web analytics

Kuliah Tamu Psikologi Kerja: Pengembangan dan Pelatihan

Kuliah Tamu: Pengembangan dan Pelatihan

20 Maret 2021 | Psikologi Kerja

Kuliah Tamu bersama Bp. Febrian Darmadi, Ms. Vivian Ives, dan Bp. Anton Tjahjoanggoro

Pada minggu ke-6 perkuliahan Psikologi Kerja, Teknik Industri Universitas Surabaya kembali menghadirkan Kuliah Tamu bersama praktisi dari PT. Salam Pacific Indonesia Lines (PT. SPIL). Kuliah tamu ini diisi oleh Bp. Febrian Darmadi (HR Change Agent Manager) bersama dengan Ms. Vivian Ives (Internship Employee PT. SPIL dari Australia) dan dimoderator oleh Dr. Drs. A.J. Tjahjoanggoro, M.Si. Pengembangan dan Pelatihan menjadi tema Kuliah Tamu kali ini dan masih menyambung dengan materi Kuliah Tamu sebelumnya (Pengukuran Performansi dan Kompetensi, 20 Maret 2021)

Pemaparan Terkait Training and Development oleh Ms. Vivian

Dengan tema Pengembangan dan Pelatihan, mahasiswa diajak untuk me-review kembali terkait Training and Development, dimana pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia sebagai pondasi perusahaan untuk dalam tahap growth untuk mengembangkan keahlian kepemimpinan setiap individu. Pelatihan juga memberikan kesempatan bagi individu untuk mengembangkan kemampuan baru. Dalam prosesnya, perusahaan perlu menganalisa bila seorang individu perlu dibimbing lebih lanjut serta melihat pengaruh internal dan external perusahaan terhadap individu dalam perusahaan. Pada umumnya, metode pelatihan dilakukan dengan presentasi informasi dan hands-on (simulasi, studi kasus, permainan, dll). Namun sekarang metode pelatihan ini berkembang menjadi online learning, virtual working arrangement (bekerja dari jarak jauh), dan bekerja sama dengan pihak luar. Pekerja yang dilatih memiliki target untuk mampu menghadapi situasi sulit, menghadapi transisi dan situasi yang dinamis.

Pemaparan Terkait Pelatihan dan Pengembangan oleh Bp. Febrian Darmadi

Selain pemaparan dampak dari pelatihan dan pengembangan, mahasiswa juga diajak untuk mengenal metode dan penilaian yang digunakan oleh perusahaan dalam program Pelatihan dan Pengembangan. Dalam PT. SPIL terdapat 2 tipe pengembangan individu berdasarkan kompetensi seseorang, yaitu regular development bagi individu pada umumnya dan special development bagi individu yang memiliki kemampuan sangat baik. Pelatihan (training) juga terbagi berdasarkan standar peforma kompetensi dengan metode BARS, yaitu training recovery untuk individu dengan peforma yang rendah dan training development untuk individu berperforma tinggi. Metode yang digunakan oleh PT. SPIL untuk program pelatihan dan pengembangan ini juga beragam dan sudah berkembang, antara lain e-learning dengan modul dan online test, online training, webinar dengan materi dari dalam dan luar perusahaan, spotify podcast (SPIL University Podcast) yang berbicara tentang hal penting dalam pekerjaan sehari-hari, dan sertifikasi berdasarkan Lean Six Sigma.

Setiap Individu sebagai Asset Perusahaan Diukur Dengan Cara Berbeda.

UA-129886102-1