Mengenalkan Design Thinking Pada Siswa SMA ti October 18, 2024

Mengenalkan Design Thinking Pada Siswa SMA

Program Studi (Prodi) Teknik Industri (TI) Universitas Surabaya (UBAYA) kembali mengajar Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) di Kelas XII Little Sun School. Kegiatan ini melibatkan tiga dosen, yaitu Ibu Rosita Meitha Surjani, Ibu Esti Dwi Rinawiyanti, dan Bapak Argo Hadi Kusuma, dan berkolaborasi dengan tiga dosen dari Prodi Desain Manajemen Produk (DMP) Fakultas Industri Kreatif (FIK) UBAYA, yaitu Bapak Brian Kurniawan, Ibu Florentina Tiffany, serta Bapak Kenny Hartanto. Di PKWU semester ini, siswa diharapkan dapat merancang produk untuk merchandise atau souvenir sekolah. Oleh sebab itu, tim dosen mengenalkan design thinking kepada para siswa, supaya produk yang dirancang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang dituju.

Sudah empat kali pertemuan yang dilakukan selama semester ini, yang juga melibatkan beberapa mahasiswa. Sejauh ini sudah dijelaskan tentang Emphatyze, Define, dan Ideate, yang merupakan empat tahap design thinking. Tahap berikutnya, Prototype dan Test, diajarkan nanti di pertemuan lima dan enam. Di keempat pertemuan ini, setelah penyampaian materi, siswa melakukan diskusi kelompok terkait dengan materi di hari tersebut, yang difokuskan pada produk yang dirancang. Karena kegiatan ini merupakan bagian dari pengajaran PKWU, maka di tiap pertemuan ada tugas kelompok yang harus diselesaikan siswa.

Dengan mengenalkan design thinking pada siswa di PKWU, diharapkan siswa dapat merancang produk dengan lebih detil dan spesifik, secara sistematis dan terstruktur, yang berfokus pada konsumen dan menerapkan konsep ergonomis. Semoga para siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan mendapatkan manfaat dari kegiatan ini. (ed)