web analytics

Lomba Industrial Games 29 Sukses Dilaksanakan

Ajang lomba bergengsi berskala nasional  yang diadakan oleh Teknik Industri Universitas Surabaya yaitu Industrial Games sukses dilaksanakan pada tanggal 11 hingga 13 Juli 2021. Lomba Teknik Industri ke-29 untuk teman-teman SMA/K Sederajat Se-Indonesia ini mengusung tema “Sustainability Through Digital Transformation” yang dibimbing oleh Bapak Argo Hadi Kusumo S.T., M.B.A. Berbeda dari sebelumnya, Industrial Games 29 diadakan secara online dengan platform Zoom dan website Industrial Games yang dirancang oleh panitia. Dibukanya Industrial Games 29 oleh Brigitta Ancelina selaku ketua acara IG dan Ketua Program Studi Teknik Industri Dr. Indri Hapsari, S.T., M.T. dengan gong online menandakan acara Industrial Games dimulai.

Hari pertama para tim yang beranggotakan 3 peserta akan bermain dalam babak Game Besar yang berperan sebagai sebuah perusahaan start-up yang berada di fase perkenalan pada pasar. Para tim harus mengetahui kondisi pasar dan analisa permintaan konsumen agar siap menghadapi para pesaing lainnya. Selain Game Besar, para peserta diperkenalkan dengan lingkungan dan fasilitas Teknik terutama Teknik Industri Universitas Surabaya. 25 tim yang berhasil lolos dalam babak Game Besar akan bermain dalam babak Semi Final di hari kedua, di mana para tim harus meningkatkan kinerja perusahaan makanan dan memperluas pasar dengan meraih pelanggan sebanyak-banyaknya. Di hari terakhir para tim akan bermain dalam babak Final bersama 10 tim yang berperan sebagai perusahaan yang bergerak di bidang asuransi kesehatan dan berbasis aplikasi, di mana semua klaim, pembayaran premi, dan kesepakatan polis dilakukan melalui aplikasi. Start-up asuransi harus dapat melakukan inovasi untuk mempertahankan penjualan dan eksistensi agar bisa bertahan. Selain itu, 10 tim harus melakukan presentasi pada babak prototype mengenai pengelolaan infrastruktur yang efektif dan efisien dengan tema “Smart City”. Akhirnya keputusan 3 dewan juri yaitu Ir. Markus Hartono S.T., M.Sc., Ph.D.,CHFP.,IPM., Ramadhani K.S. , ST., MT., dan Prof. Ir. Joniarto Parung M.M.B.A.T., Ph.D. memutuskan bahwa juara 3 dari SMAK Frateran, juara 2 dari SMAK St. Louis 1, dan Juara 1 dari SMAK St. Louis 1. Masing-masing pemenang mendapatkan uang tunai, potongan biaya masuk Universitas Teknik Industri Surabaya, dan untuk juara 1 mendapatkan piala bergilir Gubernur Jawa Timur. Tidak hanya itu, panitia juga memutuskan pemenang pre-event Industrial Games di mana para peserta memperkenalkan startup unik dalam bentuk video dengan juara 3 dari Nation Star Academy, juara 2 dari SMAKr Petra 2, juara 1 dari SMA Negeri 4 Denpasar, dan juara favorit dari SMA Jembatan Budaya.

Antusias para tim peserta dari berbagai sekolah di Indonesia tampak saat bermain dalam tiap babak di Industrial Games 29. Para peserta juga mengatakan bahwa Industrial Games adalah lomba online terbaik dengan website yang dirancang sangat lancar, serta panitia Industrial Games sangat responsif. Kedepannya, para peserta berharap Industrial Games dapat dilakukan secara offline agar permainan semakin seru.


UA-129886102-1