web analytics

Kuliah Tamu: Global Competition dalam Safety and Health Practice & Regulations

Kuliah Tamu: Global Competition dalam Safety and Health Practice & Regulations

20 Maret 2021 | Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Kuliah Tamu Bersama Bp. Bagus Wijanarko dan Bp. Argo Hadi Kusumo

Ada yang berbeda dengan pembelajaran Mata Kuliah Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di minggu ke-6 kali ini. Di minggu ini mahasiswa langsung belajar dengan praktisi dari PT. Salam Pacific Indonesia Lines (PT. SPIL) dalam Kuliah Tamu dengan bentuk webinar discussion. Kuliah Tamu ini diisi oleh Bp. Bagus Wijanarko yang merupakan Quality, Health, Safety, and Environment Manager di PT. SPIL dan moderator Bp. Argo Hadi Kusumo. Dengan pengalaman selama 10 tahun di bidang Health, Safety, and Environment (HSE) Bp. Bagus Wijanarko membagikan pengalamannya kepada mahasiswa Teknik Industri Universitas Surabaya.

Melalui tema Kuliah Tamu Global Competition dalam Safety and Health Practice & Regulations, mahasiswa belajar menghadapi kompetisi dalam Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) di perusahaan. Dalam dunia industri, berdasarkan kebutuhan dan penerapan K3L dapat dibagi menjadi safety last-company, safety for the market-company, dan safety first-company. Implementasi K3L ini seharusnya menjadi keputusan sebagai bentuk investasi di perusahaan. Seberapa baik implementasi K3L di perusahaan dapat diukur menggunakan beberapa metode (tools) yaitu ISO 45001, ISO 39001, SMK3, ISM Code, dan Contractor Safety Management System (CSMS). Hal unik dari tools ini bahwa CSMS merupakan tools tertinggi bagi perusahaan karena auditornya adalah pasar yang akan membeli jasa perusahaan, sehingga jika pada tools ini perusahaan dinyatakan tidak lolos maka dapat berpengaruh langsung pada market perusahaan. Bagi PT. SPIL yang bergerak di jasa logistik dan digunakan oleh berbagai macam perusahaan, tools CSMS ini sangat berpengaruh terhadap perusahaan.

Pemaparan Materi oleh Bp. Bagus Wijanarko

Selanjutnya mahasiswa belajar lebih dalam lagi terkait tools CSMS yang memiliki beberapa bagian (section). Terdapat 9 bagian yaitu:

  • Leadership and Commitment
  • Policy and Strategic Objectives
  • Organization, Responsibility, Resources, Standards and Documentation
  • Hazard and Effect Management
  • Planning and Procedures
  • Implementation and Performance Monitoring
  • Audit and Review
  • Emergency Response Procedure
  • HSE Management – Additional Feature

Setiap bagian dibahas secara mendetail hingga sub-bagian dan implementasi sehari-hari di perusahaan. Beberapa contoh implementasi di perusahaan seperti persiapan perusahaan untuk menyediakan dokumentasi kebijakan K3L perusahaan yang baru setiap tahunnya, pelatihan K3L bagi setiap individu di perusahaan, riwayat perusahaan untuk mengaudit vendor, pengadaan teknologi dan sistem untuk mengurangi bahaya dan dampak, pengadaan prosedur dan cara kerja bagi karyawan, ketersediaan rencana tanggap darurat, dan sertifikasi perusahaan yang berhubungan dengan K3L.

Sesi Diskusi (Kuliah Tamu: Global Competition dalam Safety and Health Practice & Regulations)

Selain pemaparan materi dari Bp. Bagus, terdapat sesi diskusi yang mengisi Kuliah Tamu kali ini dari mahasiswa dan pihak perusahaan yang hadir. Topik yang dibahas adalah seputar sanksi dari perusahaan jika karyawan tidak mentaati kebijakan perusahaan, budaya perusahaan dalam menerapkan kegiatan K3L dari top to bottom, komitmen perusahaan dalam mempertahankan sertifikasi, hingga usaha emergency reduce dalam setiap kegiatan yang beresiko.

UA-129886102-1