web analytics

Teknik Industri Ubaya mendapatkan General Accreditation dari IABEE

Selamat kepada Teknik Industri Ubaya telah mendapatkan status akreditasi GA (General Accreditation) dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Eduction (IABEE).

Saat ini, IABEE telah menjadi anggota Washington Accord (WA) dengan status Provisional Signatory. Washington Accord (WA) adalah sebuah perjanjian kerjasama internasional dalam bidang akreditasi program studi teknik (bachelor of engineering) di bawah payung International Engineering Alliance (IEA)

Dengan mengakreditasikan Prodi ke IABEE (khusus tipe General Accreditation), maka Prodi akan memperoleh rekognisi substantial equivalent dalam kerangka perjanjian-perjanjian internasional yang diikuti oleh IABEE. Dengan demikian, Prodi akan dipandang mampu oleh masyarakat internasional untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang menguasai Capaian Pembelajaran yang secara substansial disepakati di dalam perjanjian-perjanjian tersebut, sebagai bekal menapaki karir profesional yang sejalan. Prodi juga dipandang mampu untuk menjalankan sistem manajemen mutu yang mengarah pada perbaikan berkelanjutan, berdasarkan pengukuran dan evaluasi Capaian Pembelajaran Lulusannya masing-masing (iabee.or.id)

Secara lebih spesifik, manfaat IABEE adalah sebagai berikut (iabee.or.id):

Manfaat untuk Siswa/Orang Tua/Guru SLA
Akreditasi IABEE memastikan pendidikan Anda sesuai dengan standar Internasional yang mengacu pada Washington Acoord (WA) di bidang Anda. WA merupakan standar pendidikan tinggi teknik Internasional yang paling banyak diakui di dunia dan menjadi platform lembaga akreditasi pendidikan tinggi teknik di berbagai negara maju seperti USA, UK, Jepang, Australia, dan Korea Selatan. Dengan menempuh pendidikan di program studi yang terakreditasi IABEE, Anda akan mendapatkan dasar pendidikan kuat  dan mutakhir sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini.

Manfaat untuk Lulusan dari Program Studi terakreditasi IABEE
Status terakreditasi IABEE memastikan lulusan program studi memiliki standar kompetensi yang sesuai atau melebihi standar internasional untuk pendidikan tinggi teknik yang paling luas diakui Washington Accord (WA). Saat ini IABEE sedang dalam proses bergabung sebagai anggota Washington Accord dengan Provisional Status. Setelah diperoleh Provisional Status, IABEE akan menuju keanggotaan penuh sebagai Signatory Status. Dengan Signatory Status, maka akreditasi IABEE akan memiliki substantial equivalency dengan akreditasi oleh lembaga-lembaga yang sudah dikenal secara internasional seperti ABET (USA) dan JABEE (Jepang).

Sebagai lulusan program studi yang telah terakreditasi oleh IABEE maka Anda telah memiliki paspor untuk bergabung dengan profesional engineer global yang siap mengambil peluang karir di manapun di seluruh dunia.

Manfaat untuk Industri/Perusahaan/Pemerintahan
Kriteria akreditasi IABEE dikembangkan oleh para profesional dari berbagai komunitas bidang teknik baik akademik, industri maupun pemerintah dengan mengacu pada standar internasional Washington Accord (WA) yang paling luas diakui di dunia. Dari setiap komunitas terdapat beberapa sukarelawan untuk mengevaluasi program terkait dengan bidang profesinya. Para sukarelawan ini telah mendapatkan pelatihan dalam mengevaluasi relevansi, isi, dan kualitas program yang diterapkan program studi. Bagi suatu program studi akreditasi IABEE akan memastikan bahwa setiap lulusannya telah memenuhi prasyarat pendidikan yang diperlukan untuk masuk sebagai tenaga profesional yang mendukung kemajuan perusahaan di tingkat dunia. Di samping itu, lulusan program studi terakreditasi IABEE juga telah dipersiapkan untuk beradaptasi dan berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi masa depan.

Prodi Teknik Industri Ubaya mendapatkan akreditasi ini, yang telah ditandatangani oleh Majelis Akreditasi IABEE pada 18 Maret 2021. Diharapkan dengan memperoleh akreditasi ini TI Ubaya akan terus-menerus berkomitmen untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan demi terwujudnya sumber daya manusia Indonesia dalam bidang teknik industri yang unggul.

Seperti tercermin pada keunggulan dan kekhasan yang dievaluasi oleh IABEE, Program Studi Teknik Industri Ubaya mempunyai metode pembelajaran yang “beyond the classroom”.

Tercermin pada fasilitas pembelajaran yang mendukung pengembangan diri secara kreatif, contohnya dengan adanya Lab. Teaching Industry, menfasilitasi mahasiswa untuk bekerjasama multidisiplin dengan mahasiswa dari departemen atau fakultas lain serta memberikan teori dan praktik secara berimbang.

Selain itu TI Ubaya memiliki kerjasama yang sangat baik dengan institusi di luar negeri sehingga memungkinkan student exchange dan juga kerja sama dengan industri yang juga internship dan rekrutmen lulusan. Fasilitas pendukung juga telah dilengkapi dengan standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja sudah baik.

Pada kesempatan kali ini, kami juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada rekan industri/institusi pemerintah yang telah menjadi pengguna lulusan, alumni TI Ubaya, dan mahasiswa aktif yang telah mendukung proses akreditasi ini.

Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh jajaran pimpinan FT dan Ubaya, dosen dan karyawan yang memberikan kontribusi penting atas akreditasi ini. (AHK)

#teknikindustri #ubaya #akreditasiiabee #iabee #international #alumni #washingtonaccord

UA-129886102-1