web analytics

Mahasiswa TI Ubaya Menjuarai ERGOCAMP V 2020

Ergocamp merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI). Kegiatan ini diadakan untuk mempertemukan para dosen, mahasiswa, serta para akademisi Teknik Industri lainnya yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia. Tahun 2020 merupakan tahun kelima dari Ergocamp dengan mengusung tema besar “Ergonomics Role amidst Covid-19: Student Perspective”. Ergocamp V atau yang tahun ini dikenal dengan nama Ergocamp Virtual dilaksanakan selama 2 hari sejak tanggal 14 hingga 15 Agustus 2020 dengan Universitas Brawijaya sebagai tuan rumah pelaksana dan diikuti oleh 63 tim yang terdiri dari 252 mahasiswa yang berasal dari 32 Universitas di Indonesia. Dalam Ergocamp V 2020 ini terdapat beberapa cabang perlombaan utama, yaitu VLOG serta Poster & Article.

Teknik Industri UBAYA mengirimkan 2 tim dalam kegiatan tersebut yaitu tim Cygnus & QUVIC. Tim Cygnus terdiri dari Meliana Lukito (Ketua tim), Tania Aisyah Fajrin, Ubaidilah Ziya Ulhaq dan Jimmy Christian Martinus. Sedangkan Tim QUVIC terdiri dari Tjendra,Vincent (Ketua tim), Alfredo Mardova Setyaputra, Nisha Amelia Kahir dan Miftachul Zainuddin Irfaan. Kedua tim mengikuti semua cabang kompetisi utama, yaitu Poster & Article serta VLOG Competition. Dalam kompetisi Poster & Article, Cygnus memilih sub tema Promoting Better Quality of “Work From Home” Life, sedangkan untuk VLOG Competition, Cygnus memilih sub tema Healthy life in facing global pandemic. QUVIC memilih sub tema New Product Development in Conformity with Covid-19, sedangkan untuk VLOG Competition, QUVIC memilih sub tema Healthy Life in Facing Global Pandemic.

Ergocamp V 2020 yang diadakan pada tanggal 14-15 Agustus 2020 adalah tanggal kegiatan utama. Terdapat beberapa lomba yang diadakan sebelum tanggal 14 Agustus 2020, kurang lebih 1 bulan sebelum tanggal kegiatan utama, tim Cygnus & QUVIC telah melakukan berbagai persiapan yang dimulai dari pemilihan tema, pembuatan Poster & Article, hingga pembuatan VLOG. Selama masa pandemi ini, semua anggota tim Cygnus & QUVIC mempersiapkan semua yang dibutuhkan secara virtual. Walaupun mereka melakukan diskusi secara online, namun kerja sama tim Cygnus & QUVIC untuk mengikuti Ergocamp V ini tetap terjaga, mereka saling menyemangati satu sama lain, hingga tepatnya pada tanggal 7 Agustus 2020, Poster & Article yang telah dikerjakan oleh QUVIC berhasil lolos pada tahap Top 5 Poster & Article yang akan dilanjutkan dengan mempresentasikan hasil kerja mereka pada hari pertama Ergocamp V 2020.

Hari pertama Ergocamp V 2020 jatuh pada tanggal 14 Agustus 2020 yang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari Ketua Panitia, Dekan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, dan Ketua Perhimpunan Ergonomi Indonesia. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan webinar yang diisi oleh 3 pemateri handal dari dalam dan luar negeri yang berpengaruh dalam sektor pendidikan dan perekonomian. Hingga pada siang hari, kegiatan utama yang dinantikan oleh tim QUVIC tiba, yaitu presentasi final Top 5 Poster & Article. Tim QUVIC dan peserta Top 5 lainnya saling bersaing dengan hasil presentasi mereka masing-masing yang berlangsung hingga sore hari. Kegiatan hari pertama Ergocamp V 2020 diakhiri dengan Malam Keakraban yang menampilkan berbagai bakat dan keterampilan dari semua tim yang terpilih.

Ergocamp V 2020 dilanjutkan pada hari kedua tanggal 15 Agustus 2020 yang diawali dengan kegiatan Sharing Session antar Universitas. Dalam kesempatan ini pula, Teknik Industri UBAYA diberikan kesempatan untuk memperkenalkan lebih jauh tentang fasilitas dan program yang ada di Teknik Industri UBAYA. Perkenalan Laboratorium TI UBAYA dilakukan oleh Meliana Lukito sebagai perwakilan dari tim Cygnus. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan berbagai games dan permainan menarik yang telah disiapkan oleh panitia, mulai dari Siapa Lebih Ergo, Ergo Family 100, hingga Super Ergo Deals yang berlangsung hingga sore hari.

Setelah semua games selesai, kegiatan penutup dari Ergocamp V 2020 yang dinantikan oleh semua peserta telah tiba. Kegiatan tersebut adalah Awarding Night yang akan mengumumkan semua pemenang dari kategori lomba Ergocamp V 2020. Dalam acara Awarding Night ini, kejuaraan diraih oleh tim QUVIC Universitas Surabaya. Mereka berhasil mendapatkan juara 3 untuk kategori Poster & Article, dan juara 2 untuk kategori VLOG Competition. Prestasi tersebut sekaligus mengharumkan nama Universitas Surabaya, karena hanya UBAYA yang mendapatkan juara dalam kedua kategori kompetisi utama dari Ergocamp V 2020. (Tim Quvic)

 

UA-129886102-1