Luar Biasa! 2 Prodi Ubaya Bakal Jalani Sertifikasi Tingkat ASEAN ti September 3, 2019

Luar Biasa! 2 Prodi Ubaya Bakal Jalani Sertifikasi Tingkat ASEAN

jatim.sindonews.com

SURABAYA – Program studi (Prodi) Psikologi, dan Bioteknologi Universitas Surabaya (Ubaya) bakal segera naik kelas, sebagai prodi dengan standar kualitas internasional.

Kedua prodi tersebut, akan menjalani proses visitasi dalam rangka standarisasi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) yang bertajuk “The 144th AUN-QA Assesment At Programme Level”.

Penilaian standarisasi dilakukan oleh tim asesor dari empat negara ASEAN, yaitu Singapura, Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam.

Sebelumnya sertifikasi AUN-QA pertama kali telah dilakukan bulan Januari pada Prodi Sarjana Strata Satu (S1) Farmasi, dan Teknik Industri.

“Sekarang giliran program S1 Psikologi, dan Bioteknologi. Tujuan visitasi AUN-QA adalah meningkatkan kualitas Ubaya khususnya prodi pada level internasional. Hal ini merupakan bagian dari pelaksanaan rencana strategis yang dimiliki Ubaya terkait Internasionalisasi,” ujar Direktur Penjaminan Mutu dan Audit Internal (DPMAI) Ubaya, Gunawan, Selasa (7/5/2019).

Visitasi AUN-QA dilakukan selama tiga hari, yakni 7-9 Mei 2019. Tim Aasesor akan menilai dan memvalidasi kelengkapan borang yang dimiliki oleh masing-masing prodi berdasarkan 11 kriteria penilaian standarisasi ASEAN.

Standarisasi itu meliputi, hasil pembelajaran yang diharapkan (Expected Learning Outcomes), spesifikasi program (Programme Specification), struktur dan konten program (Programme Structure and Content), pendekatan belajar dan mengajar (Teaching and Learning Approac), dan penilaian siswa (Student Assesment).

Selain itu, juga kualitas staf akademik (Academic Staff Quality), kualitas staf pendukung (Support Staff Quality), kualitas siswa dan pendukung (Student Quality and Support), fasilitas dan infrastruktur (Facilities and Infrastructure), peningkatan kualitas (Quality Enchancement), dan hasil (Output).

Penilaian 11 kriteria di atas, dilakukan oleh tim Asesor dengan melihat secara langsung melalui kunjungan ke Prodi Psikologi, dan Bioteknologi Ubaya.

Tim Asesor yang hadir berasal dari empat negara di ASEAN yaitu Sharul Tazrajiman Hj. Tajuddin dari Universitas Teknologi Brunei Darussalam; Tan Kay Chuan dari National University of Singapore (NUS); Wilasinee Sittisomboon dari AUN-QA Programme Officer; Wyona C. Patalinghug dari De La Salle University (DLSU) Philippines; Nguyen Quoc Chinh dari Vietnam National University-Ho Chi Minh City (VNU-HCMC) Vietnam.

“Saya berharap kedua prodi bisa tersertifikasi, dan selanjutnya akan disusul dengan prodi yang lain. Jika tersertifikasi artinya prrodi telah diakui mempunyai kualitas pada level dan standar di tingkat ASEAN. Sehingga hal ini akan mempermudah dan memungkinkan Ubaya untuk menjalin kerjasama antar universitas di ASEAN,” pungkas Gunawan.

Ali Masduki Selasa, 07 Mei 2019 – 14:39 WIB

Source link : https://jatim.sindonews.com/read/10299/1/luar-biasa-2-prodi-ubaya-bakal-jalani-sertifikasi-tingkat-asean-1557212744

Sumber berita lainnya

https://m.suarasurabaya.net/app/kelanakota/detail/2019/220519-Ubaya-Visitasi-2-Prodi-Dalam-Rangka-Internasionalisasi-

https://www.ubaya.ac.id/2018/content/news_detail/2397/Visitasi–AUN-QA–Jurusan-Teknik-Industri-dan-Farmasi–Siap-Jawab-Tantangan-Global.html