Pengukuhan Profesor pada Fakultas Teknik Universitas Surabaya cathrine January 18, 2022

Pengukuhan Profesor pada Fakultas Teknik Universitas Surabaya

A group of people wearing clothing Description automatically generated with low confidence

Pada tanggal 21 Desember 2021 Universitas Surabaya mengadakan Rapat Terbuka Senat Universitas Surabaya (Ubaya) dengan agenda tunggal “Pengukuhan Profesor pada Fakultas Teknik Universitas Surabaya”. Di acara tersebut, ada dua orang guru besar yang dikukuhkan, yaitu Prof. Ir. Markus Hartono, S.T., M.Sc., Ph.D., CHFP, IPM, ASEAN Eng. sebagai Profesor Bidang Ilmu Teknik Industri dan Prof. Restu Kartiko Widi, S.Si., M.Si., Ph.D. sebagai Profesor Bidang Ilmu Teknik Kimia. Acara yang digelar di penghujung tahun 2021 tersebut berlangsung secara hybrid (luring dan daring) dengan mengikuti protokol kesehatan.

Prof. Markus Hartono menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul “Rekayasa Faktor Manusia Berbasis Kepuasan Afektif (Kansei) Dalam Desain Industri Layanan-Sebuah Pendekatan Kontemporer Integratif dan Tantangan ke Depan”. Sedangkan Prof. Restu Kartiko Widi mempresentasikan orasi ilmiah dengan judul ‘Pemanfaataan Material Anorganik Untuk Mendukung Penerapan Konsep Kimia Hijau’.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Surabaya, Dr. Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T. mengemukakan bahwa pengukuhan dua orang guru besar yang baru menambah jumlah profesor di Ubaya menjadi 12 orang. Pengukuhan tersebut mendukung komitmen Ubaya untuk melakukan lompatan-lompatan dalam bidang sumber daya manusia supaya siap untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Sementara itu, Ketua Yayasan, Anton Prijatno, S.H. menyatakan bahwa kedua guru besar yang baru dikukuhkan telah memiliki gelar keilmuan tertinggi. Dengan demikian, mereka mempunyai kompetensi dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, yang sekaligus membaktikan dirinya untuk mendidik.

Diiringi dengan pantun, Kepala LLDIKTI Wilayah VII, Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA menyampaikan bahwa dua orang guru besar yang dikukuhkan meningkatkan jumlah guru besar di Wilayah VII (Jawa Timur), yang merupakan wilayah dengan jumlah profesor terbanyak se-Indonesia.

Selama kurang lebih tiga jam, sekitar 400 undangan dari dalam dan luar kampus baik secara luring dan daring mengikuti acara dengan tertib dan khidmat. Acara diakhiri dengan ramah tamah dan foto bersama.

Pengukuhan Prof Markus Hartono sebagai guru besar merupakan pencapaian yang membanggakan di Program Studi (Prodi) Teknik Industri (TI) Ubaya dan menambah jumlah profesor di Prodi TI menjadi dua orang. Semoga hal tersebut dapat memicu dan memotivasi dosen-dosen yang lain untuk selalu meningkatkan kompetensi, berkarya, dan berkontribusi.

A person in a uniform surrounded by flowers and flags

Description automatically generated with low confidence

A group of people in graduation gowns and caps

Description automatically generated with medium confidence

A group of people wearing clothing

Description automatically generated with low confidence