan Best Company. Untuk mencairkan suasana yang mulai tegang, maka sebelum diumumkan, ditampilkan video yang menceritakan perjalanan mahasiswa selama melakukan Praktikum Terintegrasi, mulai dari sosialisasi, praktikum di Teaching Industry, Shopee Live, sampai Business Industrial Simulation. Penghargaan Best Company dinilai berdasarkan kerja individu dan kerja kelompok, yang berhasil diraih oleh vencera.co (juara 1), redrocket_id (juara 2), dan kayoo.toys (juara 3).

 

 

 

 

 

 

 

Acara menjadi semarak dengan adanya penampilan menarik dari mahasiswa (Carla, Christy, dan Ginting) dan penampilan spesial dari Pak Argo dan Pak Ivan. Selanjutnya, pemberian hadiah hiburan untuk kelompok yang belum mendapatkan penghargaan. Terlihat kegembiraan di wajah para mahasiswa, karena Praktikum Terintegrasi telah selesai dan semua kelompok mendapatkan hadiah. Acara ditutup dengan sesi foto bersama mahasiswa dengan para dosen TI UBAYA.

Selamat kepada para kelompok yang mendapatkan penghargaan, kalian hebat dan luar biasa. Yang belum menang jangan berkecil hati. Seluruh mahasiswa yang mengikuti Praktikum Terintegrasi semester ini sejatinya adalah pemenang, karena berhasil menyelesaikan kegiatan dengan baik. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan ketrampilan dan kemampuan mahasiswa,  serta memberikan pengalaman yang berharga dan mengesankan.

(pl, edited by ed)