SITE VISIT PT SPIL cathrine January 31, 2023

SITE VISIT PT SPIL

Dalam menimba ilmu mengenai Maritime Logistics, tentunya diperlukan pengalaman secara langsung di lapangan. Oleh karena itu, untuk memperkenalkan dan memperluas wawasan anggota Maritime Logistics Club (MLC) Universitas Surabaya (Ubaya), bersama dengan Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) University, diselenggarakan acara Site Visit menuju depo Yonif dan kapal Oriental Gold yang dimiliki oleh PT SPIL. Kegiatan Site Visit ini bertujuan untuk memperkenalkan ilmu logistik maritim dalam lingkup Teknik Industri dan menunjukkan peran penting logistik saat ini dan masa depan, menciptakan pola pikir yang kritis, efektif, dan efisien, sesuai dengan disiplin ilmu Teknik Industri, dan memberikan wawasan kepada Pengurus MLC mengenai disiplin ilmu Teknik Industri, terkhusus pada bidang logistik.

Kegiatan Site Visit ini diadakan pada hari Sabtu (17/12/2022) secara offline dengan didampingi oleh 2 orang dosen Teknik Industri Ubaya, yaitu Bapak Dr. Stefanus Soegiharto, S.T., M.Sc., dan Bapak Ivan Kristianto Singgih, S.T., M.T., Ph.D. Site Visit kali ini dipimpin oleh pihak PT SPIL selalu pembicara dan pemandu jalannya acara. Kegiatan Site Visit kali ini tertutup bagi anggota dan pengurus dari MLC UBAYA saja.

Di awal Site Visit, pihak PT SPIL menjelaskan mengenai safety procedure yang perlu diterapkan oleh seluruh peserta dan panitia selama berasa di area Depo Yonif maupun Kapal Oriental Gold. Kemudian kegiatan inti dimulai dengan mengelilingi Depo Yonif sambil dijelaskan oleh salah satu operator senior yang telah berpengalaman dan memiliki pemahaman yang sangat tinggi dalam sistem logistik maritim. Peserta dan panitia dapat melihat secara langsung proses bongkar muat kargo yang dilakukan oleh PT SPIL secara rutin, dan lebih baik lagi, pihak PT SPIL sambil menjelaskan sehingga seluruh peserta dan panitia dapat lebih mengerti dan lebih jelas tentang bagaimana prosesnya berjalan. Selanjutnya, kegiatan inti berpindah menuju kapal Oriental Gold, yang merupakan salah satu kapal kargo yang dimiliki oleh PT SPIL. Pada kapal ini, pihak PT SPIL menjelaskan mengenai bagaimana prosedur dalam membongkar muat kargo pada kapal, dan bagaimana cara mengoperasikan kapal secara langsung. Para peserta dan panitia diijinkan untuk melihat dan memasuki secara langsung ruang kontrol dari kapal Oriental Gold sehingga dapat lebih mengerti dan memahami mengenai proses yang harus dijalankan. Dengan mengikuti Site Visit kali ini panitia dan semua peserta dapat lebih mengenal dan mengetahui mengenai ilmu logistik dalam ranah maritim, serta mendapatkan wawasan baru berupa ilmu, informasi dan juga pengetahuan terkait dunia logistik maritim. Semoga apa yang diperoleh dari Site Visit ini bermanfaat dan dapat diterapkan di masa depan