4 Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta cathrine June 29, 2021

4 Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta

Kenapa memilih kuliah di private university (PTS – Perguruan Tinggi Swasta) bisa menjadi alternatif kuliah selain di public university (PTN – Perguruan Tinggi Negeri)?

Pertama, PTS itu ngga kalah lo kualitasnya jika dibandingkan dengan PTN. Thanks to BAN-PT yang rutin memonitor dan memberikan penilaian untuk seluruh perguruan tinggi di Indonesia, baik PTN dan PTS, serta memberikan status akreditasi pada PT (Perguruan Tinggi) maupun Prodi (Program Studi) berdasarkan capaiannya.

Kenapa akreditasi itu penting untuk masyarakat, baik sebagai calon mahasiswa, orang tua, ataupun perusahaan yang nanti akan menerima lulusan? Sulit bagi masyarakat yang berada di luar sistem untuk mengetahui apakah proses yang dilakukan di di dalam PT tersebut benar mengutamakan kualitas dan sesuai standar nasional atau tidak. Karena itu BAN-PT sebagai badan yang menjamin akreditasi nasional menugaskan asesor (penilai) ke PT dan Prodi untuk memeriksa secara berkala apa yang dilaporkan dan bagaimana kenyataannya di lapangan. Hasilnya bisa dicek disini:

https://www.banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php

yang bisa difilter berdasarkan status akreditasi dan masa berlaku status tersebut.  Status akreditasi tertinggi adalah Unggul dan untuk Teknik Industri hanya ada 7 prodi di Indonesia yang mendapatkannya, termasuk Teknik Industri Universitas Surabaya (UBAYA). Berdiri sejak 1986, Teknik Industri UBAYA sejak 1998 terus menerus mempertahankan akreditasi A dan sejak 2021 naik menjadi Unggul.

Terdapat pula akreditasi internasional yang menjamin kesetaraan kualitas lulusan secara global. Akreditasi internasional ini merupakan jaminan standar dan komitmen untuk memberikan pendidikan yang diakui secara internasional. Untuk Prodi Teknik Industri, lembaga akreditasi internasional yang terdaftar di Washington Accord adalah IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education). IABEE merupakan binaan dari JABEE (Japan Accreditation Board for Engineering Education) dan telah diakui oleh diakui di Indonesia oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai badan yang bertanggungjawab terhadap akreditasi program-program studi yang memberikan gelar sarjana akademik di bidang teknik dan computing. Prodi mana saja yang telah mendapatkan status tersebut dapat dilihat disini:

https://evaluation.iabee.or.id/#/accreditation/summary/search

Sejak tahun 2017 Teknik Industri UBAYA telah mendapatkan Provisional Accreditation dan sejak tahun 2021 meningkat menjadi General Accreditation. Teknik Industri UBAYA menjadi salah satu dari 7 prodi Teknik Industri di Indonesia yang mendapatkannya.

Sertifikasi internasional yang juga diraih oleh Teknik Industri UBAYA adalah AUN-QA (Asean University Network – Quality Assurance) yang merupakan jaringan penjaminan mutu PT di ASEAN dengan tanggung jawab untuk mempromosikan penjaminan mutu di PT, meningkatkan mutu pendidikan tinggi, dan berkolaborasi dengan badan-badan regional dan internasional untuk kepentingan komunitas ASEAN. Teknik Industri UBAYA sejak tahun 2019 telah mendapatkan sertifikasi internasional AUN-QA dan menjadi salah satu di antara 7 prodi Teknik Industri di Indonesia yang mendapatkannya.

Berdasarkan pengalaman Teknik Industri UBAYA, semua akreditasi yang telah disebutkan bermanfaat untuk meningkatkan potensi kerjasama antar PT misal untuk pertukaran mahasiswa, dosen, penelitian dan kegiatan bersama; meningkatkan potensi mendapatkan hibah nasional dan internasional karena rekam jejaknya yang baik sehingga dapat menunjang kegiatan tridharma; serta menjamin lulusan yang dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi.

Akreditasi yang telah dimiliki TI Ubaya

Hal kedua alasan memilih PTS adalah biaya kuliah. Kuliah di PTS secara umum memang lebih mahal daripada PTN, PTSpun juga beragam tingkatan biayanya. Nah sebenarnya biaya kuliah itu buat apa sih? Biaya kuliah tersebut digunakan untuk meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa, serta melengkapi fasilitas akademis dan non akademis. PTS yang baik akan menyeleksi dengan ketat calon dosen dan tenaga kependidikan, membina dengan beragam pelatihan, serta mendukung studi lanjut dan kegiatan tridharma. Fasilitas akademis berupa sistem informasi untuk mempermudah proses administrasi, keuangan, maupun pembelajaran; unit-unit penunjang untuk menjalankan seluruh fungsi yang ada di dalam PT; kenyamanan kelas kuliah; kelengkapan laboratorium; jumlah hardware yang cukup untuk digunakan seluruh mahasiswa dan koleksi software; koleksi perpustakaan yang lengkap berupa buku maupun e-journal; dukungan bagi mahasiswa yang mengikuti lomba nasional dan internasional; dukungan terhadap kegiatan magang industry atau pertukaran pelajar, baik di dalam maupun di luar negeri. Fasilitas non akademis meliputi fasilitas olahraga yang lengkap; fasilitas perpustakaan yang nyaman; kantin dengan tempat makan yang luas dan memiliki berbagai pilihan; minimarket di dalam kampus; tempat ibadah yang representative; toilet yang bersih dan memadai; fasilitas terhadap kegiatan unit kegiatan mahasiswa; tempat parkir yang luas dan aman; fasilitas Kesehatan seperti rumah sakit, klinik, dan apotek; ATM dan bank; dan toko buku.

Fasilitas di TI Ubaya

Jadi silakan cek pada PT tersebut dengan biaya kuliah yang harus dibayarkan apa saja yang bisa didapatkan. UBAYA sebagai universitas yang berdiri sejak 1968 dan selama ini mempertahankan status A akreditasi Institusi oleh BAN-PT telah melengkapi fasilitas di Kampus I Ngagel dan Kampus II Tenggilis dengan seluruh fasilitas yang dibutuhkan mahasiswa. Bahkan UBAYA memiliki dan mengelola kampus III seluas 36 hektar yang berada di kaki gunung Penanggungan, terdapat cottage dan camping ground untuk menginap dan bisa digunakan untuk kegiatan akademis maupun non akademis serta masyarakat umum. Silakan cek disini untuk informasinya

https://utc.ubaya.ac.id/home

Gimana jika ada kesulitan biaya tapi ingin menikmati kuliah di swasta untuk merasakan fasilitas-fasilitasnya? Jangan khawatir ada banyak beasiswa yang bisa dimanfaatkan. Beasiswa tersebut bisa didapatkan sebelum masuk kuliah atau selama kuliah. Beasiswa juga ada banyak asalnya, bisa dari pemerintah, perguruan tinggi, atau pihak ketiga seperti mitra perusahaan atau yayasan. Rajin-rajin cari informasi ya. Kalau di Ubaya semua beasiswa itu rutin diberikan karena Ubaya berkeinginan memberikan kesempatan seluas-luasnya pada calon mahasiswa.

http://ubaya.ac.id/2018/students/content/scholarships.html

Hal ketiga lokasi kampus juga pengaruh loh. Cek lokasi kuliah dimana, mudah ngga aksesnya, bagaimana lingkungannya, lengkap tidak fasilitas di sekitarnya jika perlu sesuatu. Misal rumah kos, apartemen, supermarket, tempat makan, tempat fotokopi, optic, mall, café, atau lainnya. Kalau Teknik Industri UBAYA ini letaknya di kampus II Ubaya yang letaknya di Tenggilis, masuk area Surabaya Timur. Ada 3 mall yang bisa dijangkau dengan waktu kurang dari 20 menit. Kemudian kalau baru datang dari luar kota, menggunakan bis, kereta, atau pesawat bisa mencapai lokasi kampus dengan waktu sekitar 30 menit dengan beragam moda transportasi. Bawa kendaraan sendiripun tidak masalah, Ubaya telah menyediakan lapangan parkir yang luas untuk mobil dan motor. Ke kampusnya nanti ada bis kuning UBAYA yang rutin mengantar jemput mahasiswa ke beberapa halte di Kampus II. Menuju kelaspun jangan khawatir kehujanan atau kepanasan. Setiap gedung dilengkapi dengan lift yang dapat membantu mobilitas mahasiswa dan dosen.

Keempat lulusan PTS itu juga ngga kalah lo karena kalau kualitas PTSnya bagus, perusahaan multinasional, startup, atau perguruan tinggi luar negeri mau menerima lulusan PTS tersebut di tempatnya. Indikator berupa berapa lama lulusan menunggu hingga mendapatkan kerja pertama dan IPK lulusan menjadi bukti pencapaian lulusan. Dari data tahun 2021, lulusan Teknik Industri UBAYA memiliki masa tunggu 3 bulan dari sejak dinyatakan lulus hingga mendapatkan pekerjaan pertama, dengan rata-rata IPK lulusan adalah 3,39. Buat yang mau melanjutkan studi, sejak tahun 2016 telah didirikan Magister Teknik Industri UBAYA yang bisa diikuti oleh seluruh lulusan Teknik baik dari PT dalam ataupun luar negeri. Sebagai lulusan Teknik Industri UBAYA, tentu banyak fasilitas yang bisa didapatkan seperti beasiswa S2 dan program fast track supaya bisa menempuh S1 dan S2 dengan masa studi lebih singkat.

Silakan dilihat disini ya untuk lengkapnya http://tipasca.ubaya.ac.id/

Teknik Industri UBAYA juga menjaga hubungan dengan alumni melalui kegiatan Sharing Alumni, Pre-graduation Workshop, dan Alumni Gathering karena melalui jejaring alumni semoga dapat memberikan kesempatan lebih besar bagi para lulusan baru untuk dapat berhasil memasuki dunia kerja.

Semoga penjelasan ini bisa membuat kalian makin PD ya untuk memilih PTS sebagai tempat kalian menimba ilmu. Kalau masih penasaran silakan akses website kami di  http://ti.ubaya.ac.id/  dan channel media sosial kami di https://linktr.ee/TIUbaya

Sampai jumpa! 😊