Kunjungan Industri TI UBAYA ke Satoria dan Kebun Teh Wonosari ti June 15, 2024

Kunjungan Industri TI UBAYA ke Satoria dan Kebun Teh Wonosari

Pada hari Rabu, 12 Juni 2024, mahasiswa dan dosen Program Studi (Prodi) Teknik Industri (TI) Universitas Surabaya (UBAYA) melakukan kunjungan industri ke PT Satoria Aneka Industri dan Kebun Teh Wonosari. Terkait dengan mata kuliah Strategic and Performance Management, kunjungan ini mengajak mahasiswa untuk melihat langsung dunia industri, bagaimana perusahaan merancang dan menetapkan srategi, serta melaksanakan kegiatan operasional mereka.

Di kunjungan pertama, mahasiswa dan dosen mendatangi PT Satoria Aneka Industri yang bertempat di Pasuruan, Jawa Timur, dengan dua unit bisnis utama, yaitu PT Satoria Pharma yang bergerak dibidang produksi bahan kimia dan PT Satoria Agro Industri yang bergerak dibidang food industry. Peserta kunjungan berkumpul dan berangkat pukul 07.30 WIB dari Kampus Tenggilis menuju PT Satoria Aneka Industri dengan menempuh perjalanan sekitar kurang lebih satu jam. Setelah sampai di sana, peserta disambut dengan ramah oleh pihak perusahaan. Setelah mendapatkan penjelasan singkat terkait profil perusahaan, peserta diajak berkeliling ke PT Satoria Pharma. Sebelum memasuki area produksi, peserta diminta untuk mengenakan perlengkapan seperti jas lab, pelindung kepala, sarung tangan dan sepatu, serta mencuci tangan. Setelah itu, tim teknis perusahaan menjelaskan proses produksi, bahan baku, serta fasilitas dan mesin yang ada.

Setelah melakukan kunjungan ke PT Satoria Pharma, peserta menuju PT Satoria Agro Industri. Sebelum memasuki pabrik, peserta diminta untuk memotong kuku yang panjang, melepas aksesoris, mengenakan pelindung kepala dan sepatu, jas lab, serta mencuci tangan. Kemudian, tim teknis menjelaskan aktivitas produksi dan kegunaan dari setiap mesin yang terdapat di area produksi. Kunjungan ini juga dilengkapi dengan sesi tanya jawab yang interaktif dan direspon dengan baik. Kunjungan industri yang pertama ini diakhiri dengan foto bersama di depan perusahaan.

Di kunjungan industri yang kedua, peserta menuju ke Kebun Teh Wonosari yang berada di Lawang. Saat sampai di tujuan, peserta merasakan suasana sejuk dan mendung yang menyelimuti kebun teh. Setelah menikmati makan siang yang sudah disiapkap, peserta diajak jalan-jalan dan berkeliling di area kebun teh, sembari mendapatkan penjelasan tentang jenis tanaman teh yang ada di Kebun Teh Wonosari, umur tanaman teh, daun yang umumnya dipetik, dan daun yang bagus untuk dipetik. Penjelasan yang diberikan sangat jelas dan menarik sehingga mudah dipahami. Lalu para peserta menikmati kebuh teh dengan mengambil foto-foto di area kebun teh.

Berikutnya, peserta diajak melihat dan masuk pabrik teh. Di sini peserta mendapatkan penjelasan mengenai proses pembuatan teh dan mesin-mesin yang digunakan. Kemudian peserta menuju ke aula untuk melihat video ringkasan dari Kebun Teh Wonosari disertai dengan makan snack dan minum teh hasil produksi Kebun Teh Wonosari. Tidak hanya itu, peserta juga mendapatkan bingkisan berupa teh hasil Kebun Teh Wonosari. Setelah penyampaian kesan pesan dan foto bersama, maka kegiatan kunjungan pabrik dan kebun teh selesai, dan peserta kembali pulang ke Universitas Surabaya. Semoga kunjungan industri ini berkesan, memberikan pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat dan tidak terlupakan. (ea & ls, edited by ed)