web analytics

KULIAH TAMU – PENGENALAN INSTRUMEN DAN RISIKO INVESTASI

Pada tanggal 28 November 2020, Program Studi Teknik Industri UBAYA mengadakan kuliah tamu dengan judul “Pengenalan Instrumen Dan Risiko Investasi”. Acara ini diikuti kurang lebih 110 Peserta yang berasal dari Dosen, Mahasiswa aktif Ubaya, dan Alumni TI Ubaya. Pada kuliah tamu ini, Pak Juwari selaku Senior Manager Pegadaian Area Surabaya 2, memberikan materi mengenai instrumen dan risiko investasi. Pengalaman Pak Juwari dalam dunia investasi sudah sangat lama, sehingga ilmu-ilmu yang diberikan dapat berguna untuk peserta. Peserta menjadi lebih mengerti tujuan investasi dan pentingnya investasi. Acara ini tentunya tidak hanya memperoleh materi saja, melainkan terdapat free gift, doorprize, dan sertifikat.

Pada pembukaan acara, diawali dengan kata sambutan dari Dr. Indri Hapsari, S.T., M.T. selaku Kepala Program Studi Teknik Industri. Di dalam kata sambutannya beliau berharap agar para peserta dapat lebih mengerti tentang investasi dan belajar dari pengalaman narasumber.

Pada sesi materi, acara kuliah tamu ini di moderatori oleh I Made Ronyastra, S.T., M.T. Setelah itu Bapak Juwari langsung mempresentasikan materinya. Pada presentasinya, narasumber menjelaskan tentang pentingnya investasi, macam-macam instrumen investasi, dan cara memilih investasi. Dalam sesi presentasi, narasumber tidak hanya melakukan penjelasan satu arah, tetapi juga ada sesi tanya jawab dengan peserta agar kuliah tamu lebih interaktif.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, peserta sangat bersemangat dalam sesi pertanyaan. Salah satu pertanyaan yang ditanyakan oleh Tjendra, Vincent sebagai berikut “pada jaman sekarang banyak sekali investasi bodong di masyarakat dan herannya masih banyak yang tertipu, kira-kira sebagai investor pemula, apa saja yang perlu diperhatikan untuk dapat membedakan investasi benar atau tidak?”. Narasumber menjawab pertanyaan dengan mengatakan, biasanya investasi bodong tidak terdaftar pada lembaga resmi, dan return yang ditawarkan wajar atau tidak, jika tinggi sekali maka bisa dikatakan investasi tersebut bodong. Sehingga investasi yang paling aman yaitu investasi emas.

Sesi acara kuliah tamu sudah selesai, dan diakhiri dengan sesi foto bersama. (Alfredo Mardova S)

UA-129886102-1