web analytics

Kuliah Tamu – Integrated Supply Chain & Logistic Systems

Kuliah Tamu – Integrated Supply Chain & Logistic Systems

Graphical user interface, application

Description automatically generated

Pada tanggal 12 November 2020, Program Studi S1 dan S2 mengadakan Kuliah Tamu dengan judul Integrated Supply Chain & Logistic Systems. Acara ini diikuti oleh 114 peserta yang berasal dari dosen, mahasiswa aktif Ubaya dan alumni TI Ubaya. Pada kuliah tamu ini, Aufridus Maria Purwasunu selaku narasumber memberikan materi sesuai dengan pengalaman yang beliau dapatkan selama kurang lebih 25 tahun. Pengalaman yang beliau dapatkan adalah seputar dunia supply chain tempatnya bekerja, yaitu PT AGILITY INTERNATIONAL. Pada perusahaan itu, beliau dipercaya sebagai National Business Development Manager.

A person who is smiling and looking at the camera

Description automatically generated

Acara dibuka dengan mendengarkan sambutan dari Dr. Dra. Amelia Santoso, M.T. selaku Kepala Program Studi Magister Teknik Industri Ubaya. Dalam sambutannya, beliau berharap agar peserta kuliah tamu dapat belajar dari pengalaman narasumber dan dapat mengetahui gambaran mengenai dunia supply chain. Selain itu, beliau juga mengucapkan terima kasih kepada narasumber karena berkenan untuk membagikan ilmunya pada acara kali ini.

Setelah itu, Bpk. Aufridus langsung mempresentasikan materinya. Pada bagian awal, narasumber juga membagikan video mengenai supply chain yang isi videonya sangat relevan dengan apa yang terjadi sekarang ini. Pada presentasinya, narasumber menjelaskan tentang perbedaan antara supply chain dan logistic, pentingnya melakukan efisiensi biaya dalam aktivitas supply chain, penyimpanan material di gudang, Pusat Logistik Berikat dan masih banyak lagi. Dalam menjelaskan, narasumber tidak hanya melakukan penjelasan satu arah tetapi juga bertanya dengan peserta agar kuliah tamu lebih interaktif.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Peserta tampak antusias dengan memberikan pertanyaan kepada narasumber. Salah satu pertanyaan yang ditanyakan oleh Fransiskus Yudianto adalah sebagai berikut “Bagaimana kinerja operasional pada perusahaan Industri Kecil dalam Supply Chain dengan adanya dampak Covid-19 seperti saat ini?”. Narasumber kemudian menjawab pertanyaan dengan mengatakan bahwa “dunia supply chain tidak mengenal Covid-19”. Maksud beliau adalah aktivitas supply chain akan terus berjalan bahkan tidak mengenal hari libur. Karena yang menjadi penting adalah barang harus bisa sampai kepada customer tepat waktu, aktivitas pengiriman alat kesehatan tentunya juga harus tetap berjalan.

A person posing for the camera

Description automatically generated

Acara ditutup dengan mendengarkan kesan penutup dari Eric Wibisono, S.T., M.Eng., Ph.D. selaku Dekan Fakultas Teknik. (Tjendra, Vincent)

A group of people posing for a photo

Description automatically generated

UA-129886102-1