Kunjungan SMA Progresif Bumi Shalawat yang Hangat dan Bersahabat ti September 25, 2024

Kunjungan SMA Progresif Bumi Shalawat yang Hangat dan Bersahabat

Pada hari Senin, 23 September 2014, Program Studi (Prodi) Teknik Industri (TI) Universitas Surabaya (UBAYA) mendapatkan kunjungan dari SMA Progresif Bumi Shalawat, Sidoarjo. Kunjungan ketujuh siswa tersebut disambut hangat oleh para dosen dan asisten dan diterima di Lab Desain Kerja dan Ergonomi (DKE). Acara kunjungan dibuka oleh Bapak Rahman Dwi Wahyudi, salah satu dosen di TI UBAYA, dengan penjelasan singkat tentang TI UBAYA, yang dilanjutkan dengan pemutaran video perkenalan TI UBAYA.

Selanjutnya para siswa diajak untuk bermain dan belajar dengan mencoba fasilitas dan peralatan di Lab DKE. Dengan didampingi oleh keempat asisten lab, siswa melakukan beberapa kegiatan praktikum sederhana, yaitu analisis unjuk kerja, vision and noise, dan ergonomi antropometri. Di kegiatan praktikum yang pertama, siswa mengukur dan membandingkan detak jantung serta konsumsi energi dengan beban kayuh pada ergocycle yang berbeda. Kemudian di kegiatan praktikum kedua, vision and noise, siswa mencoba alat eye tracking, yang bisa digunakan untuk merancang media komunikasi visual yang efektif dan menarik. Di praktikum yang terakhir, siswa mencoba driving simulator, di mana siswa dapat belajar tentang bagaimana menerapkan konsep ergonomi antropometri pada desain kursi yang aman dan nyaman serta sesuai untuk permainan simulasi berkendara. Melalui kegiatan praktikum sederhana ini siswa belajar mengenal konsep ENASE dari Ergonomi, yang merupakan kepanjangan dari Efektif, Nyaman, Aman, Sehat, dan Efisien.

Untuk menyemangati para siswa dan memudahkan kegiatan praktikum, siswa dibagi dalam tiga kelompok. Ketiga kelompok ini berkompetisi dan berusaha mendapatkan nilai terbaik di setiap kegiatan praktikum. Para asisten dengan telaten dan bersahabat memandu tiga kelompok ini agar dapat menyelesaikan setiap praktikum dengan menyenangkan, seperti yang tampak di gambar berikutnya Di akhir kunjungan, kelompok dengan nilai tertinggi secara keseluruhan mendapatkan hadiah souvenir cantik dari TI UBAYA. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga kunjungan ini mengesankan, memberikan manfaat, dan tidak terlupakan. (sj, edited by ed)