STUDI EKSKURSI TEKNIK INDUSTRI GASAL 2019/2020 cathrine October 28, 2019

STUDI EKSKURSI TEKNIK INDUSTRI GASAL 2019/2020

Kunjungan Mahasiswa Universitas Surabaya PT. Surya Pratista Hutama

Peserta merupakan mahasiswa angkatan 2019 sebanyak 98 orang dan  mahasiswa angkatan lainnya sebanyak 18 orang yang dibagi menjadi 3 bis dan masing-masing bis didampingi oleh 1 dosen. Pukul 06.30, peserta mulai berkumpul di depan Perpustakaan Universitas Surabaya dan melakukan registrasi. Pukul 07.27, semua bis berangkat menuju perusahaan yang akan dikunjungi. Pada kesempatan kali ini, terdapat 2 rute yang berbeda dari 3 bis tersebut. Bis pertama mengunjungi PT. Yakult Indonesia Persada dan PT. Kaboki. Lalu, bis kedua mengunjungi PT. Surya Pratista Hutama dan PT. Kaboki.

Kemudian bis ketiga mengunjungi PT. Surya Pratista Hutama  dan PT. Amerta Indah Otsuka. Surya Pratista Hutama merupakan salah satu perusahaan pangan yang tergolong besar di Indonesia. Kegiatan dimulai dengan mendengarkan penjelasan mengenai sejarah perusahaan dan proses produksi kemudian factory tour dilanjutkan demo memasak mie kering, dan diakhiri dengan melakukan tanya jawab terkait dengan perusahaan tersebut yang dikaitkan dengan ilmu Teknik Industri dan tanya jawab bersama CEO PT. Surya Pratista Hutama. Setelah sesi tanya jawab selesai, peserta mencoba masakan mie kering yang disediakan pihak PT. Surya Pratista Hutama. Setelah selesai, dilakukan penyerahan plakat oleh Dosen Teknik Industri Universitas Surabaya kepada perwakilan perusahaan sebagai tanda terima kasih kepada PT. Surya Pratista Hutama karena telah menerima kunjungan pabrik ini. Sebelum pulang dari PT. Surya Pratista Hutama, tidak lupa diambil foto bersama untuk kenang-kenangan.

Saat berkunjung di PT. Yakult Indonesia Persada, pengunjung (peserta dan dosen) melihat dan mendengarkan penjelasan mengenai lantai produksi, ciri khas yakult, dan bagan perkembangan Yakult dari awal berdiri hingga saat ini. Di ruangan tersebut terdapat desain tangki pada tembok yang digunakan untuk membuat pengunjung tertarik untuk berfoto, seakan-akan mereka berada di dalam tangki produksi. Puas melihat-lihat lantai produksi PT. Yakult Indonesia Persada, seluruh peserta diarahkan ke ruang pertemuan untuk melakukan sesi tanya jawab mengenai apa saja yang ingin diketahui tentang perusahaan Yakult. Setiap pengunjung yang masuk diberikan 3 botol yakult. Setelah semuanya duduk dan siap, pengunjung diberi penjelasan mengenai apa itu yakult, awal mula ditemukannya yakult, hingga sejarah berdirinya PT. Yakult Indonesia Persada di Indonesia. Terakhir, dilakukan penyerahan plakat oleh dosen pendamping dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Kunjungan dilanjutkan menuju PT. Kaboki merupakan perusahaan yang membuat tas rajut dengan berbagai variasi model. Mulanya, seluruh peserta diarahkan untuk melihat lantai produksi, dimana dapat dilihat dari proses pemotongan, perajutan, hingga pembersihan bekas coretan pada produk yang telah jadi. Selama sesi ini, petugas dari pihak Kaboki menjelaskan semua hal yang terkait dengan proses produksi tas rajut. Disini, para peserta juga diajak untuk belajar merajut. Tidak memandang jenis kelamin, baik perempuan maupun laki-laki sangat antusias saat mempelajari cara merajut. Sesi merajut diselingi dengan sesi tanya jawab terkait dengan perusahaan yang dikaitkan dengan ilmu Teknik Industri. Kemudian, peserta diajak untuk melihat display produk yang ada di factory outlet PT. KABOKI. Setelah selesai, dilakukan penyerahan plakat oleh Dosen Teknik Industri Univeristas Surabaya kepada perwakilan perusahaan sebagai tanda terima kasih kepada PT. KABOKI yang telah menerima kunjungan pabrik dari Universitas Surabaya. Terakhir, dilakukan pengambilan foto bersama seluruh peserta dengan para dosen pendamping

Mahasiswa Universitas Surabaya Belajar Teknik Rajut di PT. KABOKI

Amerta Indah Otsuka merupakan salah satu perusahaan besar yang berada di Indonesia. Awalnya, pengunjung diperkenalkan mengenai manfaat dan kandungan pada kedelai melalui simulasi game. Setelah itu, pengunjung diarahkan menuju ruang proses produksi Soyjoy. Pengunjung diberi penjelasan mengenai setiap proses yang terjadi di tiap mesin yang ada. Setelah itu, pengunjung juga diperkenalkan proses produksi Pocari Sweat melalui sebuah video dan diberi pejelasan mengenai sejarah perusahaan, kandungan Pocari Sweat, manfaat Pocari Sweat dan masih banyak lagi. Sayangnya, pengunjung tidak dapat melihat proses produksi secara langsung dikarenakan adanya pengecekan mesin. Pada akhir sesi, terdapat sesi tanya jawab yang dilanjutkan dengan penyerahan plakat oleh Dosen Teknik Industri Universitas Surabaya. Sebelum meninggalkan PT. Amerta Indah Otsuka, tak lupa dilakukan pengambilan foto bersama sebagai kenang-kenangan.

Suasana di PT. Amerta Indah Otsuka

Penghargaan Universitas Surabaya kepada PT. Yakult Indonesia Persada