Industrial Games 32 Teknik Industri UBAYA “Reviving Heritage Inspiring Tomorrow” ti September 23, 2024

Industrial Games 32 Teknik Industri UBAYA “Reviving Heritage Inspiring Tomorrow”

Pada tanggal 21-22 September 2024, Program Studi Teknik Industri (TI) Universitas Surabaya (UBAYA) mengadakan lomba Industrial Games (IG) 32. Mungkin ada yang belum mengenal IG ini. Industrial Games, atau yang biasa disingkat dengan IG, merupakan kompetisi atau perlombaan tahunan berskala nasional yang diadakan oleh TI UBAYA untuk siswa SMA/SMK/sederajat di seluruh Indonesia. Acara ini dikemas dengan games (permainan) yang seru dan menarik, yang terkait dengan keilmuan TI. IG tahun ini merupakan IG yang ke-32 dan mengusung tema “Pioneering Heritage through Innovation”. IG tahun ini ingin mengenalkan warisan budaya dan pariwisata yang ada di Indonesia, khususnya di kota Surabaya. Diharapkan bahwa peserta IG yang merupakan generasi penerus bangsa dapat menciptakan inovasi untuk mengenalkan, mengembangkan, dan melestarikan warisan budaya dan pariwisata.

IG tahun ini sangat spesial karena dilaksanakan di tiga tempat wisata di kota Surabaya, yaitu Monumen Tugu Pahlawan, Museum Sepuluh Nopember Surabaya, dan Kota Lama Surabaya. Di hari pertama, Sabtu, 21 September 2024, bertempat di Kampus UBAYA Tenggilis, IG dibuka oleh MC sembari sekilas menceritakan latar belakang IG. dilanjutkan dengan penyampaian sambutan oleh Ketua IG 32 dan disambung dengan sambutan dari Bapak Gunawan, Ph.D. selaku Ketua Program Studi Teknik Industri Universitas Surabaya., yang sekaligus membuka IG ke-32. Selanjutnya dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan peserta, panitia, dan beberapa dosen yang hadir.

Selanjutnya peserta diajak untuk mengunjungi Monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember Surabaya. Monumen Tugu Pahlawan didirikan untuk mengingat sejarah perjuangan para pahlawan, terutama pertempuran di Surabaya pada 10 Nopember 1945. Museum 10 Nopember dibangun untuk melengkapi monumen tersebut dan memiliki ratusan koleksi seperti foto, senjata rampasan, dan artefak peninggalan pertempuran di Surabaya. Monumen juga memiliki fasilitas pendukung seperti diorama elekronik dan statis. Di dua tempat wisata ini peserta menyelesaikan games sesi 1 dengan scan quick response (QR) code di beberapa lokasi. Peserta mengelilingi dua tempat wisata tersebut untuk mendapatkan jawaban yang tepat. Sehingga, peserta tidak hanya belajar mengenai konsep TI dan mengingat sejarah, tapi juga berolahraga dengan berjalan kaki mengelilingi Monumen dan Museum Tugu Pahlawan.

Setelah istirahat makan siang, selanjutnya peserta diajak untuk mengunjungi Kota Lama Surabaya. Tempat wisata yang baru diresmikan oleh Walikota Surabaya pada tanggal 3 Juli 2024 memang menarik untuk dikunjungi. Terdapat beberapa bangunan heritage yang bersejarah di kawasan ini, antara lain Gedung Internatio, Gedung Cerutu, dan De Javasche Bank. Peserta IG dapat menjelajahi tempat wisata yang estetik ini sembari menyelesaikan games sesi 2 dengan mengunjungi enam pos yang disediakan panitia.

Setelah selesai untuk beristirahat, peserta kembali ke Kampus UBAYA Tenggilis untuk menyelesaikan games sesi 3. Dari sesi 1 sampai sesi 3 IG menciptakan tantangan bagi peserta. Peserta tidak hanya diharapkan mampu menyelesaikan tiap sesi dengan baik, tapi juga mempunyai stamina yang baik supaya tetap semangat dan fit dari awal sampai akhir. IG hari pertama ditutup dengan ice breaking dari dua mahasiswa TI UBAYA angkatan 2021 dengan menjelaskan TI UBAYA secara singkat. Selanjutnya panitia mengumumkan lima tim yang lolos ke babak final. Bagi peserta IG tahun ini yang belum berhasil untuk lanjut ke babak final, jangan berkecil hati karena di dalam permainan pasti ada menang dan kalah. Terima kasih untuk partisipasinya di IG ke-32 tahun ini. Sampai jumpa di Industrial Games tahun depan. (pl & ed)