Memahami Employee Experience, Stress Management dan Onboarding Management ti December 6, 2023

Memahami Employee Experience, Stress Management dan Onboarding Management

Pada hari Jumat, 24 November 2023, Program Studi Teknik Industri (TI) Universitas Surabaya (UBAYA) menyelenggarakan kuliah tamu dengan tema Employee Experience: Mental Health (Stress Management) & Onboarding Management” secara offline di Ruang Serba Guna FBE pada pukul 16.00 WIB. Pembicara pada kuliah tamu kali ini adalah Yohanes Kurniawan, seorang alumni Psikologi Universitas Surabaya angkatan 1998 yang saat ini berkarir sebagai konsultan.

Acara ini dihadiri oleh mahasiswa TI UBAYA angkatan 2020 dan 2021 serta mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Manajemen Organisasi (MO) dan Psikologi Kerja (Psiker). Selain itu, acara ini juga terbuka untuk seluruh mahasiswa TI UBAYA.

Pada kuliah tamu kali ini, peserta mendapatkan wawasan baru mengenai pengalaman karyawan (employee experience). Stress management berhubungan dengan bagaimana mengelola tekanan kerja. Pembicara menjelaskan bagaimana lingkungan kerja yang sesungguhnya, tugas hingga tekanan yang akan dihadapi. Sedangkan onboarding management menjelaskan proses penerimaan karyawan, masa orientasi, dan evaluasi karyawan untuk mengetahui apakah karyawan merasa aman, nyaman, dan dapat bekerja dengan baik.

Pembicara juga membagikan knowledge mengenai life cycle karyawan, yang terkait dengan employee experience, meliputi apa saja yang harus disiapkan untuk memasuki dunia kerja. Dengan demikian, peserta memperoleh pemahaman terstruktur mengenai pengelolaan tekanan kerja dan onboarding yang berdampak pada pengalaman kerja karyawan serta berpengaruh pada motivasi dan engagement karyawan di sebuah perusahaan.

Setelah penjelasan dan sharing materi, terdapat kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada pembicara. Peserta tampak antusias melalui berbagai pertanyaan yang diajukan. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada pembicara dan diakhiri dengan foto bersama. Melalui acara ini, mahasiswa diharapkan dapat mempersiapkan dirinya dengan baik untuk memasuki dunia kerja, membangun portofolio mulai dari sekarang, dan mengetahui bagaimana mengelola kesehatan mental dan onboarding karyawan. (Nelly & ED)